Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Kewirausahaan dalam Bidang Jasa Pendidikan

Makalah Kewirausahaan dalam Bidang Jasa Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 461 |Likes:
Makalah ini ditujukan kepada masyarakat luas agar tidak memandang sebelah mata terhadap seorang wirausahawan.
Makalah ini ditujukan kepada masyarakat luas agar tidak memandang sebelah mata terhadap seorang wirausahawan.

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Siska Oktarina 'sisbob' on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Semakin maju suatu negara semakin banyak orang yang terdidik, dan banyak pulaorang yang menganggur, maka semakin dirasakan pula pentingnya duniawirausaha. Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawanyang dapat membuka lapangan kerja karena ksemampuan pemerintah sangatterbatas.Wirausaha itu sendiri adalah proses menciptakan suatu nilai yang berbeda denganmencurahkan waktu dan upaya yang diperlukan, memikul resiko-resiko finansial, psikis dan sosial yang menyertai, serta menerima penghargaan atau imbalanmoneter dan kepuasan pribadi.Rakyat Indonesia yang sebagian besar beragama islam lupa, tidak banyak mengetahui akan ajaran islam tentang pekerjaan di bidang bisnis. PernahRasulullah SAW ditanya oleh para sahabat, Pekerjaan apakah yang paling baik yaRasulullah? Rasulullah SAW menjawab, seseorang bekerja dengan tangannyasendiri dan setiap jual beli yang bersih (HR.Al-Bazzar). Jual beli yang bersih berarti sebagian dari kegiatan profesi bisnis. Selain itu para ulama telah sepakatmengenai kebaikan pekerjaan dagang (jual beli), sebagai perkara yang telahdipraktikkan sejak zaman nabi hingga masa kini. Dalam hadist lain RasulullahSAW bersabda, Pedagang yang jujur lagi terpercaya adalah bersama-sama para Nabi, orang shadiqin, dan para syuhada.(HR. Tirmidzi dan Hakim).Oleh sebab itu, wirausaha merupakan potensi pembangunan baik dalam jumlahmaupun dalam mutu wirausaha itu sendiri.
 
Di dalam mata kuliah perkuliahan ini kami penulis akan meneliti suatu usahayang bergerak dalam bidang pendidikan yaitu bimbingan belajar. Menurut L DCrow dan A Crow, Bimbingan belajar merupakan suatu bantuan yang dapatdiberikan oleh seseorang yang telah terdidik pada orang lain yang mana usianyatidak ditentukan untuk dapat menjalani kegiatan dalam hidupnya.
1.2. Tujuan Diadakan Penelitian
Tujuan diadakan penelitian adalah sebagai berikut.1. Menjadi wirausaha sebagai alternatif bisnis di masa yang akan datang.2. Dapat mengetahui seluk-beluk berwirausaha di dalam bidang pendidikan.3. Dapat menumbuhkan jiwa pebisnis bagi penulis dan pembaca.4. Dapat mengetahui skill-skill apa saja yang diperlukan dalam berwirausahadi bidang pendidikan.
 
BAB II
 
LANDASAN TEORI
2.1. Kewirausahaan2.1.1. Pengertian Kewirausahaan
Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha adalah perbuatan amal, bekerja, dan berbuatsesuatu. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuatsesuatu,mengorganisir,mengelola dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha baru dan peluang berusaha. Orang yang melakukankegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan. Namun, pengertian kewirausahaan menurut para ahli adalah sbagai berikut.
Menurut Arif F. Hadipranata
, wirausaha adalah sosok pengambil risikoyang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerimakeuntungan financial ataupun non uang. Kathleen mengemukakan bahwawirausaha adalah orang yang mengatur, menjalankan, dan menanggungrisiko bagi pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya dalam dunia usaha.
Acmad Sanusi, 1994
 Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yangdijadikan dasar sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses,dan hasil bisnis.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->