Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Layanan Penempatan Dan Penyaluran

Pengertian Layanan Penempatan Dan Penyaluran

Ratings: (0)|Views: 580|Likes:

More info:

Published by: Meilinda P. Sahardhyta on May 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/11/2013

pdf

text

original

 
LAYANAN PENENMPATAN DAN PENYALURANA.
 
Pengertian Layanan Penempatan dan Penyaluran
Layanan penempatan ialah pada waktu siswa melewati masa peralihan antara situasi sekolah berikutnya, pemilihan dan penempatan jurusan, pemilihan kegiatan ekstrakurikuler, sekolah sambungan, dan penempatan pada layanan kerja. (Elia Flurentin)Menurut Prayitno (2004: 2) layanan penempatan adalah:
“Suatu kegiatan bimbingan yang dilakukan untuk membantu individu atau
kelompok yang mengalami mismatch (ketidaksesuaian antara potensi denganusaha pengembangan), dan penempatan individu pada lingkungan yang cocok  bagi dirinya serta pemberian kesempatan kepada individu untuk berkembang
secara optimal”.
 
Purwoko (2008: 59) menjelaskan bahwa: “Layanan penempatan dan
 peny
aluran adalah “serangkaian kegiatan bantuan yang diberikan kepada
siswa agar siswa dapat menempatkan dan menyalurkan segala potensinya
 pada kondisi yang sesuai”.Mulyadi (2003:26) yang menjelaskan bahwa: “Layanan penempatan
dan penyaluran merupakan layanan bimbingan dan konseling yangmemungkinkan peserta didik (klien) memperoleh penempatan dan penyaluranyang tepat (misalnya penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok  belajar, jurusan atau program studi, program latihan, magang, kegiatankulikuler/ekstrakurikuler) sesuai dengan potensi, bakat, dan minat, serta
kondisi pribadinya”.
 Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa LayananPenempatan dan Penyaluran yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan peserta didik memperoleh penempatan dana penyaluran yang tepat (misalnya penempatan/penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan, atau program studi, program pilihan, magang, kegiatan kurikuler/ekstrakurikuler)sesuai dengan potensi, bakat, dan minat serta kondisi pribadinya.B.
 
Materi Kegiatan Layanan Penempatan dan Penyaluran
 
 
Materi merupakan seperangkat isi layanan dalam bimbingankonseling. Adapun materi kegiatan layanan penempatan dan penyaluranmeliputi:a.
 
Penempatan kelas siswa, program studi/jurusan dan pilihan ekstrakurikuler yang dapat menunjang pengembangan sikap, kebiasaan, kemampuan, bakat, dan minat. b.
 
Penempatan dan penyaluran dalam kelompok sebaya, kelompok belajar,dan organisasi kesiswaan serta kegiatan sosial sekolah.c.
 
Membantu dalam kegiatan program khusus sesuai dengan kebutuhansiswa, baik pengajaran, perbaikan maupun program pengayaan dan seleksimasuk perguruan tinggi melalui jalur PMDK, UMPTN, ataupunSNMPTN.d.
 
Menempatkan dan menyalurkan siswa pada kelompok yang membahas pilihan khusus program studi sesuai dengan rencana karier, kelompok latihan keterampilan dan kegiatan ekstrakurikuler atau magang yangdiadakan sekolah atau lembaga kerja/industri.Selain materi kegiatan layanan penempatan dan penyaluran tersebut,terdapat juga materi layanan penempatan dan penyaluran yang meliputi duasisi, yaitu sisi potensi diri siswa itu sendiri dan sisi lingkungan siswa.a. Sisi potensi diri siswa, mencakup:1)
 
Potensi intelegensi, bakat, minat, dan kecenderungan-kecenderungan pribadi.2)
 
Kondisi psikofisik seperti terlalu banyak bergerak (hiperaktif), cepatlelah, alergi terhadap kondisi lingkungan tertentu.3)
 
Kemampuan berkomunikasi dan kondisi hubungan sosial.4)
 
Kemampuan panca indra, dan ,5)
 
Kondisi fisik seperti jenis kelamin, ukuran badan, dan keadaan jasmaniyah lainnya. b.
 
Kondisi lingkungan mencakup:1)
 
Kondisi fisik, kelengkapan dan tata letak serta penyusunannya.2)
 
Kondisi udara dan cahaya.3)
 
Kondisi hubungan sosio emosional.
 
4)
 
Kondisi dinamis suasana kerja dan cara-cara bertingkah laku.5)
 
Kondisi statis seperti aturan-aturan dan pembatasan-pembatasan.
C.
 
Tujuan Layanan Penempatan dan Penyaluran
1.
 
Tujuan umumPelaksanaan penempatan dan penyaluran secara umum memiliki tujuanyang hendak dicapai. Menurut Prayitno (2004: 3) tujuan umum layanan penempatan dan penyaluran adalah diperolehnya tempat yang sesuai bagiindividu untuk pengembangan potensi dirinya. Kesesuaian terhadaptempat dalam pengembangan diri seperti pada lingkungan sekolah,organisasi, pekerjaan, dan juga pendidikan lanjut.2.
 
Tujuan khususTujuan khusus dari layanan penempatan dan penyaluran lebihspesifik mengarahkan siswa kedalam penguasaan kompetensi yang sesuaidengan bakatnya. Menurut Prayitno (2004: 3), secara khusus tujuan
layanan penempatan dan penyaluran adalah: “Membantu siswa
mencapaikematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu , teknologi, danseni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir ataumelanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan
masyarakat yang luas”. Tercapainya tujuan dari layanan penempatan dan
 penyaluran memungkinkan siswa untuk dapat terhindar dari permasalahan pengembangan diri dan juga siswa akan mampu merancang masa depanyasecara realistik.
D.
 
Fungsi Layanan Penempatan dan Penyaluran
1.
 
Fungsi pemahaman yaitu terpahaminya kondisi individu dan lingkunganyang ada dan yang dikehendaki2.
 
Fungsi pencegahan yaitu mencegah masalah jika potensi individu sesuaidengan lingkungan untuk pengembangan potensinya .3.
 
Fungsi pengentasan yaitu menyelesaikan masalah melalui upaya penempatan pada lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan individu.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->