Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PRODUK MAKANAN FERMENTASI

PRODUK MAKANAN FERMENTASI

Ratings: (0)|Views: 74 |Likes:
Published by FOSHU KAEROKA

More info:

Published by: FOSHU KAEROKA on May 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/20/2013

pdf

text

original

 
PRODUK MAKANAN FERMENTASI1.
 
Sayur Asin
Sayur asin merupakan produk olahan sayuran yang mempunyai rasa khas. Sayur asindihasilkan dari proses peragian dengan menggunakan air tajin sebagai bahan pertumbuhan bakteri.Tujuan pembuatan sayur asin ini untuk memperpanjang daya simpan sayuran yangmudah busuk dan rusak. Sayur asin ini selain dibuat dari sawi, juga dari bahan-bahan lain,seperti: genjer, kubis dan lain-lain.Bahan:1. Daun sawi hijau 10 kg2. Garam 100 g (1 bata)3. Beras ½ kg4. Air secukupnyaAlat:1. Pisau2. Tikar 3. Stoples4. Tungku5. PanciCara pembuatan:1.
 
Pisahkan daun sawi helai demi helai. Cuci, lalu diamkan di atas tikar bersih selama 1malam;2.
 
Remas-remas daun sawi dengan garam kemudian masukkan ke dalam stoples besertacairannya;3.
 
Masak beras (seperti menanak nasi) sampai mendidih, lalu ambil airnya (air tajin);4.
 
Campurkan air tajin tersebut pada sawi hingga rata dalam stoples;5.
 
Tutup rapat dan simpan di tempat yang gelap selama 3 hari.
 
 Skema Pembuatan Sayur Asin2.
 
Buah Anggur
 Anggur buah adalah jenis minuman sari buah yang dibuat dengan cara peragian. Proses peragian berlangsung selama 7
 – 
15 hari. Kandungan gula pada bahan diubah menjadialkohol oleh ragi. Ragi tersebut mulai bekerja aktif bila terlihat ada gelembung-gelembungudara. Pada proses ini, bahan-bahannya harus ditempatkan dalam botol yang tertutup rapat(tanpa udara).Buah yang biasa dibuat anggur antar lain: pisang klutuk (biji), ambon, raja, tawi dan jenis pisang lainnya; serta buah nenas, jambu, apel, mangga, pala, dan lain-lainnya. Namun produk anggur pisang yang paling baik adalah dari jenis pisang klutuk (pisang biji), karena buah pisang ini rasanya lebih manis dan baunya lebih harum. Pisang inipun mudah didapat, karenasering dijumpai tumbuh dipinggir-pinggir sungai sebagai tanaman liar, dan harganyapunsepertiga lebih murah dari jenis pisang lainnya.
BerasSawi HijauGaramAir TajinRemasDimasak dan diambil airnyaPisahkan, Cuci danLayukanRendam danFermentasiSayur Asin
 
3.
 
Sauerkraut
Sayuran ini diolah dengan cara peragian dan menggunakan garam sebagai zat pengawetnya. Proses pembuatannya sebenarnya agak begitu jauh berbeda dengan sayur asin, hanya saja ukurannya setelah layu diiris tipis-tipis. Tujuan pengolahan ini selainmengawetkan sayuran juga dapat meningkatkan rasa sayuran itu.Kol atau kubis merupakan sayuran yang paling umum diolah jadi sauerkraut, karena jenis sayuran ini banyak ditanam di Indonesia. Selain kubis, sayuran lain yang dapat diolahmenjadi sauerkraut antara lain: sawi, kangkung, genjer, dan lain-lain.Catatan:1.
 
Penekanan dan pemberian garam pada proses peragian dimaksudkan agar cairandalam kubis ke luar dan mencegah pembusukan. Selain itu juga berpengaruhterhadap rasa dan kerenyahan sauerkraut tersebut.2.
 
Padatan dalam botol diusahakan terendam dalam cairan untuk menghindariterjadinya perubahan warna atau kerusakan lainnya.
4.
 
Buttermilk 
Buttermilk dihasilkan dari susu skim atau susu rendah lemak dengan bantuan bakteriasam laktat. Buttermilk mempunyai karakteristik pada tekstur, rasa asam dan aroma. Tekstur dihasilkan dari pemecahan dadih. Aroma dan rasa disebabkan oleh diasetil, asetildehid dan produk metabolik lain dilepaskan oleh bakteri fermentasi. Kultur yang digunakan untuk membuat buttermilk merupakan kultur asam laktat yang terdiri dari Streptococcus cremoris,S.diacetylactis, dan Leuconostoc cremoris. Jenis biakan bakteri pemula (starter culture) berbeda diantara pabrikan (manufaktur) dan beberapa menggunakan Lactobacillus bulgaricusuntuk membuat butter milk Bulgaria. Produksi asam dan pembentukan dadih dihasilkan olehStreptococcus cremoris sedangkan aroma dan rasa dihasilkan dari metabolisme danmultifikasi oleh dua jenis bakteri yang lain yaitu : S.diacetylactis, dan Leuconostoc cremoris.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->