Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah pengelolaan pendidikan (pengawasan dan penilaian satuan pendidikan )

makalah pengelolaan pendidikan (pengawasan dan penilaian satuan pendidikan )

Ratings: (0)|Views: 837|Likes:
Published by Setya Lestari

More info:

Published by: Setya Lestari on May 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/28/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1Latar belakang
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dalam pasal 19 tentang standar proses dan pasal 55 mengenai standar pengolaan menyebutkan bahwa setiap satuan pendidikan dalam melakukan perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran, serta pengawasan proses pembelajaran yang efektif dan efisien diperlukan kegiatan pemantauan, supervisi, evaluasidan pelaporan, serta pengambilan langkah tindak lanjut hasil pengawasan. Tugas inidipercayakan kepada pengawas satuan pendidikan bertanggung jawab membina, memantau,dan menilai satuan pendidikan. Dalam melaksanakan tugas tersebut pengawas tentu harusmenyusun program, melaksanakan serta menyampaikan laporannya.Sehingga kita sebagai calon pendidik harus mempunyai dasar-dasar mengenai pengawasan dan penilaian yang sesuai dengan ketetapan yang ada dalam peraturan pemerintah. Jika sudah mempunyai dasar-dasarnya maka kita tidak akan melakukan hal yangmelenceng untuk melakukan pengawasan dan penilaian.
1.2 Rumusan Masalah
1)Bagaimana Pengawasan dan Penilaian dalam Satuan Pendidikan?2)Apa saja faktor-faktor Penilaian Dalam satuan pendidikan?
1.3 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui lebih dalam tentang Pengertian Pengawasan Dan Penilaian SatuanPendidikan.2. Sebagai bahan diskusi mata kuliah Pengelolaan Pendidikan.3. Sebagai Pemenuhan tugas makalah mata kuliah Pengelolaan Pendidikan.4. Diharapkan pembaca dapat menerapkannya dalam pembuatan makalah.
Makalah Pengelolaan Pendidikan
 
2
1.4 Sistematika Penulisan
Disini kita akan membuat isi makalah yang terbagi dalam beberapa sub bagian, yakni pendahuluan, isi dan penutup. Secara rincinya silahkan lihat di bawah ini :BAB I Pendahuluan
Latar belakang
Rumusan makalah
Tujuan penulisan
Sistematika penulisanBAB III Pembahasan
IsiBAB IV Penutup
Kesimpulan
Makalah Pengelolaan Pendidikan
 
3
BAB IIIPEMBAHASAN3.1Konsep Dasar dan Fungsi Pengawasan di bidang Pendidikan
Pada dasarnya pengawasan merupakan sesuatu yang sangat esensial dalam kahidupanorganisasi untuk menjaga agar kegiatan-kegiatan yang dijalankan tidak menyimpang darirencana yang telah ditetapkan. Dengan pengawasan akan diketahui keunggulan dankelemahan dalam pelaksanaan manajemen, sejak dari awal, selama dalam proses, dan akhir  pelaksanaan manajemen.Keberhasilan proses pengawasan ditentukan oleh penilaian yang secara rinci dapat dapatmemberikan umpan balik berupa gambaran yang jelas tentang tingkat keberhasilan dalammencapai tujuan dan sasaran yang dikehendaki. Para pengawas dan Kepala Sekolah tidak akan dapat membuat saran-saran untuk pebaikan organisasi dan program sekolah yangdiinginkan, kecuali jika pada mereka tersedia hasil-hasil penilaian (Oteng Sutisna, 1986).Dalam kaitan ini jelaslah bahwa fungsi pengawasan mencakup pengendalian, penilaian, pelaksanaan dan pengambilan tindakan penertiban yang sifatnya represif dan preventif terhadap kegiatan manajemen dalam organisasi. Oleh karena pengawasan dapat berfungsisebagai suatu alat pencegah terjadinya penyimpangan. Apabila dalam tindakan pengawasandikemukakan hambatan atau penyimpangan hendaknya diambil tindakan positif berupa perbaikan atau perubahan dalam pelaksanaannya.Dalam manajemen pendidikan, tindakan pengawasan dan penilaian merupakan dua fungsiyang sangat erat kaitannya. Dengan demikian fungsi pengawasan dan penilaian pendidikantidak hanya memeriksa tindakan yang disesuaikan dengan peraturan yang berlaku, tetapisebaiknya menjadi motor penggerak pembaharuan pendidikan, dan dapat membina sekolahyang baik (Depdikbud, 1981).Implikasi dari pendekatan ini ialah, bahwa derajat produktivitas sistem manajemen pendidikan ditentukan oleh mekanisme kerja sistem pengawasan dan penilaian pendidikanyang dikembangkan oleh pengelola, disamping partisipasi bawahan/staf yang lebih bermotivasi dalam operasionalisasi program tersebut.
Makalah Pengelolaan Pendidikan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->