Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Bk

Laporan Bk

Ratings: (0)|Views: 127|Likes:
Published by ahmadwildan_aw_aw

More info:

Published by: ahmadwildan_aw_aw on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/27/2014

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang
Pendukung utama tercapainya pembangunan generasi Indonesia yang bermutu yaitu pendidikan yang bermutu, tidak hanya menyangkut aspek akademis, tetapi juga menyangkutaspek perkembangan pribadi social, kematangan intelektual dan system nilai. Karena itu pendidikan harus seimbang, yang mampu mengantarkan peserta didik pada pencapaianstandar kemampuan professiaonal dan akademis serta kemampuan mengembangkan diri yagsehat dan produktif. Di sekolah, peserta didik belum mampu mengaktualisasikan semua potensi yang dimiliki sehingga dihadirkan layanan BK yang tidak hanya mengatasi masalahsiswa/siswi yang bermasalah saja, melainkan lebih pada optimalisasi potensi, sehinggamereka mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal.Untuk mengetahui sejauh mana pihak sekolah memberikan pelayanan Bimbingan danKonseling kepada para peserta didik, maka kami mengadakan observasi di SMK Negeri 2Malang sebagai tempat observasi. Dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2013. Padakesempatan ini wawancara kepada guru BK yang saat itu tidak semuanya hadir. Dalamlaporan hasil observasi ini, laporan merupakan apa adanya sesuai hasil observasi layananBimbingan dan Konseling yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Malang.
B.
 
Tujuan
Dalam observasi layanan Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 2 Malang, adapuntujuan yang hendak didapat, yaitu:1.
 
Mengethui jumlah guru BK dan jumlah seluruh siswa SMK Negeri 2 Malang.2.
 
Mengetahui program layanan yang diterapkan di SMK Negeri 2 Malang.3.
 
Mengetahui pihak-pihak yang berkolaborasi dengan guru BK di SMK Negeri 2Malang.4.
 
Mengetahui hambatan-hambatan yang dialami guru-guru BK SMK Negeri 2 Malang.5.
 
Mengetahui target-target yang dilakukan oleh guru BK di SMK Negeri 2 Malang.
 
PEMBAHASANA.
 
Pemaparan Bimbingan dan Konseling
BK merupakan unit yang seharusnya ada di setiap lembaga pendidikan mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi. Karena upaya mengantarkan peserta didik menjadi manusiaseutuhnya tidak cukup hanya ditangani guru atau orang tua saja tetapi membutuhkan peran dari berbagai pihak.
B.
 
Kondisi Obyektif Sekolah
1.
 
Ruang BK 
Sekolah ini memiliki ruang BK yang berada tepat di tengah-tengah sekolah, dikelilingi kelas-kelas. Ruang BK di SMK Negeri 2 Malang cukup besar, ruangantersebut terdiri dari beberapa ruang, diantaranya ruang konseling, ruang tamu,ruang konselor atau guru BK, dan ruang data atu ruang buku. Ruangan BK yangcukup besar serta jumlah ruangan yang mendekati sesuai aturan tersebutmerupakan salah satu faktor pelengkap BK di SMK Negeri 2 Malang. Namunterdapat kekurangan pada ruang BK tersebut yaitu, penataan letak ruang BK, dan penataan ruangan didalam ruang BK kurang rapi.
2.
 
Jumlah Guru BK SMK Negeri 2 Malang 
Terdapat delapan orang guru BK yang ada di SMK Negeri 2 Malang. Daridelapan guru BK tersebut empat diantaranya sudah menjadi PNS sedangkan yanglainnya masih GTT. Tidak ada pembagian dalam menangani atau memegangkendali kelas X, XI, dan XII, tetapi guru BK di SMK Negeri 2 Malang saling bekerjasama dalam menangani kelas X, XI, dan XII untuk memberikan pelayanankonseling.
3.
 
Jumlah Siswa SMK Negeri 2 Malang 
SMK Negeri 2 Malang merupakan sekolah kejuruan yang memiliki jumlah siswakurang lebihnya 2350 siswa, dan memiliki 57 kelas. Masing-masing kelasterdapat 19 siswa, dan mayoritas siswa di SMK Negeri 2 Malang adalah perempuan, hal ini dikarenakan jumlah jurusan di SMK Negeri 2 Malang lebih banyak yang di tujukan atau lebih berpotensi untuk perempuan.
 
C.
 
Pelayanan BK di SMK Negeri 2 Malang
Layanan bimbingan konseling di SMK Negeri 2 Malang di lakukan dengan memberikanlayanan bimbingan individu dan bimbingan kelompok. Untuk layanan bmbingan kelompok dilakukan atau diberikan di dalam kelas, dan konselor diberikan waktu 1 jam pelajaran ( 45menit ) oleh pihak sekolah, dan dilakukan seminggu sekali pada setiap kelas. Untuk  bimbingan kelompok yang dilakukan di luar jam itu, biasanya dilakukan di luar jam pelajaranyang tidak mengganggu. Hal itu biasanya dilakukan apabila ada sesuatu atau hal baru yangingin diterapkan, misalnya sekarang lagi gencarnya adiwiyata dan konselor inginmelancarkan hal tersebut dengan mencari siapa yang membung sampah sembarangan akandilakukan bimbingan kelompok.Yang sering, konselor bekerjasama dengan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian diSMK Negeri 2 Malang untuk melakukan bimbingan kelompok di luar jam pelajaran, hal inisangat membantu konselor yang ada di SMK Negeri 2 Malang. Karena siswa-siswi disekolah tersebut melakukan praktek,ada yang membuat alat, ataupun produk, dan masih banyak yang lainnya. Sedangkan untuk layanan bimbingan individu konselor bisa memanggilsiswa untuk datang ke ruang atau kantor BK sewaktu-waktu, baik siswa yang bermasalahmaupun yang tidak bermasalah yang menurut konselor perlu untuk diberi bimbingan.Untuk kelas 10 dan 11 banyak siswa yang bermasalah yang harus diberi bimbingan daripadayang tidak bermasalah, misalnya ada siswa yang membolos sekolah, dating terlambat, dnlain-lain. Sedangkan untuk kelas 12, lebih banyak siswa yang tidak bermasalah daripadayang bermsalah yang harus diberi bimbingan. Hal ini karena siswa kelas 12 sudah mulaimemikirkan karir mereka selanjutnya dan kesadaran diri sendiri untuk datang ke kntor BK untuk meminta bimbingan/ konsultasi kepada konselor.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->