Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERILAKU PRODUSEN

PERILAKU PRODUSEN

Ratings: (0)|Views: 210 |Likes:
RIO
RIO

More info:

Published by: Mochammad Ramadhan Satrio Pratomo on May 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2013

pdf

text

original

 
 
PERILAKU PRODUSEN
Sebuah usaha produksi baru bisa bekerja dengan baik bila dijalankan oleh produsen atau yangsering kita sebut pengusaha. Pengusaha adalah orang yang mencari peluang yangmenguntungkan dan mengambil risiko seperlunya untuk merencanakan dan mengelola suatu bisnis.Pengusaha berbeda dengan pemilik bisnis kecil ataupun manajer. Bila hanya memiliki sebuahusaha dan hanya berusaha mencari keuntungan, maka orang itu barulah sebatas pemilik bisnis.Bila orang itu hanya mengatur karyawan dan menggunakan sumber daya perusahaan untuk usaha, maka orang itu disebut sebagai manajer. Pengusaha lebih dari keduanya. Pengusaha berusaha mendirikan perusahaan yang menguntungkan, mencari dan mengelola sumber dayauntuk memulai suatu bisnis.Agar berhasil seorang pengusaha harus mampu melakukan 4 hal sebagai berikut :
 
Perencanaan. Perencanaan antara lain terkait dengan penyusunan strategi, rencana bisnis,serta visi perusahaan. Ia harus tau apa yang ingin ia capai dan bagaimana cara mencapaitujuan tersebut.
 
Pengorganisasian. Semua sumber daya yang ada harus bisa ia kelola untuk mencapaitujuan perusahaannya, baik sumber daya, modal, maupun manusia.
 
Pengarahan. Agar rencana bisa terwujud, pengusaha wajib mengarahkan dan membimbinganak buahnya.
 
Pengendalian. Kemampuan ini ada hubungannya dengan bagaimana hasil pelaksanaankerja tersebut. Apakah sesuai dengan rencana atau justru sebaliknya
Produsen dan Fungsi Produksi
 
Pengertian Produsen
 Produsen adalah orang yang menghasilkan barang atau jasa untuk dijual atau dipasarkan,sedangkanProduksi adalah usaha untuk menciptakan dan meningkatkan kegunaan suatu baranguntuk memenuhi kebutuhan. Dengan pengertian lain Produksi merupakan konsep arus (flowconsept), bahwa kegiatan produksi diukur dari jumlah barang-barang atau jasa yangdihasilkan dalam suatu periode waktu tertentu, sedangkan kualitas barang atau jasa yangdihasilkan tidak berubah.Seorang produsen atau pengusaha dalam melakukan proses produksi untuk mencapaitujuannya harus menentukan dua macam keputusan:1) berapa output yang harus diproduksikan, dan2) berapa dan dalam kombinasi bagaimana faktor-faktor produksi (input) dipergunakan.Untuk menyederhanakan pembahasan secara teoritis, dalam menentukan keputusan tersebutdigunakan dua asumsi dasar:
 
