Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Manajemen Keuangan-Analisis Lap.keuangan

Tugas Manajemen Keuangan-Analisis Lap.keuangan

Ratings: (0)|Views: 70 |Likes:
Published by Alexander Popo

More info:

Published by: Alexander Popo on May 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/17/2013

pdf

text

original

 
 
Tugas Manajemen Keuangan Lanjutan
 
Dosen: Dr. Isfenti Sadalia, SE, MEOleh: Junita Nelly Panjaitan
NIM. 127019020
 
Kelas A Pararel
Ilmu ManajemenPROGRAM MAGISTER SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
 
2013
Analisis Laporan Keuangan
PT. UNILEVER Indonesia, Tbk 
Periode Tahun 2007 - 2010
 
1 |
Tugas Manajemen Keuangan Lanjutan
 
Ilmu Manajemen
Sekolah Pascasarjana USU ©2013
P
endahuluan
A
nalisis laporan keuangan adalah kegiatan menganalisis laporan keuangan perusahaan denganmenggunakan alat-alat dan teknik-teknik analisis untuk mendapatkan informasi yang diperlukandalam analisis bisnis, yaitu memahami tentang kinerja yang telah dicapai oleh perusahaan padatiga kegiatan utamanya: operasi, investasi, dan pendanaan. Dengan melakukan analisis laporankeuangan, semua pihak yang berkepentingan akan mendapatkan informasi yang lebih dapatdiandalkan untuk kepentingan pengambilan keputusan; mereka tidak akan hanya mengandalkanasumsi dan intuisi semata. Analisis laporan keuangan bisa meninimalisir unsur ketidakpastian yangdihadapi oleh pengambil keputusan.Analisis laporan keuangan merupakan salah satu cara untuk mengetahui kinerja perusahaandalam suatu periode. Oleh karena itu, sebelum kita menganalisis laporan keuangan, maka terlebihdahulu kita harus memahami hal-hal yang berkaitan dengan laporan keuangan. Pemahamantentang laporan keuangan mulai dari pengertian, jenis, komponen yang terkandung, tujuanmaupun sifat laporan keuangan sangat penting sehingga dalam melakukan analisis lebih mudahuntuk menginterpretasikannya.Sepeti diketahui bahwa laporan keuangan, merupakan kewajiban setiap perusahaan untuk membuat dan melaporkannya pada suatu periode tertentu. Apa yang diketahui kemudiandianalsis, sehingga dapat diketahui kondisi dan posisi perusahaan terkini. Dengan melakukananalisis akan diketahui letak kekuatan dan kelemahan perusahaan. Laporan keuangan juga akanmenentukan langkah apa yang bisa dilakukan perusahaan sekarang dan ke depan. Di samping itu, juga untuk memanfaatkan peluang yang ada dan menghadapai atau menghindari ancamanyang mungkin timbul sekarang dan di masa yang akan datang.
 
2 |
Tugas Manajemen Keuangan Lanjutan
 
Ilmu Manajemen
Sekolah Pascasarjana USU ©2013
L
andasan Teori
1.
 
Pengertian Laporan Keuangan
Laporan keuangan merupakan suatu data yang dapat memberikan gambaran daninformasi-informasi mengenai keadaan keuangan suatu perusahaan pada suatu saat ataupada suatu periode tertentu dan dapat membantu investor dan para pelaku pasar modallainnya dalam mengidentifikasikan keadaan suatu perusahaan.
Maksud dari laporan keuangan yang menunjukkan kondisi perusahaan “pada suatu saat”
adalah merupakan kondisi keuangan perusahaan pada tanggal tertentu (untuk Neraca),dan pada periode tertentu (untuk Laporan Laba Rugi). Biasanya laporan keuangan dibuatper periode, misalnya tiga bulan, enam bulan untuk kepentingan intern perusahaan.Adapun untuk laporan lebih luas dilakukan satu tahun sekali.
2.
 
Jenis-Jenis Laporan Keuangan
Inti dari laporan keuangan adalah menggambarkan pos-pos keuangan perusahaan yangdiperoleh dalam suatu periode. Dalam praktiknya kita mengenal beberapa macamlaporan keuangan seperti :
a.
 
Neraca
Neraca merupakan laporan yang menunjukkan jumlah aktiva (harta), kewajiban(hutang), dan modal perusahaan (ekuitas) perusahaan pada saat tertentu. Artinya,dari suatu neraca akan tergambar berapa jumlah aktiva, hutang dan modal darisuatu perusahaan. Pembuatan neraca biasanya dibuat secara periode tertentu(tahunan). Akan tetapi, pemilik atau manajemen dapat pula meminta laporanneraca sesuai kebutuhan untuk mengetahui secara persis berupa harta, hutang,dan modal yang dimilikinya saat ini. Komponen dari Neraca meliputi :1)
 
Aktiva
a)
 
Aktiva Lancar 
 
Kas:
 
Rekening pada bank (rekening giro dan tabungan);
 
 
Deposito berjangka;
 
 
Surat-surat berharga;
 
 
Piutang;
 
 
Pinjaman yang diberikan;
 
 
Sediaan;
 
 
Biaya yang dibayar di muka;
 
 
Aktiva lancar lainnya.
 
b)
 
Aktiva Tetap terdiri dari :
 
Aktiva tetap berwujud, yaitu:Tanah;Mesin;Bangunan;Peralatan;Kendaraan;Akumulasi Penyusutan; dan Aktiva Tetap Lainnya
 
Aktiva Tetap tidak berwujud, yaitu :Goodwill;Hak Cipta;Lisensi; dan Merek dagangc)
 
Aktiva lainnya terdiri dari antara lain :
 
Gedung dalam proses;
 
Tanah dalam penyelesaian;
 
Piutang Jangka Panjang;
 
Uang muka dan investasi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->