Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
AD-ART

AD-ART

Ratings: (0)|Views: 142 |Likes:
Published by ktnajombang

More info:

Published by: ktnajombang on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2013

pdf

text

original

 
ANGGARAN DASAR KELOMPOK KONTAK TANI NELAYAN ANDALANMUKADIMAH
Dengan Berkat dan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa bahwa Nusantara dengan kekayaansumberdaya alam dan sumberdaya manusia dibidang pertanian, perikanan dan kehutanansebagai negara agraris dan negara maritim adalah anugrah Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsaIndonesia.Anugrah Tuhan Yang maha Esa tersebut memanggil setiap anak bangsa untuk mendayagunakan,melindungi, melestarikan dan meningkatkan mutu bagi semua generasi dalam Negara KesatuanRepublik Indonesi (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.Untuk mengelola sumber-sumber daya tersebut secara bertanggungjawab dan mewujudkan cita-cita mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan bangsa, khususnya petani dan nelayan,sekaligus membangun kehidupan bersama yang jujur, adil, rukun, damai dan sejahtera, makadibentuklah Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (kelompok KTNA).Untuk memelihara semangat juang mewujudkan visi, misi dan tujuan Kelompok KTNA, makadirumuskan dan ditetapkan mukadimah beserta jabarannya kedalam bab-bab bersama pasal- pasal didalam Anggaran Dasar.
BAB IPENGERTIAN
Pasal 11.
 
Petani nelayan adalah pengelola usaha dibidang pertanian, perikanan dan kehutananyang terdiri dari tani nelayan dewasa, wanita tani nelayan dan pemuda tani nelayan.2.
 
Kelompok Tani nelayan adalah kumpulan petani nelayan yang tumbuh dan berkembang secara terorganisir berdasarkan keakraban, keserasian dan kesamaankepentingan dalam mendayagunakan, meningkatkan mutu dan melestarikan sumberdaya pertanian, perikanan, kelautan dan kehutanan untuk bekerjasama meningkatkan pendapatandan kesejahteraan anggotanya.3.
 
Kontak tani nelayan adalah petani nelayan yang berhasil dan dipilih menjadi ketua kelompok tani nelayan dan atau pengurus kelompok tani nelayan yang ditokohkan oleh anggotanya berdasarkan musyawarah.4.
 
KTNA adalah kontak tani nelayan yang diandalakan dan dipilih untuk mewakiliaspirasi petani nelayan dari tingkat desa/kelurahan sampai dengan tingkat nasional,yang diputuskan dalam Rembug Peripurna ditingkatnya serta ditetapkan oleh pengurus setingkat diatasnya.5.
 
Kelompok KTNA adalah organisasi profesi yang bersifat sosial ekonomi sebagailembaga masyarakat yang tumbuh dari bawah dan bersifat independen.6.
 
Ahli Andalan adalah petani nelayan yang pernah menjadi pengurus kelompok KTNAyang mempunyai keahlian, ketrampilan dan kepedulian dalam bidang pertanian, peternakandan kehutanan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Organisasi yang dipilih dalam RembugParipurna kelompok KTNA ditingkatnya.7.
 
Rembug adalah forum musyawarah pengurus kelompok KTNA ditingkatnyauntuk membahas masalah yang dihadapi petani nelayan dalam pengembanganusahanya sebagai bahan untuk menyusun kebijakan, rencana dan program kerja, sertakeputusan keputusan kelompok KTNA.
 
8.
 
Mimbar sarasehan adalah forum konsultasi dan dialog antara kelompok KTNAdengan pemerintah ditingkatnya yang menghasilkan kesepakatan-kesepakatan untuk memecahkan masalah yang dihadapi bersama.
BAB IINAMA, WAKTU DAN KEDUDUKAN
 Pasal 2 NamaOrganisasi ini bernama kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan disingkat Kelompok KTNAPasal 3WaktuKelompok KTNA didirikan pada tanggal 12 September 1971 di Cihea, Jawa barat, diformalkan pada Rembug Peripurna di Cipanas tanggal 5 Juni 2000, dilegalkan dengan Akta Notaris Titiek Irawati S, SH dengan Nomor Akte : 54 tanggal 25 Agustus 2006 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. pasal 4KedudukanPusat Organisasi berkedudukan di Ibu Kota Negara Republik Indonesia
BAB IIIDASAR, AZAS DAN TUJUAN
 Pasal 5Dasar Kelompok KTNA berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945Pasal 6Azas1.
 
Dalam pembinaan keanggotaan berazaskan pada peningakatan keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan Ynag Maha Esa2.
 
Dalam mengembangkan usaha dan melaksanakan program Organisasi berazaskan pada semangat pengabdian untuk mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa, khususnya petani nelayanPasal 7Tujuan1.
 
Mengembangkan Profesionalisme petani nelayan2.
 
Membangun rasa tanggungjawab, kesetiakawanan dan keadilan social3.
 
Menumbuh-kembangkan dan melestarikan nilai-nilai perjuangan kTNA dalammengentaskan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.
 
4.
 
Membangun watak petani nelayan yang beretos kerja tinggim berdisiplin, produktif, berkualitas, hemat dan mandiri, serta berperilaku mulia dalam kehidupan.
BAB IVKEDAULATAN
 Pasal 8Kedaulatan TertinggiKedaulatan Tertinggi berada pada anggota dalam Rembug Paripurna disetiap tingkatan
BAB VFUNGSI
 Pasal 91.
 
Menyalurkan aspirasi masyarakat petani nelayan kepada lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif, serta pihak lainnya untuk kemajuan di bidang pertanian, perikanandan kehutanan.2.
 
Mengkomunikasikan kebijakan dan informasi edukasi dibidang pertanian, perikanandan kehutanan.3.
 
Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani nelayan untuk menerapkanteknologi tepat guna dan modern dari produksi sampai pemasaran denganmemperhatikan pelestarian dan peningkatan mutu lingkungan.
BAB VIKODE ETIK 
 Pasal 101.
 
Setiap anggota mengembangkan solidaritas, memegang teguh moralkeagamaan, menghormati hukum dan nilai-nilai luhur budaya bangsa.2.
 
Setiap anggota wajib menjaga kehormatan organisasi dengan memegang teguh AnggaranDasar, Anggaran rumah Tangga dan produk-produk hukum organisasi.
BAB VIIKEANGGOTAAN
 Pasal 111.
 
Anggota Kelompok KTNA terdiri dari anggota utama, anggota biasa dananggota kehormatan2.
 
Anggota utama adalah pengurus kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan sesuai jenjangnya3.
 
Anggota biasa adalah petani nelayan yang tergabung dalam kelompok Tani Nelyandi tingkat Desa/kelurahan.4.
 
Anggota kehormatan adalah pemerhati dan berjasa dalam mengembangkanorganisasi kelompok KTNA dan pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.
BAB VIII

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->