1) bahwa produsen atau pengusaha selalu berusaha mencapai keuntungan yang maksimum,2) bahwa produsen atau pengusaha beroperasi dalam pasar persaingan sempurna.Dalam teori ekonomi, setiap proses produksi mempunyai landasan teknis yang disebut
 fungsi produksi
. Fungsi produksi adalah suatu fungsi atau persamaan yang menunjukkanhubungan fisik atau teknis antara jumlah faktor-faktor produksi yang dipergunakan dengan jumlah produk yang dihasilkan per satuan waktu, tanpa memperhatikan harga-harga, baik harga faktor-faktor produksi maupun harga produk.Dalam teori ekonomi, sifat fungsi produksi diasumsikan tunduk pada suatu hukumyang disebut :
The Law of Diminishing Returns
(Hukum Kenaikan Hasil Berkurang)
.
Hukumini menyatakan bahwa apabila penggunaan satu macam input ditambah sedang input-inputyang lain tetap maka tambahan output yang dihasilkan dari setiap tambahan satu unit inputyang ditambahkan tadi mula-mula naik, tetapi kemudian seterusnya menurun jika inputtersebut terus ditambahkan.Fungsi ProduksiFungsi produksi merupakan interaksi antara masukan (input) dengan keluaran (output). Misalkankita memproduksi jas. Dalam fungsi produksi, jas itu bisa diproduksi dengan berbagai macamcara. Kalau salah satu komposisinya diubah begitu saja, maka hasilnya juga akan berubah. Namun, output dapat tetap sama bila perubahan satu komposisi diganti dengan komposisi yanglain. Misalnya penurunan jumlah mesin diganti dengan penambahan tenaga kerja.Secara matematis, fungsi produksi dapat ditulis sebagai berikut :Q = f(L, R, C, T)Dimana :Q = jumlah barang yang dihasilkan (quantity)F = symbol persamaan (function)L = tenaga kerja (labour)R = kekayaan alam (resources)C = modal (capital)T = teknologi (technology)Persaingan global semakin pesat dengan persaingan yang sangat kuat, maka produsen dan perusahaannya harus mampu memikirkan perkembangan produksinya demi majunya perusahaandalam persaingan.Tujuan ProduksiSudah jelas tujuan produksi yang menjadi motif utama yaitu untuk memperoleh laba ataukeuntungan (profit). Laba dalam arti sederhana adalah total penerimaan dan total pengeluaran.Selain dari itu tujuan produksi ialah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalamusaha mencapai suatu kemakmuran.
 
 Contoh Prilaku Produsen Yang MerugikanPeranan produsen selaku pemasok barang, tentu sangat berpengaruh pada peredaran barang dannaik turunnya harga barang yang diterima masyarakat, jika produsen bertindak semena-menadalam menaikkan harga barang, sudah pasti para pedagang kelas menengah ke bawah juga akanikut menaikkan harga, dan pada akhirnya masyarakatlah yang akan mengalami kerugian karenaharga yang sampai ditangan mereka pasti sangat mencekik.Untuk itu, perilaku prdusen tidak boleh sewenang-wenang seperti menaikkan harga sembakosembarangan, karena perilaku seperti itu pasti akan merugikan masyarakat dan merembet kesektor-sektor ekonomi lainnya.Demi menjaga stabilnya harga pasar dan perilaku produsen juga para pelaku ekonomi lainnya,maka perlu adanya kebijakan yang mengatur segala tindakan ekonomi agar jangan sampai terjadiistilahnya
monopoli perdagangan
yang pasti akan mengakibatkan kerugian baik dalam skala kecilmaupun skala global.Adapun ciri-cirinya antara lain:1) Produsen barang/jasa semata-mata untuk memperoleh keuntungam sebesar-besarnya2) Kurang memperhatikan kualitas barang3) Tidak jujur dalam mengukur berat, ukuran tidak standar.4) Kurang memperhatikan kelestarian lingkungan5) Tidak taat membayar kewajiban pajak.Contoh perilaku produsen :1.
 
Produsen mencari keuntungan dengan menghasilkan barang atau jasa sebanyak- banyaknya dengan modal yang seminimum mungkin.2.
 
Produsen memberikan Diskon kepada pembeli atau konsumen yang membeli barang dalam jumlah yang banyak yang telah diakantentukan produsen itu sendiri.3.
 
Produsen mematok biaya produksi berdasarkan faktor input produksi tersebut, sehingga ketikaharga salah satu faktor input naik, maka harga jual hasil produksi pun akan ikut naik.4.
 
Selain produsen menghasilkan barang atau jasa sesuai kebutuhan konsumen, produsen jugamenghasilkan barang atau jasa sesuai trend atau sesuatu yang sedang banyak diminati olehmasyarakat.5.
 
Produsen juga mengadaptasi isu global atau keadaan sosial yang sedang terkenal saat ituuntuk memasarkan barang atau jasa yang mereka jual.6.
 
Produsen juga memberikan diskon besar-besaran untuk barang yang sudah lama disimpan digudang atau biasa disebut cuci gudang.Peranan Produksi Pada Perilaku Produsen :Terdapat dua macam faktor produksi yaitu faktor produksi asli dan faktor produksi turunan:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->