Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RPP Kesebangunan

RPP Kesebangunan

Ratings: (0)|Views: 181|Likes:
Published by Yusran K. Abdul
Kesebangunan
Kesebangunan

More info:

Published by: Yusran K. Abdul on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/07/2013

pdf

text

original

 
1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH :MATA PELAJARAN : MATEMATIKAKELAS/SEMESTER : IX / 1
ALOKASI WAKTU : 8 X 40 MENIT
A. Standar Kompetensi
:1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi dasar
:1.1. Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
C. Indikator
:1.1.1. Membedakan dua bangun kongruen dan sebangun1.1.2. Mengidentifikasi dua bangun kongruen1.1.3. Mengidentifikasi dua bangun sebangun1.1.4. Menghitung panjang sisi yang belum diketahui pada dua bangun datar sebangun.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan perbedaan dua bangun yang kongruen atau sebangunmelalui pengamatanmodel bangun datar atau gambar secaralogis. 2. Siswa mampumembuktikan dua bangun sebangun melalui penyelidikan besar sudut-sudut dan panjang sisi-sisinya denganlogis.3. Siswa mampumenemukan pasangan sisi dan sudut yang bersesuaian pada dua bangunkongruen melalui pengamatandua gambar bangun yang kongruen.4. Siswa mampu menentukan panjang sisi yang belum diketahui pada dua bangunkongruen jika diberikan dua gambar bangun yang kongruen.5. Siswa mampumenemukan perbandingan sisi-sisi bersesuaian pada dua bangunsebangun jika diberikan gambar dua bangun sebangun.6. Siswa mampu menghitung panjang sisi yang belum diketahui pada dua bangunsebangun jika diberikan dua gambar bangun yang sebangun.Pendidikan karakter : Religius, Berpikir logis, Kerja keras dan Keingintahuan
E. Materi Ajar :
1. Dua bangun datar yang sebangunDua bangun datar dikatakan kongruen jika memenuhi dua syarat berikut :
Sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang.
Sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.2. Menentukan panjang sisi yang belum diketahui pada dua bangun yang kongruen.3. Dua bangun datar yang sebangunSyarat dua bangun yang sebangun (sudut dan perbandingan sisi yang bersesuaian sama)Dua bangun datar dikatakan sebangun jika memenuhi dua syarat berikut :
Panjang sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua bangun itu memiliki perbandingansenilai.
Sudut-sudut yang bersesuaian dari kedua bangun itu sama besar.4. Menghitung panjang sisi yang belum diketahui dari dua bangun yang dua bangun yangsebangun.
F. Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Kooperaif LearningMetode Pembelajaran :Diskusi kelompok, diskusi kelas, demonstrasi, tanya jawab.
 
2
G. Langkah-Langkah Kegiatan
 Pertem u an Pertam a (2
 
 jam
 
 )
No
Aktivitas
WaktuNilai Karakter1
Pendahuluan
a.Memberi salam dan berdoa bersama-sama dilanjutkanmengecek kehairan iswa b. Mengingatkan siswa tentang berbagai macam bangun datar .c. Mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupansehari-hari.d.Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran..
10 ‘ReligiusKeingintahuan
2Kegiatan inti :Eksplorasi
1. Melalui diskusi kelas dan mengamati gambar-gambar ataumodel-model bangun datar guru dan siwa membahas pengertian dua bangun kongruen dan dua bangun sebangun.2. Guru memberi contoh gambar atau model dua bangun yangkongruen dan dua bangun yang sebangun sertamenunjukkan isi-sisi dan sudut-sudut yang bersesuaian3. Melalui pengamatangambar atau model bangun datar dan dialog tanya jawab guru dan siswa merumuskansyarat-syarat dua bangun kongruen. .
Elaborasi
4. Diberikan gambar-gambar bangun-bangun datar buatanguru siswa secara individual diminta menyebutkan pasangan bangun yang kongruen dan yang sebangun.5. Siswa diminta kedalam kelompok kecil untuk sharing hasil pekerjaannya ( jumlah kelompok kecil 2 – 5 siswa), gurumembimbing kerja siswa.6. Wakil dari beberapa kelompok diminta mempresentasikanhasil pekerjaanya, guru memimpin diskusi dalam sharingkelompok besar (kelas) .
Konfirmasi
7. Guru membenahi ide yang kurang tepat.8. Guru bersama siswa melakukan refleksi9. Memberikan penghargaan terhadap kelompok yangmenyelesaikan tugas dengan baik.
60’
KeingintahuanBerpikir logisKerja keras
3Penutup
1. Siswa dibimbingmembuat kesimpulan: syarat dua bangunkongruen dan syarat dua bangun sebangun, perbedaan dua bangun kongruen dan sebangun2. Siswamengerjakan soal-soalsecara individual untuk mengecek pemahaman siswa.2, Tugas PR secara individual
10’KemandirianJujur
 P e rte m u an K e d u a ( 2j a m )
NoAktivitasWaktuNilai Karakter1
Pendahuluan
a.Memberi salam dan berdoa bersama-sama dianjutkanmengecek kehadiran siswa b. Mengingatkan siswa tentang pengertian dua bangun
10 ‘Religius dandisiplin
 
konguen dan dua bangun sebangun dansyarat-syaratnya.c.Mengaitkan materi yang akan dipelajari dengankehidupan sehari-hari.d. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran..
2Kegiatan inti :Eksplorasi
1. Siswa dimintamengamatigambar pasangan dua persegi panjang dan dua trapesium kemudian dimintamenentukan pasangan sudut yang bersesuaian dan perbandingan sisiyang bersesuian.2. Siswa diminta menyebutkan pasangan bangun yangmemenuhi syarat dua bangun sebangun pada langkah 1.
Elaborasi
3. Siswa secara indiviual diberikan pasangan bangun datar kemudian diminta menyelidiki sudut dan sisi yang besesuaian apakah sudut yang besesuaian sama atau tidak dan sisi yang berseuaian sebanding atau tidak.4. Siswa diminta menjelaskan apakah dua bangun yangdiselidiki pada langkah 3 terebut sebangun apa tidak.5. Siswa diminta kedalam kelompok kecil untuk melakukansharing hasil pekerjaannya ( jumlah kelompok kecil 2 – 5siswa)6. Wakil dari beberapa kelompok diminta mempresentasikanhasil pekerjaanya,
Konfirmasi
7. Guru memimpin diskusi dalam sharing kelompok besar (kelas) dan membenahi ide yang kurang tepat.8. Melakukan refleksi9. Memberikan penghargaan terhadap kelompok yangmenyelesaikan tugas dengan baik.
60’KeingintahunKeingintahunKerja keras3Penutup
1. Siswa dibimbingmembuat dan mencatatkesimpulan :cara membuktikan dua bangun sebangun2. Siswamengerjakan soal-soalsecara individual untuk mengecek pemahaman siswa.3. Guru memberi soal untuk PR dikerjakan seara individual
10KemandirianJujur
 Pertem u an Keti ga (2jam )
NoAktivitasWaktuNilai Karakter1
Pendahuluan
a.Memberi salam dan berdoa bersama-sama dianjutkanmengecek kehadiran siswa b. Mengingatkan siswa tentang pengertian dua bangunkonguen dan dua bangun sebangun dansyarat-syaratnya.c.Mengaitkan materi yang akan dipelajari dengankehidupan sehari-hari.d. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan pembelajaran..
10 ‘Religius dandisiplin
2Kegiatan inti :Eksplorasi
1. Siswamengamatigambar-gambar pasangan
60’Keingintahun
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->