Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Strategi Pembelajaran Iqra

Strategi Pembelajaran Iqra

Ratings: (0)|Views: 253 |Likes:
Published by Dody Virgantoro

More info:

Published by: Dody Virgantoro on May 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/22/2014

pdf

text

original

 
Strategi Pembelajaran Iqra’ pada Anak
TPA
 
Mengajar merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi sebagian besar orang.Terutama jika yang diberi pengajaran adalah anak-anak sementara yang mengajar adalah remaja. Anak-anak mempunyai kecenderungan untuk takut kepada orang yangusianya jauh lebih tua daripada mereka. Dan sebaliknya, kepada orang yang terlihatmasih muda, apalagi remaja, anak-anak cenderung tidak mempunyai rasa takut. Bahkanmereka menganggap guru yang usianya masih muda seperti teman sebaya mereka. Anak-anak tidak akan merasa takut berhadapan dengan remaja seperti takutnya merekaberhadapan dengan guru yang sudah tua.
 
Kesulitan mengajar juga dirasakan oleh guru maupun ustadz/ustadzah baru. Kebanyakansiswa maupun santri tidak begitu takut atau segan dengan guru baru. Hal ini membuatproses pembelajaran mungkin terhambat, karena sering kali apa yang dikatakan olehguru/ustad/ustadzah tidak begitu dihiraukan. Selain itu banyak pengajar maupunustadz/ustadzah yang belum mengerti betul mengenai bagaimana strategi mengajar yang baik agar proses belajar mengajar bisa berjalan efektif, efisien, sertamenyenangkan bagi anak-anak. Oleh karena itu penelitian ini dirasakan cukup pentinguntuk dilakukan dengan harapan hasil penelitian ini dapat memberikan solusi ataspermasalahan di atas.1.
B. RUMUSAN MASALAH
 Melihat beberapa masalah di atas, maka dapat disimpulkan beberapa masalah sebagaiberikut:1. Bagaimana perkembangan psikologis anak usia TK-SD?2. Bagaimana implementasi masing-masing metode?3. Meto
de apakah yang paling efektif untuk mengajarkan iqro‟ di TPA?
 1.
C. TUJUAN PENELITIAN
 Penelitian ini bertujuan sebagai berikut:1. Ingin mengkaji perkembangan psikologis anak usia TK-SD.2. Untuk menganalisis apa saja faktor yang menyebabkan anak-anak menjadi patuh.3. Agar mengetahui strategi pengajaran yang efektif.1.
D. MANFAAT PENELITIAN
 1. Manfaat TeoritisPenelitian ini bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dalam bidang pendidikan,
khususnya pendidikan iqra‟ bagi anak
-anak TPA (Taman Pendidikan Al-
qur‟an).
 1. Manfaat PraktisManfaat praktis dari penelitian ini adalah memberikan arahan bagi para pengajar padaumumnya dan ustadz/ ustadzah TPA pada khususnya mengenai bagaimana seharusnyacara mendidik serta mendampingi anak-anak sehingga kegiatan pengajaran berjalanefektif dan menyenangkan.
 
 1.
E. LANDASAN TEORITIK
 1.
a. Pengertian Pengajaran
 Pengajaran berasal dari kata
Didaskein
,
didasko
(bahasa Yunani), yakni perbuatan atauaktivitas yang menyebabkan timbulnya kegiatan dan kecakapan lain pada orang lain.1.
b. Pengertian Pengajar/ Pendidik
 Pendidik adalah orang atau manusia yang melakukan aktivitas untuk menumbuhkan ataumemancing kecakapan yang dimiliki manusia lain.1.
c. Tujuan Mengajar TPA
 Pengajar TPA harus memiliki tujuan atau motivasi yang menyebabkan mereka bersediauntuk mengajar TPA. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, adabeberapa tujuan atau motivasi ustadz/ ustadzah mengajar TPA, yaitu:1. Adanya keinginan para ustadz/ustadzah TPA untuk mengamalkan ilmu yang telahmereka miliki kepada para santrinya.2. Adanya keinginan para ustadz/ustadzah TPA untuk belajar bagaimana caramengajar anak serta cara menjadi orang tua yang baik.3. Keinginan untuk mencari ridho Allah SWT.4. Ingin belajar mengenal karakter anak.5. Ingin menambah pengalaman.6. Ingin mewujudkan generasi rabbani.7. Kegiatan mengajar di TPA dijadikan sebagai ladang beramal.8. Belajar menumbuhkan sifat sabar.9. Ingin melatih rasa percaya diri serta berinteraksi sosial dengan baik.10. Melatih kreatifitas.11. Memanfaatkan waktu luang.12. Menyegarkan otak dengan bermain bersama anak-anak.1.
d. Kepribadian Pengajar TPA
 Untuk mewujudkan tujuan pendidikan di Taman Pendidikan Al-
Qur‟an (TPA) maka para
pengajar TPA harus memiliki kepribadian sebagai berikut:1. Sabar dan telaten2. Supel dan cerewet3. Periang dan selalu ceria4. Kreatif dan inovatif 5. Berakhlaq baik serta mampu menjadi teladan6. Penyayang7. Ramah dan lembut8. Ikhlas9. Memiliki semangat mengajar yang tinggi10. Istiqamah11. Mengerti dunia anak12. Tegas
 
13. Disiplin dan tertib14. Smart/cerdas15. Selalu mencari tambahan ilmu16. Mampu menjadi motivator bagi anak1.
e. Kegiatan Yang Disukai Anak
 Kegiatan mengaji harus diselengi dengan bebrapa kegiatan lain agar tidak monotonsehingga membuat anak menjadi jenuh dan bosan dalam belajar mengaji. Untuk itu parapengajar TPA perlu mengetahui beberapa kegiatan yang disukai anak selain kegiatanmengaji. Beberapa kegiatan penunjang TPA yang disukai oleh anak-anak sekaligusdapat mendukung proses pembelajaran ialah sebagai berikut:1. Menggambar dan mewarnai2. Cerita atau dongeng islami3. Permainan yang mengandung pelajaran4. Jalan-jalan5. Menyanyi6. Bermain tebak-tebakan7. Menulis8. Membuat kaligrafi9. Berbagai macam tepuk tangan10. Tadabbur alam11. Out bond1.
f. Suasana Belajar yang Menyenangkan
 Suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi anak sangat berpengaruh bagikeberhasilan pembelajaran. Suasana belajar yang menyenangkan dapat terwujuddengan beberapa hal, yaitu:1. Menciptakan ruang dan suasana belajar yang nyaman. Sebisa mungkin pengajar TPA membuat suasana belajar tidak tegang tapi juga tidak terlalu santai.2. Hendaknya ustadz/ustadzah memperbanyak interaksi dengan anak.3. Hendaknya ustadz/ustadzah mengusahakan agar tidak mudah marah ketikamenghadapi anak.4. Ustadz/ustadzah harus kreatif melebihi anak dalam membuat inovasi pembelajarandi TPA.5. Hendaknya ustadz/ustadzah mengajak anak-anak bernyanyi sebagai selingankegiatan.6. Hendaknya ustadz/ustadzah memberikan cerita dan mendongeng yang mengandungnilai-nilai keislaman.7. Hendaknya ustadz/ustadzah mengajari anak-anak bermacam tepuk tangan untukmemotivasi mereka.8. Mengadakan permainan yang mengandung pembelajaran/ permainan mendidik.9. Memberikan fasilitas yang mendukung, seperti puzzle dan alat peraga lainnya.10. Mendengarkan keluhan dan cerita mereka walau tidak harus dituruti.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Muhammad Mardi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->