Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
64Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RESTRUKTURISASI PERUSAHAAN

RESTRUKTURISASI PERUSAHAAN

Ratings:

4.8

(5)
|Views: 5,772 |Likes:
Published by lia catur

More info:

Published by: lia catur on Apr 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2013

pdf

text

original

 
MERGER SEBAGAI SARANA RESTRUKTURISASIPADA PERUSAHAAN PUBLIK A. PENDAHULUAN
Pembangunan dalam bidang ekonomi merupakan penggerak utama pembangunan,namun pembangunan ekonomi ini harus disertai upaya saling memperkuat, terkait sertaterpadu dengan pembangunan bidang lainya, dan dalam bidang ekonomi Perusahaanadalah sebagai salah satu pelaksana kegiatan perekonomian.Menghadapi persaingan yang semakin ketat dan iklim usaha yang saat ini kurangmendukung, membuat beberapa perusahaan menjadi semakin berusaha keras agar tetapeksis. Berbagai usaha tersebut dapat dilaksanakan sesuai dengan berbagai kepentinganyang akan dicapai. Pengambilan keputusan perlu mempertimbangkan berbagaikepentingan dengan titik berat pada kepentingan umum, pihak ketiga yang beritikad baik,serta kepentingan-kepentingan lain yang dimungkinkan.Manakala perusahaan sedang berada pada masa yang sulit atau kritis, maka salahsatu hal yang perlu dipertimbangkan bahkan dilakukan dengan cepat adalah merger dalam rangka menyelamatkan perusahaan yang kritis tersebut. Jadi kalau kita telaah suatu perusahaan akan melakukan merger atau penggabungan faktor yang lebih dominantadalah faktor ekonomi dan managerialMerger atau pengabungan perusahaan apabila ditinjau dari segi hukum adalah bagaimana perangkat hukum yang ada tersebut digunakan untuk mempunyai ataumemberikan perlindungan kepada para pihak-pihak yang melakukan penggabungan itusendiri.
 
B. PERUMUSAN MASALAH
Dari uraian latar belakang di atas, penulis mengemukakan permasalahan sebagai berikut “Apa Keuntungan dan Aspek-aspek hukum apa saja yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan Merger Sebagai Sarana Restrukturisasi Perusahaan?”
C. PEMBAHASAN1. Pengertian Merger
Merger sebagai salah satu pilihan atau sarana dalam melaksanakanrestrukturisasi perusahaan pada dasarnya memiliki pengertian atau batasan.Pengertian atau batasan merger itu sendiri terdapat di dalam literatur-literatur asingdan terdapat pula di dalam berbagai ketentuan Peraturan Perundang-undanganIndonesia yang masih berlaku saat ini.Merger merupakan salah satu pilihan yang sangat baik bahkan jika perlu harusdilaksanakan hal ini diambil atas dasar pertimbangan dan perhatian serta mencapaitujuan ekonomi dan managerial.Istilah merger sudah dikenal seantero dunia. Di negara-negara asing terutamadi negara-negara Anglo Saxon istilah merger adalah bentuk bangunan kerjasama,sedangkan di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1998 dikenal denganistilah penggabungan untuk merger. Menurut ketentuan Pasal 1 angka 1 PP Nomor 27Tahun 1998 pengertian penggabungan perusahaan adalah :“Penggabungan adalah perbuatan hukum yang dilakukan oleh suatu Perseroanatau lebih untuk menggabungkan diri dengan Perseroan lainnya yang telahada dan selanjutnya Perseroan yang menggabungkan dirinya menjadi bubar”.
 
Merger menurut definisi yang diberikan dalam Encyclopedia of Banking andFinance adalah :
a combination of two or more corporations, where the dominant unit absorbs the passive unit, the former continuing operations usually under the samename.
 Rudhio Prasetyo yang mensitir bukunya Essol R. Dillavou dan Charles G.Howard yang berjudul principles of business law memberikan gambaran, merger itusebagai : Merger adalah suatu bentuk partnership dalam business organizations, yangmerupakan salah satu bentuk kerjasama yang lain misalnya trust.
)
SelanjutnyaDillavou sendiri memberikan definisi tentang merger sebagai berikut :
 In an merger however one of the coperations, continues it’s existence, but absorbs, the continuing corporation may ex prossly or impliodly assume and agree to pay the debt and liabilities of absorved corporation …………
Definisi lain dari merger diberikan oleh Van de Grinten adalah sebagai berikut: Fusi/merger adalah berleburnya/bersatunya beberapa perusahaan sehingga darisudut ekonomi merupakan suatu kesatuan.Black Hendry Campell, dalam Black Laws Dictionary sebagaimana disitir oleh Munif Fuady dalam Buku Hukum tentang Merger memberikan definisi merger adalah :Merger adalah sebagai suatu fusi atau absorpsi dari suatu benda atauhak kepada benda atau hak lainnya. Secara umum dapat dikatakan, bahwadalam hal ini fusi atau absorpsi tersebut dilakukan suatu subyek yang kurang penting dengan subyek lain yang lebih penting. Subyek yang kurang pentingtersebut kemudian membubarkan diri.Berdasarkan beberapa pengertian tentang fusi/merger yang telah dipaparkandi atas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksudkan dengan merger 

Activity (64)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
M Napa Aqilla liked this
Yahda Novan liked this
Asfar Syarif liked this
Zalfa' Raniah liked this
Nindi Darifki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->