Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Artikel tentang Air

Artikel tentang Air

Ratings: (0)|Views: 355|Likes:
Published by Neon Prasetyo
pengetahuan air bersih
pengetahuan air bersih

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Neon Prasetyo on May 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2013

pdf

text

original

 
ARTIKEL AIR BERSIHAir
merupakan zat yang memiliki peranan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia danmakhluk hidup lainnya. Manusia akan lebih cepat meninggal karena kekurangan air daripadakekurangan makanan. Di dalam tubuh manusia itu sendiri sebagian besar terdiri dari air. Tubuhorang dewasa, sekitar 55-60 % berat badan terdiri dari air, untuk anak-anak sekitar 65 % danuntuk bayi sekitar 80%. Air dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kepentinganantara lain: diminum, masak, mandi, mencuci dan pertanian.Menurut perhitungan WHO, di negara-negara maju tiap orang memerlukan air antara 60-120liter per hari. Sedangkan di negara-negara berkembang termasuk Indonesia, tiap orangmemerlukan air 30-60 liter per hari. Diantara kegunaan-kegunaan air tersebut yang sangat penting adalah kebutuhan untuk minum. Oleh karena itu, untuk keperluan minum air harusmempunyai persyaratan khusus agar air tersebut tidak menimbulkan penyakit bagi manusia.
Air Bersih dan Sehat
 Air minum harus steril (steril = tidak mengandung hama penyakit apapun). Sumber-sumber air minum pada umumnya dan di daerah pedesaan khususnya tidak terlindung sehingga air tersebuttidak atau kurang memenuhi persyaratan kesehatan. Untuk itu perlu pengolahan terlebih dahulu.Pengolahan air untuk diminum dapat dikerjakan dengan 2 cara, berikut:1.
Menggodok atau mendidihkan air
, sehingga semua kuman¬kuman mati. Cara inimembutuhkan waktu yang lama dan tidak dapat dilakukan secara besar-besaran.2.
Dengan menggunakan zat-zat kimia
seperti gas chloor, kaporit, dan lain-lain. Cara inidapat dilakukan secara besar¬besaran, cepat dan murah.
 
Agar air minum tidak menyebabkan penyakit, maka air tersebut hendaknya diusahakanmemenuhi persyaratan-persyaratan kesehatan, setidaknya diusahakan mendekati persyaratantersebut. Air yang sehat harus mempunyai persyaratan sebagai berikut:
1. Syarat fisik
 Persyaratan fisik untuk air minum yang sehat adalah bening (tak berwarna), tidak  berasa, suhu dibawah suhu udara diluarnya sehingga dalam kehidupan sehari-hari. Caramengenal air yang memenuhi persyaratan fisik ini tidak sukar.
2. Syarat bakteriologis
Air untuk keperluan minum yang sehat harus bebas dari segala bakteri, terutama bakteri patogen. Cara untuk mengetahui apakah air minum terkontaminasi oleh bakteri patogenadalah dengan memeriksa sampel (contoh) air tersebut. Dan bila dari pemeriksaan 100cc air terdapat kurang dari 4 bakteri E. coli maka air tersebut sudah memenuhi syaratkesehatan.
3. Syarat kimia
Air minum yang sehat harus mengandung zat-zat tertentu didalam jumlah yang tertentu pula. Kekurangan atau kelebihan salah satu zat kimia didalam air akan menyebabkangangguan fisiologis pada manusia. Sesuai dengan prinsip teknologi tepat guna di pedesaan maka air minum yang berasal dari mata air dan sumur dalam adalah dapatditerima sebagai air yang sehat dan memenuhi ketiga persyaratan tersebut diatas asalkantidak tercemar oleh kotoran-kotoran terutama kotoran manusia dan binatang. Olehkarena itu mata air atau sumur yang ada di pedesaan harus mendapatkan pengawasandan perlindungan agar tidak dicemari oleh penduduk yang menggunakan air tersebut.
 
 
Sumber-sumber Air Minum
 Pada prinsipnya semua air dapat diproses menjadi air minum. Sumber-sumber air ini, sebagai berikut:
1. Air hujan
Air hujan dapat ditampung kemudian dijadikan air minum, tetapi air hujan ini tidak mengandung kalsium. Oleh karena itu, agar dapat dijadikan air minum yang sehat perluditambahkan kalsium didalamnya.
 2. Air sungai dan danau
Air sungai dan danau berdasarkan asalnya juga berasal dari air hujan yang mengalir melalui saluran-saluran ke dalam sungai atau danau. Kedua sumber air ini sering jugadisebut air permukaan. Oleh karena air sungai dan danau ini sudah terkontaminasi atautercemar oleh berbagai macam kotoran, maka bila akan dijadikan air minum harus diolahterlebih dahulu.
3. Mata air
Air yang keluar dari mata air ini berasal dari air tanah yang muncul secara alamiah. Olehkarena itu, air dari mata air ini bila belum tercemar oleh kotoran sudah dapat dijadikan air minum langsung. Tetapi karena kita belum yakin apakah betul belum tercemar makaalangkah baiknya air tersebut direbus dahulu sebelum diminum.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->