Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MakalaH mendaki gunung

MakalaH mendaki gunung

Ratings: (0)|Views: 886 |Likes:
Published by Ali Mustofa
Tips Pendakian Gunung
Tips Pendakian Gunung

More info:

Published by: Ali Mustofa on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2014

pdf

 
 
MAKALAHMENDAKI GUNUNG
 Nama : Ali Mustofa Nim : 1072POLITEKNIK INDONESIA MADIUN2013
 
Pengertian-
gunung adalah tanah yang menonjol keatas lebih tinggidaripada wilayah disekitarnya yang terbentuk akibat gerakan lempengtektonik,gerakan epeirogenik atau gerakan orogenik. Dibanding dengan bukit,gunung bentuknya lebih tinggi dan lebih curam daripada bukit.Pemandangan dan suasana alam yang alami banyak menarik minat beberapa orang untuk mendaki gunung. Apalagi di Indonesia banyak sekali gunung,dengan berbagai tipe dan tantangan sendiri. Gunung diIndonesia ada 2 macam,yaitu: gunung aktif dan gunung mati. Gunungaktif adalah gunung yang masih memiliki aktifitas volcanologi,ataudalam kurun waktu tertentu akan memuntahkan lahar/lava dari dalam perut bumi. Gunung mati atau gunung tak aktif adalah gunung yangsudah tidak memimiliki aktifitas volcanologi.Mendaki gunung merupakan salah satu hobi yang kian hari kianmarak dan banyak digemari.Kegiatan pendakian gunung, sebagaimanakegiatan di alam bebas lainnya, selalu penuh petulangan yang menantang, bahkan terkadang ekstrim.Dalam melakukan pendakian gunung, seorang pendaki mustimelakukan persiapan yang matang. Jangan sampai kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dan kepuasan diri ini berakibatyang merugikan buat diri pendaki dan alam (lingkungan hidup). Tips-tipsmendaki gunung buat pendaki pemula berikut mungkin sedikit membantu persiapan pendakian gunung tersebut.
Tips pertama
adalah melakukan perencanaan pendakian denganmatang. Pemilihan lokasi, rute pendakian, kondisi cuaca, jumlah pendaki, jangka waktu, akan mempengaruhi perbekalan dan peralatan yang mustidipersiapkan. Jangan lupa untuk mendapatkan ijin resmi dari pihak-pihak terkait (termasuk orang tua atau pacar.haha).
Tips selanjutnya
adalah mempersiapkan fisik dan mental sepertidengan melakukan olah raga secara rutin.Setidaknya memulaimenggenjot fisik minimal sebelum melakukan pendakian,dan
 
membiasakan hidup sehat,apabila sebelumnya sering begadang danmerokok hendaknya mulai dikurangi dahulu,agar fisik tidak drop saatmendaki.
Penguasaan medan dan rute
merupakan sebuah hal yang sangat penting. Paling tidak dalam satu kelompok pendakian gunung musti adalebih dari satu orang yang benar-benar telah menguasai medan dan hapalrute pendakian. Mencari informasi tentang keadaan terakhir gunung yangakan kita daki. Apabila keadaan alam pada gunung tujuan kita sedangtidak baik hendaknya ditunda dulu waktunya. Dan jangan meremehkanmitos-mitos yang berkembang digunung tersebut. Semua itu untuk keselamatan kita sendiri.
Perlengkapan
yang mencukupi tapi tidak memberatkan.Membawa perlengkapan yang mencukupi merupakan tips selanjutnya.Perlengkapan hendaknya disesuaikan dengan lokasi, rute, jangka waktu, jumlah pendaki dan kondisi cuaca. Namun beberapa peralatan yangsangat penting diantaranya;Tas rangsel khusus pendaki (carrier),saatmembawa carrier hendaknya disesuakankebutuhan,ukuran carrier mulai 40liter sampai100liter,itu yang umum.Sepatu atau sandal trekking,dalam mendakihendaknya memakai pelindung kaki yangkhusus,jangan menyepelekan ini karena medanyang akan ditempuh pun juga medan khusus yangtidak biasa ditemui. Sepatu dan sandal ini sudahdidesain dengan gunung,yang tahan air dan tidak licin,serta mampu melindungi kaki kita dijalananyang terjal.Jaket,yang digunakan jaket yangtebal,kerana suhu di gunung tidak ada yangtidak dingin.

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->