Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Ilmiah

Laporan Ilmiah

Ratings: (0)|Views: 17 |Likes:
Published by Ikhaa Amalia Amin

More info:

Published by: Ikhaa Amalia Amin on May 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2013

pdf

text

original

 
Laporan Ilmiah
Langkah-langkah penulisan laporan ilmiah yaitu :
1. Tuliskan outline secara sederhana dengan mengatur topik-topik dalam urutan yanglogis, konsisten, dan sistematis,2. Kembangkan outline tersebut dengan cara memberikan judul, subjudul, bagian,dan sub-bagian,3. Tuliskan hal yang akan diuraikan pada setiap judul, sub-judul, bagian, dan sub-bagian,4. Cantumkan pada setiap judul, sub-judul, bagian, dan sub-bagian beberapa tabel,grafik, gambar, atau analisis statistik yang dapat melengkapi argumentasi dalam bahasan,5. Penulisan laporan mengacu pada outline yang sudah dilengkapi dengan tabel, grafik,gambar, atau analisis statistik lain,6. Pada awal menulis, jangan terlalu memperhatikan gaya bahasa yang digunakan karena penulis harus langsung menuju sasaran untuk menyelesaikan draft pertama darilaporan lengkap,7. Gaya bahasa, sebaiknya, diperbaiki setelah draft pertama dari laporan lengkap selesaiditulis, dengan memerhatikan:a. konsistensi dan kesinambungan materi, b. menghilangkan pengulangan makna kalimat agar kalimat menjadi jelas dantulisan menjadi ringkas, danc. memperhatikan cara penulisan rujukan.
Contoh Sistematika Penulisan Laporan Ilmiah
Sistematika PenulisanSistematika penulisan yang diterapkan untuk menyajikan gambaran singkat mengenai permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini, sehingga akan memperoleh gambaranyang jelas tentang isi dari penulisan ini terdiri dari empat bab diantaranya :
 
BAB I PENDAHULUANBerisi latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisandan sistematika penulisan.BAB II LANDASAN TEORIMenjelaskan tentang materi atau pengertian dari judul yang dipilih pada pembuatanaplikasi. Menjelaskan teoritis pada software atau aplikasi yang digunakan.BAB III PEMBAHASAN MASALAHMenjelaskan langkah-langkah pembuatan aplikasi dengan Android dari perencanaanaplikasi, perancangan tampilan, tahap implementasi, testing dan validasi debugging.BAB IV PENUTUPBerisi kesimpulan dan saran untuk keperluan penerapan maupun pengembangan selanjutnya.
Manfaat penyusunan karya ilmiah adalah sebagai berikut:
a. Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif  b. Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber c. Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaand. Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematise. Memperoleh kepuasan intelektualf. Memperluas cakrawala ilmu pengetahuang. Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya.
 
Beberapa hal yang harus diperhatikan tentang laporan ilmiah, yaitu :
1.
 
Kegiatan menulis laporan ilmiah merupakan kegiatan utama yang terakhir darisuatu kegiatan ilmiah,2.
 
Laporan ilmiah mengemukakan permasalahan yang ditulis secara benar, jelas,terperinci, dan ringkas, karena berdasarkan teori yang telah diuji keabsahannya,3.
 
Laporan ilmiah merupakan media yang baik untuk berkomunikasi di lingkunganakademisi atau sesama ilmuwan dan peneliti lainnya,4.
 
Laporan ilmiah merupakan dokumen tentang kegiatan ilmiah dalam memecahkanmasalah secara jujur, jelas, dan tepat tentang prosedur, alat, hasil temuan, sertaimplikasinya, dan5.
 
Laporan ilmiah dapat digunakan sebagai acuan bagi ilmuwan lain sehingga syarat-syarat tulisan ilmiah berlaku juga untuk laporan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->