Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Uu No 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian

Uu No 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian

Ratings: (0)|Views: 231|Likes:
Published by hendriksyuhada
BLOG
BLOG

More info:

Published by: hendriksyuhada on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/23/2013

pdf

text

original

 
 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 6 TAHUN 2011 TENTANGKEIMIGRASIANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a.
 
bahwa Keimigrasian merupakan bagian dariperwujudan pelaksanaan penegakan kedaulatan atasWilayah Indonesia dalam rangka menjaga ketertibankehidupan berbangsa dan bernegara menujumasyarakat yang adil dan makmur berdasarkanPancasila dan Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;b.
 
bahwa perkembangan global dewasa ini mendorongmeningkatnya mobilitas penduduk dunia yangmenimbulkan berbagai dampak, baik yangmenguntungkan maupun yang merugikan kepentingandan kehidupan bangsa dan negara Republik Indonesia,sehingga diperlukan peraturan perundang-undangan yang menjamin kepastian hukum yang sejalan denganpenghormatan, pelindungan, dan pemajuan hak asasimanusia;c.
 
bahwa Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1992 tentangKeimigrasian sudah tidak memadai lagi untukmemenuhi berbagai perkembangan kebutuhanpengaturan, pelayanan, dan pengawasan di bidangKeimigrasian sehingga perlu dicabut dan digantidengan undang-undang baru yang lebih komprehensif serta mampu menjawab tantangan yang ada;d.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c perlumembentuk Undang-Undang tentang Keimigrasian;Mengingat : Pasal 5 ayat (1), Pasal 20, Pasal 26 ayat (2), dan Pasal 28Eayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;Dengan . . .
 
 - 2 -
 
Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG KEIMIGRASIAN.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Keimigrasian adalah hal ihwal lalu lintas orang yangmasuk atau keluar Wilayah Indonesia sertapengawasannya dalam rangka menjaga tegaknyakedaulatan negara.2.
 
Wilayah Negara Republik Indonesia yang selanjutnyadisebut Wilayah Indonesia adalah seluruh wilayahIndonesia serta zona tertentu yang ditetapkanberdasarkan undang-undang.3.
 
Fungsi Keimigrasian adalah bagian dari urusanpemerintahan negara dalam memberikan pelayananKeimigrasian, penegakan hukum, keamanan negara,dan fasilitator pembangunan kesejahteraanmasyarakat.4.
 
Menteri adalah menteri yang menyelenggarakanurusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasimanusia.5.
 
Direktur Jenderal adalah Direktur Jenderal Imigrasi.
 
6.
 
Direktorat Jenderal Imigrasi adalah unsur pelaksanatugas dan fungsi Kementerian Hukum dan Hak AsasiManusia di bidang Keimigrasian.7.
 
Pejabat Imigrasi adalah pegawai yang telah melaluipendidikan khusus Keimigrasian dan memilikikeahlian teknis Keimigrasian serta memilikiwewenang untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab berdasarkan Undang-Undang ini.8. Penyidik . . .
 
 - 3 -
 
8.
 
Penyidik Pegawai Negeri Sipil Keimigrasian yangselanjutnya disebut dengan PPNS Keimigrasianadalah Pejabat Imigrasi yang diberi wewenang olehundang-undang untuk melakukan penyidikan tindakpidana Keimigrasian
.
9.
 
Orang Asing adalah orang yang bukan warga negaraIndonesia.10.
 
Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian adalahsistem teknologi informasi dan komunikasi yangdigunakan untuk mengumpulkan, mengolah danmenyajikan informasi guna mendukung operasional,manajemen, dan pengambilan keputusan dalammelaksanakan Fungsi Keimigrasian.11.
 
Kantor Imigrasi adalah unit pelaksana teknis yangmenjalankan Fungsi Keimigrasian di daerahkabupaten, kota, atau kecamatan.12.
 
 Tempat Pemeriksaan Imigrasi adalah tempatpemeriksaan di pelabuhan laut, bandar udara, poslintas batas, atau tempat lain sebagai tempat masukdan keluar Wilayah Indonesia.13.
 
Dokumen Perjalanan adalah dokumen resmi yangdikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatunegara, Perserikatan Bangsa-Bangsa, atau organisasiinternasional lainnya untuk melakukan perjalananantarnegara yang memuat identitas pemegangnya.14.
 
Dokumen Keimigrasian adalah Dokumen PerjalananRepublik Indonesia, dan Izin Tinggal yangdikeluarkan oleh Pejabat Imigrasi atau pejabat dinasluar negeri.15.
 
Dokumen Perjalanan Republik Indonesia adalahPaspor Republik Indonesia dan Surat PerjalananLaksana Paspor Republik Indonesia.16.
 
Paspor Republik Indonesia yang selanjutnya disebutPaspor adalah dokumen yang dikeluarkan olehPemerintah Republik Indonesia kepada warga negaraIndonesia untuk melakukan perjalanan antarnegara yang berlaku selama jangka waktu tertentu.17. Surat . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->