Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peraturan Akademik

Peraturan Akademik

Ratings: (0)|Views: 10 |Likes:
Published by nandoujok
Baru
Baru

More info:

Published by: nandoujok on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2014

pdf

text

original

 
KEPUTUSAN REKTORUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
Nomor : 10/Kep/II.B/UMSU/F/2008Tentang
PERATURAN AKADEMIKUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
BismillahirrahmanirrahimRektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara :Menimbang : a. bahwa sesuai dengan perkembangan pendidikan tinggidengan penerapan otonomi yang lebih luas sehingga prosespendidikan dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien,Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berwenangmenyelenggarakan proses belajar mengajar secara mandirisesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;b. bahwa sehubungan dengan hal itu dipandang perluditetapkan Peraturan Akademik sebagai pedomanpenyelenggaraan proses belajar mengajar secara mandiri bagiprogram Magister, Sarjana dan Diploma dalam satu SuratKeputusan Rektor.Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 20032.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 19993.
 
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 20034.
 
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 20055.
 
Keputusan Mendiknas RIa.
 
Nomor 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000b.
 
Nomor 184/U/2001 tanggal 23 November 2001;c.
 
Nomor 178/U/2001 tanggal 21 Nopember 2001d.
 
Nomor 004/U/2002 tanggal 17 Januari 2002
 
6.
 
Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor08/DIKTI/Kep/2002;7.
 
Qa’idah Perguruan Tinggi Muhammadiyah;8.
 
Statuta Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara;9.
 
SK PP Muhammadiyah No. 485/KEP/I.0/D/2007 tgl. 3Desember 2007Memperhatikan : 1. SK Rektor UMSU Nomor 663/SK/III.B/UMSU/4.a/2000tanggal 4 Agustus 2000;2. Hasil Keputusan Rapat Rektorat dan Masukan dari DekanatUMSU tanggal 2 Januari 2008.
Memutuskan
Menetapkan : KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERAUTARA TENTANG PERATURAN AKADEMIK UNIVERSITASMUHAMMADIYAH SUMATERA UTARABAB IKETENTUAN UMUMPasal 1 Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan :(1) Pendidikan tinggi adalah pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi daripadapendidikan menengah pada jalur pendidikan sekolah.(2) Perguruan Tinggi Muhammadiyah disingkat PTM, adalah satuan pendidikan tinggi dilingkungan Persyarikatan Muhammadiyah yang bertugas menyelenggarakan pembinaanketaqwaan dan keima-nan kepada Allah SWT, pendidikan dan pengajaran, penelitian danpengabdian kepada masyarakat menurut tuntunan Islam.(3) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, disingkat UMSU, adalah perguruan tinggisebagai satuan pendidikan tinggi di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah dengantugas sebagaimana dimaksud butir 2, yang didirikan dan berkedudukan di MedanSumatera Utara.(4) Pendidikan akademik adalah pendidikan tinggi yang diarahkan terutama padapenguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangannya.
 
(5) Pendidikan profesional adalah pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada kesiapanpenerapan keahlian tertentu.(6) Fakultas adalah pelaksana akademik di bawah UMSU, yang mengkoordinasikandan/atau melaksanakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam satu atauseperangkat cabang ilmu
 
pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian.(7) Jurusan/Program studi adalah unit pelaksana akademik di bawah fakultas yangmelaksanakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam satu atau seperangkatcabang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu.(8) Laboratorium/Studio adalah perangkat penunjang pelaksana pendidikan pada universitasdan/atau fakultas/jurusan/program studi dalam pendidikan akademik dan/atau profesional.(9) Perpustakaan adalah unit pelaksanaan teknis di bawah UMSU yang merupakan unsurpenunjang pelaksanaan pendidikan tinggi, penelitian, dan pengabdian kepadamasyarakat.(10) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, disingkat PP Muhammadiyah, adalah pimpinan tertinggiyang memimpin Persyarikatan Muhammadiyah, yang dipilih dan ditetapkan oleh Muktamar.(11) Badan Penyelenggara PTM, disingkat BP-PTM, sebagai badan penyelenggara UMSUadalah PP Muhammadiyah yang kewenangan pelaksanaannya dilimpahkan kepada MajelisDikti. Untuk melaksanakan tugas BP-PTM sehari-hari dalam penyelenggaraan UMSU PPMuhammadiyah membentuk Badan Pelaksana Harian (BPH) UMSU.(12) Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan, selanjutnya disebut MajelisDiktilitabang, adalah badan pembantu Pimpinan Pusat yang dibentuk oleh PPMuhammadiyah untuk membina dan mengkoordinasikan amal usaha PersyarikatanMuhammadiyah di bidang pendidikan tinggi, serta memberikan bahan pertimbangan kepadaPP Muhammadiyah guna menentukan garis kebijaksanaan.(13) Rektor adalah pimpinan tertinggi UMSU yang diangkat dan diberhentikan sertabertanggung jawab kepada PP Muhammadiyah, yang dalam pelaksanaan tugasnyadibantu oleh para Pembantu Rektor dengan pembagian tugas, kedudukan dan tanggungjawab sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.(14) Dekan adalah pimpinan tertinggi fakultas dilingkungan UMSU yang dalampelaksanaan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Rektor, dibantuoleh para Pembantu Dekan dengan pembagian tugas, kedudukan dan tanggung jawabsesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.(15) Ketua Jurusan/Program studi adalah pimpinan tertinggi pada Jurusan/Program studi dibawah fakultas yang berada di bawah serta bertanggung jawab kepada Dekan, diangkatdan diberhentikan oleh Rektor, dalam pelaksanaan tugasnya dibantu oleh SekretarisJurusan/Program studi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada KetuaJurusan/Program studi.(16) Lembaga/Pusat Studi adalah badan pembantu pimpinan UMSU yang bertugasmelaksanakan sebagian tugas pimpinan UMSU khususnya dalam pembinaanbidang-bidang kajian yang ditetapkan oleh UMSU. Lembaga dipimpin olehseorang Ketua yang diangkat dan diberhentikan oleh serta dalam pelaksanaantugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Rektor.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->