Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PEMINDAHAN TANAH MEKANIS

PEMINDAHAN TANAH MEKANIS

Ratings: (0)|Views: 132 |Likes:
Published by Noviangie

More info:

Published by: Noviangie on May 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/05/2014

pdf

text

original

 
 
I. PENDAHULUAN
Materi yang diberikan pada modul ini berisi tentang teknik-teknik pelaksanaanpemindahan tanah mekanis. Modul ini berisikan 3 pembelajaran, yaitupembelajaran 1 tentang merencanakan pengoperasian alat mekanis,pembelajaran 2 tentang menerapkan operasi alat pemindahan tanah mekanis danpembelajaran 3 tentang mengatur jadual pengawasan peralatan mekanis. Setiappembelajaran saling berkaitan antara satu dengan lainnya yang disusun untukmemperkaya pemahaman tentang teknik-teknik pemindahan tanah mekanis. Padaakhir setiap pembelajaran terdapat soal-soal untuk latihan dan cara penilaiannya.Pada bagian pendahuluan ini akan dibahas mengenai latar belakang, tujuanumum, standar kompetensi dan kriteria unjuk kerja, sasaran, prasyarat mata diklat,petunjuk penggunaan modul dan pedoman penilaian.
I.1 Latar Belakang
Modul ini diharapkan akan memberikan suatu pendekatan yang sistematisdan luas untuk memahami dan melaksanakan teknik-teknik pemindahan tanahmekanis di lapangan. Untuk dapat melaksanakan semua ini agar sesuai denganrencana, maka perlu adanya suatu pendidikan dan pelatihan agar mempunyaipengetahuan dan keterampilan yang diperlukan sesuai dengan kompetensi yangdiharapkan. PTM adalah salah satu alat yang digunakan sebagai proses/aktivitasuntuk memperlancar aktivitas penambangan secara keseluruhan.
I.2 Tujuan umum
Dengan mempelajari modul ini peserta diharapkan akan mengenal danmemahami teknik-teknik pemindahan tanah mekanis dengan merencanakan danmenggunakan alat-alat berat yang tepat guna menunjang aktivitas penambangan.
1
 
 
I.3 Standar Kompetensi dan Kriteria Unjuk Kerja
Standar kompetensi/elemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja yangdiperlukan oleh Supervisor Produksi Tambang Terbuka untuk materi pemindahantanah mekanis seperti pada tabel di bawah ini.
ELEMEN KOMPETENSI KRITERIA UNJUK KERJA(1) (2)
1.2.3.Merencanakan pengoperasianalat mekanisMenerapkan operasi alatpemindahan tanah mekanisMengatur jadwal pengawasanperalatan mekanisa. Persyaratan kerja diterapkan dalamoperasi alat mekanis.b. Data Geologi, pemetaan dankarakteristik material dianalisis untukmenunjang operasi pemindahan tanahmekanis.a. Kegiatan dengan unit-unit yangberkaitan dengan operasi alat mekanisdikoordinir.b. Prosedur prestart, startup danshutdown alat mekanis diterapkansecara benar.c. Kinerja diawasi dan jadual kerjaperalatan mekanis diterapkan.d. Operasi pemuatan dan pengangkutanberjalan aman dan tidakmembahayakan bagi personil danperalatan dilaksanakan.Inspeksi dilakukan dan laporan tentangkeadaan peralatan dibuat sehingga dapatmemberikan layanan yang maksimal bagipenambangan.
I.4 Sasaran
Modul ini diperuntukan untuk Supervisor Produksi Tambang Terbuka, yaituorang yang orang yang melakukan pengawasan rutinnya untuk pekerjaanpemindahan tanah mekanis pada aktivitas penambangan.
2
 
 
I.5 Prasyarat Mata Diklat
 A. Memahami Mekanika Tanah dan Ilmu Ukur TambangB. Memahami Geologi Dasar dan Geologi TeknikC. Memahami SOP Pengoperasian Alat Berat
I.6 Petunjuk Penggunaan Modul
Setiap modul berisikan beberapa pembelajaran sesuai dengan tuntutanelemen kompetensi dan kriteria unjuk kerja. Untuk memahami modul secara utuhsudah barang tentu peserta harus mempelajari setiap tahapan pembelajaransampai selesai. Pada akhir setiap pembelajaran terdapat latihan soal dansekaligus jawabannya. Baik modul maupun pembelajaran yang ada pada moduldirancang dan disusun menjadi satu kesatuan yang saling berkaitan satu denganlainnya, sehingga didalam mempelajarinya harus secara berurutan (
sequential
). Agar mendapatkan hasil belajar yang maksimal, ikutilah petunjuk penggunaanmodul berikut ini: A. Pahami tujuan umum yang tercantum pada setiap modul.B. Yakinkanlah bahwa Anda telah memenuhi prasyarat yang diminta modul.C. Pahami tujuan khusus yang ada pada setiap pembelajaran di dalam modul.D. Ikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan pada modul sampai akhir.E. Cobalah sendiri mengerjakan soal latihan yang tertera pada akhir setiappembelajaran.F. Untuk meningkatkan kedalaman penguasaan Anda terhadap isi modul,disarankan untuk membaca referensi yang tertera pada setiap modul.G. Apabila Anda mencapai tingkat penguasaan 80% ke atas, Anda dapatmeneruskan ke Pembelajaran 2. Tetapi bila kurang dari 80%, maka Andaharus mengulangi Pembe-lajaran 1, terutama bagian yang belum Andakuasai.
3

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Zamhur Khaza liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->