Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Meneropong Permasalahan Pembiayaan Ukm

Meneropong Permasalahan Pembiayaan Ukm

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 2,100 |Likes:
Published by Leo Agus Sandi
Mencari Solusi Peningkatan Kualitas UKM
Mencari Solusi Peningkatan Kualitas UKM

More info:

Published by: Leo Agus Sandi on Apr 08, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/23/2012

pdf

text

original

 
MENEROPONG PERMASALAHAN UKMSelayang Pandang Usaha Mikro Kecil, & Menengah (UMKM)
Dalam dunia kedokteran apabila kita ingin melihat sesuatu yang kecil atau mikrosudah tentu terbayang dalam benak kita penggunaan sebuah alat yang dinamakandengan Mikroskop.Tentu saja sangat berbeda apabila kita mendengar istilah kecil & mikro tersebutdalam dunia perbankan, namun terdapat kesamaan dari analogi tersebut. Persamaantersebut adalah dalam perlakuannya sama-sama membutuhkan keahlian & investasi yanglebih besar dibandingkan dengan melihat sesuatu yang kasat mata. Sebagai contohdalam dunia kedokteran, para dokter harus mengeluarkan kocek yang lebih untukmembeli alat yang bernama Mikroskop guna melihat sesuatu yang mikro & kecil tersebut.Begitu pula dalam dunia perbankan, salah satu tindakannya bank harus merekrutsumberdaya yang lebih besar apabila ingin berhasil dibisnis yang bersekala mikro & kecil.Dari 18 kementerian dan 60 lembaga pemerintahan yang turut mengurusiperkembangan UKM, sebagian besar memiliki kriteria yang berbeda-beda (Hashim, 2000),namun menurut definisi pada ketentuan internal salah satu Bank Umum Syariah,didefinisikan sebagai ber 
ikut :
1.
Usaha Mikro
adalah usaha produktif milik keluarga atau perorangan Warga NegaraIndonesia yang memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 100 juta denganmaksimum pembiayaan Rp. 50.000.000,- (PBI No. 5/18/PBI/2003).
2.
Usaha Kecil
adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan menengahsebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang nomor 9 tahun 1995 tentang UsahaKecil, yaitu :a.Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah),tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.b.Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (satu milyarupiah).c.Milik Warga Negara Indonesia.d.Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahan atau cabang perusahaan yangdimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung denganusaha menengah atau usaha besar.
 
e.Berbentuk usaha perorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum termasukkoperasi.
Bisnis UMKM Berpotensi & Menarik
Selain mempunyai peran yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasionalberupa pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, UMKM telah terbuktiketangguhannya dalam menghadapi krisis yang terjadi dinegara kita dalam kurun waktusepuluh tahun yang lalu.Disela ambruknya pilar ekonomi nasional yang ditandai dengan banyaknya usahabersekala besar yang stagnasi bahkan berhenti aktifitasnya, usaha mikro & kecilmenunjukkan perkembangan dari tahun ke tahunnya. Bahkan tumbuh pada tahun disaatkrisis melanda yang dapat dilihat dari tabel sbb :Tabel1. Perbandingan Komposisi PDB Menurut Kelompok Usaha pada Tahun 1997 dan2003.
NoSekala Usaha19972003Pertumbuhan
1Mikro & Kecil171.048(40,45%)183.125(41,11%)+ 7,06 %2Menengah78.542(17,41%)75.975(16,61%)- 3,25 %3Besar183.673(42,17%)185.352(45,28%)+ 0,91 %Total433.245(100 %)444.453(100 %)+ 2,59 %
Sumber : BPS & Kementrian Koperasi & UKM (diolah oleh Dr.Ir.M.Jafar Hafsah)
Dari data tersebut di atas sudah saatnya dunia perbankan mulai mengalihkanperhatian dan keberpihakannya pada dunia UMKM sebab disamping menjanjikan profityang bagus, risikonya pun lebih kecil dibanding bisnis sekala usaha besar.Keuntungan yang dapat diraih oleh dunia perbankan yang bermain dalam sekala UMKMadalah sebagai berikut :
1.
Profit yang tinggi
, hal ini sejalan dengan karakteristik usaha dimana semakin kecil jenis usahanya maka margin keuntungan yang ditetapkan umumnya relatif lebih besar,sehingga Bank dapat menetapkan margin yang lebih tinggi untuk usaha UMKM.
 
2.
 
Risiko lebih kecil
, sesuai dengan plafond pinjaman yang lebih kecil dan lebihterdistribusi melalui usaha retail, selain itu para pebisnis retail umumnya cenderunglebih taat akan aturan perbankan dan lebih takut apabila berhubungan dengan pihakyang berwenang apabila nantinya wan prestasi kepada pihak perbankan.
3.
Turut serta dalam pembangunan ekonomi bangsa
, sesuai dengan perannya yangstrategis dalam pembangunan ekonomi nasional dimana UMKM dapat meningkatkanpertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalampendistribusian hasil-hasil pembangunan.
Menilik Hambatan Sektor UMKM
Selain keuntungan yang dijanjikan oleh sektor UMKM seperti tersebut di atas,ternyata pelaku UMKM sering kali menemui hambatan didalam mengelola usahanya.Hambatan tersebut dibagi kedalam 2 (dua) jenis tinjauan atau sudut pandang yangberbeda yakni dari sisi pelaku UMKM dan juga Perbankan, yang dapat dijabarkan sebagaiberikut :
1.
Hambatan dari sisi pelaku UMKM
, dapat dibagi menjadi 2 (dua) katagori yakni :
A.
Hambatan InternalBerupa hambatan yang lebih didominasi oleh pengelolaan internal organisasi yangmeliputi :
1)
Terbatasnya permodalan dari pemilik usaha.
2)
Kapasitas sumberdaya manusia yang kurang memadai baik skill maupunkompetensi terhadap usaha yang dijalankan.
3)
Lemahnya jaringan usaha dan penetrasi pasar.
B.
Hambatan EksternalBerupa hambatan yang lebih diakibatkan oleh keadaan luar biasa dari kajianekonomi makro maupun kebijakan pemerintah yang meliputi :

Activity (22)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ayukie Farizqi liked this
Adi Palesangi liked this
Firto Nento liked this
bayuyuyayu liked this
Jus Duren liked this
tombadawi liked this
Seto Bachrun liked this
Imayawati Ima liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->