Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KEGIATAN MENARIK

KEGIATAN MENARIK

Ratings: (0)|Views: 164|Likes:
Published by irfanjps

More info:

Published by: irfanjps on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/13/2014

pdf

text

original

 
111
MODUL – 3.9 
MENCIPTAKAN KEGIATAN YANG MENARI,MENANTANG DAN MENGANDUNG PENDIDIKAN
PELATIHAN / PENATARAN : KMDALAT BANTUPOKOK BAHASAN : MENCIPTAKAN KEGIATANYANGPapan TulisMENARIK,MENANTANG DANMovie Projector/OHP/SlideProjector MENGANDUNG PENDIDIKANFlip chartWAKTU : 2 x 45 MENIT
Lain - lain :
TANGGAL :
SASARAN : Peserta mampu menjelaskanapa,mengapa, bagaimanamenciptakan kegiatan yangmenarik, menantang, danmengandung pendidikan.
MENIT
GARIS BESAR POKOK BAHASANMETODE5'Pengantar: Menggali dari peserta tentang :1. kegiatan yang menarik danmenantang2. kegiatan yang mengandung pendidikanDialog30 '20'20"5'Inti1. Pengertian Kegiatan yang menarik,menantang yang mengandung pendidikan.2. Cara menyusun/menciptakan kegiatan yangmenarik, menantang, dan mengandung pendidikan.3. Praktek menyusun kegiatan yang menarimenantang, dan mengandung pendidikan .4 KesimpulanMata plan/Coutry fair  Diskusi panelKerja kelompok DialogKesimpulan : Kegiatan yang menarik,Menantang dan menagandung pendidikan,merupakan hal yang harus diciptakan olehsemua Pembina Pramuka dalam penyelenggaraan kepramukaa. penyimpulanREFERENSI : 1. AD/ART Gerakan PramukaCATATAN :PELATIH( _______________ ) 
LP - 3.9 
 
112
LEMBAR PENUGASAN KELOMPOK 
 
PELATIHAN / PENATARAN: KMD1.POKOK BAHASAN : MENCIPTAKAN KEGIATAN YANG MENARIK,MENANTANG, DAN MENGANDUNGPENDIDIKAN.2. SASARAN : Peserta mampu menyusun/menciptakan kegaitan yangmenarik, menantang, dan mengandung pendidikan.Tata kerja Mabi. 3. WAKTU DISKUSI : 20 menit4. WAKTU LAPORAN : 5 menit5. ISI PENUGASAN :Susunlah acara kegiatan yang menarik, menantang, dan mengandung pendidikan :Kelompok I : untuk pramuka SiagaKelompok II : untuk pramuka PenggalangKelompok III : untuk pramuka Penegak Kelpompok IV : untuk pramuka Pandegaselanjutnya demonstrasikan.
SELAMAT BERLATIH DAN SUKSES
 PELATIH 
MENCIPTAKAN KEGIATAN YANG MENARIK, MENANTANG, DANMENGANDUNG PENDIDIKAN
I.PENDAHULUAN
 
113
1.Pendidikan dalam Gerakan Pramuka adalah proses pendidikan sepanjanghayat yang berkesinambungan dengan sasaran menjadikan manusia bertaqwa, berbudi pekerti luhur, mandiri, memiliki kepedulian tinggiterhadap nusa bangsa, masyarakat dan lingkungannya, alam seisinya, bertanggung jawab serta berpegang taguh pada nilai dan norma masyarakat.2.Dalam kepramukaan, pada hakikatnya peserta didik tidak hanya diperankansebagai obyek pendidikan, tetapi justru lebih banyak diperankan sebagaisubyek ; dengan demikian dalam kepramukaan sebenarnya peserta didik sendirilah yang berperan aktif dalam proses kegiatan sehingga dapatdikatakan yang menjadi "pendidik' dalam kepramukaan adalah peserta didik sendiri. Pada suatu kegiatan Pembina Pramuka berperan sebagai pembimbing, pendamping dan fasilitator yang dengan rajinnya memberikanmotivasi dan memberikan stimulasi (rangsangan) atas munculnya konsepkegiatan, yang dilengkapi dengan metode apa yang paling tepat untumelaksanakan kegiatan tersebut, sedang dalam proses pelaksanaan kegiatantersebut sepenuhnya peserta didik sendiri yang berperan aktif.3.Untuk dapat melibatkan langsung peserta didik secara penuh dalam kegiatanhingga mereka dapat memerankan diri sebagai subyek pendidikan, PembinaPramuka hendaknya melibatkan langsung peserta didik dalam menciptakankegiatan tersebut, karena kegiatan yang menarik bagi peserta didik/kaummuda adalah kegiatan yang sesuai dengan aspirasi peserta didik/kaum mudasendiri, tentang menantang atau tidaknya suatu kegiatan itupun merekatentukan sendiri, bukan oleh Pembina.II.MATERI POKO1."Belajar Sambil Melakukan" merupakan salah satu metode kepramukaanyang dalam pelaksanaanya mendominasi hampir pada semua kegiatankepramukaan yang ada.Sasaran yang ingin dicapai dengan penggunaan metode ini ialah peserta didik merasakan bagaimana menyusun acara kegiatan, bagaimana melaksanakansuatu kegiatan, proses apa saja yang harus dilakukan bila terjadi hambatandan upaya apa yang dapat mengatasinya, serta apa yang mereka rasakan bilamana kegiatan yang dilakukan berhasil dengan baik.2. Agar proses kejiwaan sebagaimana tersebut di atas dapat terwujud, kegiatanyang disajikan hendaklah kegiatan yang menantang dan memikat para peserta didik, ialah kegiatan yang :a.baru, yang sebelumnya tidak ada, yang merupakan produk inovasi ; b.dapat mengembangkan kreatifitas ;c.dapat mengembangkan berbagai keterampiland.bermanfaat bagi peserta didik dan masyarakat 3.Kegiatan yang menarik dan menantang yang mengandung pendidikan.a.Kaum muda pada umumnya akan tertarik pada hal - hal yangmenantang, mereka mempunyai kebanggaan tersendiri bila dapatmenyelesaikannya dengan baik dan sukses. b.Dalam proses pelaksanaan suatu kegiatan yang menantang merekamencurahkan segala uapaya, dan dengan mencari-cari teknik yang tepatuntuk dapat mencapai keberhasilan atas kegiatan tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->