Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manajemen Dan Pendekatan Sistem

Manajemen Dan Pendekatan Sistem

Ratings: (0)|Views: 10 |Likes:
ikm
ikm

More info:

Published by: Wenny Ariusnita Roni on May 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2013

pdf

text

original

 
Tugas
MANAJEMEN DAN PENDEKATAN SISTEM KOPERASI “BINA SEJAHTERA”DI RSUD SERANGBANTENDisusun Oleh:KELOMPOK IVEpi Septianingsih110.2002.082Adelia Marliani Putri 110.2004.002Ajeng Ayu Lestari 110.2004.009Trias Roslina 110.2004.268Ummul Azizah110.2004.271Pembimbing:Dr. Sugma Agung P, MARSKEPANITERAAN ILMU KESEHATAN MASYARAKATFAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSIAPRIL 2010
 
1.DEFINISI MANAJEMEN
“Ilmu Manajemen adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara mencapaitujuan dengan efektif dan efisien dengan menggunakan bantuan / melalui orang lain”.
Yang dimaksud orang lain disini mempunyai arti yang sangat luas, karena dapat berupa bantuan dalam ujud pikiran, tenaga dan dapat pula intuisinya.
Fungsi-fungsi Manajemen menurut G Terry :
a. Planning (Perencanaan) b. Organizing (Pengorganisasian)c. Actuating (Penggerakan untuk bekerja)d. Controlling (Pengawasan/Pengendalian)
a.Planning
Sasaran umum koperasi :Sasaran dari penyusunan Pedoman Standar Operasional Prosedur ini adalahsebagai berikut:1. Terwujudnya pengelolaan KSP/USP Koperasi yang sehat dan mantap melaluisistem pengelolaan yang profesional sesuai dengan kewajiban usaha simpan pinjam.2. Terwujudnya pengelolaan KSP/USP Koperasi yang efektif dan efisien.3. Terciptanya pelayanan prima kepada anggota, calon anggota, koperasi lain danatau anggotanya.4. Tersedianya landasan yang sistematis sebagai salah satu landasan kerja pengawasan dan pengendalian KSP/USP koperasi yang efektif baik bagikepentingan pengendalian internal maupun pengawasan dari pihak eksternal.
a.Organizing
Pembina koperasi mempunyai tugas berkoordinasi dengan pengurus dan pengawas koperasi serta kepada para stafnya yang bertanggung jawab di tiap bidangnya.
 
b.Actuating
1.
membangun dan meningkatkan peran dan partisipasi anggota.
2.
Membangun kemampuan pengelola dan kaderisasi.3.Memiliki kesehatan keuangan.4.Membangun kemitraan antar koperasi dan kemitraan koperasi dengan pihaBadan Usaha lain.
c.Controlling
Melakukan pengawasan terhadap:1.Material dan produk jadi, yang sasarannya:a) Kualitas produk/material dengan standar kualitasb) Kuanantitas produk/material dengan standar kuantitas2.Keuangan dan biaya, yang sasarannya:a) Anggaran dan pelaksanaannyab) Biaya-biaya yang dikeluarkannyac) Pendapatan/penerimaan dalam bentuk uang3.Waktu/time, sasarannya adalah :a) Penggunaan waktub) Pemberian waktu/timingc) Kecepatan atau speed4.Personalian, sasarannya :a) Tingkat kejujuranb) Kesetiaan/loyalitasc) Kerajinan dengan absensid) Tingkah laku dan kesetiakawanan
Dasar-dasar Manajemen
Semua organisasi baik formal maupun informal membutuhkan adanya fungsimanajemen. Sebab tanpa manajemen yang baik, tujuan organisasi tidak akan tercapaisecara efisien. Selain itu dalam pencapaian tujuan organisasi sering ada berbagai halyang bertentangan dengan kepentingan pribadi beberapa anggota, atau bahkan ada berbagai pihak yang mempunyai kepentingan yang saling bertentangan. Untuk 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->