Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Uu No 7 Tahun 2012 Tentang Penanganan Konflik Sosial

Uu No 7 Tahun 2012 Tentang Penanganan Konflik Sosial

Ratings: (0)|Views: 112 |Likes:
Published by hendriksyuhada
BLOG
BLOG

More info:

Published by: hendriksyuhada on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/18/2013

pdf

text

original

 
 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 7 TAHUN 2012 TENTANGPENANGANAN KONFLIK SOSIAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang: a.
 
bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia melindungisegenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darahIndonesia, memajukan kesejahteraan umum, danmenegakkan hak asasi setiap warga negara melaluiupaya penciptaan suasana yang aman, tenteram, tertib,damai, dan sejahtera, baik lahir maupun batin sebagaiwujud hak setiap orang atas pelindungan agama, diripribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan hartabenda;b.
 
bahwa perseteruan dan/atau benturan antarkelompokmasyarakat dapat menimbulkan konflik sosial yangmengakibatkan terganggunya stabilitas nasional danterhambatnya pembangunan nasional;c.
 
bahwa ketentuan peraturan perundang-undangan yangberkaitan dengan penanganan konflik sosial masihbersifat parsial dan belum komprehensif sesuai dengandinamika dan kebutuhan hukum masyarakat;d.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud pada huruf a, huruf b, dan huruf c, perlumembentuk Undang-Undang tentang PenangananKonflik Sosial;Mengingat: Pasal 18B ayat (2), Pasal 20, Pasal 21, Pasal 28G ayat (1),dan Pasal 28J Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;Dengan . . .
 
 - 2 -Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN:Menetapkan: UNDANG-UNDANG TENTANG PENANGANAN KONFLIKSOSIAL.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Konflik Sosial, yang selanjutnya disebut Konflik,adalah perseteruan dan/atau benturan fisik dengankekerasan antara dua kelompok masyarakat ataulebih yang berlangsung dalam waktu tertentu danberdampak luas yang mengakibatkan ketidakamanandan disintegrasi sosial sehingga mengganggustabilitas nasional dan menghambat pembangunannasional.2.
 
Penanganan Konflik adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencanadalam situasi dan peristiwa baik sebelum, pada saat,maupun sesudah terjadi Konflik yang mencakuppencegahan konflik, penghentian konflik, danpemulihan pascakonflik.3.
 
Pencegahan Konflik adalah serangkaian kegiatan yangdilakukan untuk mencegah terjadinya Konflik dengan peningkatan kapasitas kelembagaan dan sistemperingatan dini.4.
 
Penghentian Konflik adalah serangkaian kegiatanuntuk mengakhiri kekerasan, menyelamatkan korban,membatasi perluasan dan eskalasi Konflik, sertamencegah bertambahnya jumlah korban dan kerugianharta benda.5. Pemulihan . . .
 
 - 3 -5.
 
Pemulihan Pascakonflik adalah serangkaian kegiatanuntuk mengembalikan keadaan dan memperbaikihubungan yang tidak harmonis dalam masyarakatakibat Konflik melalui kegiatan rekonsiliasi,rehabilitasi, dan rekonstruksi.6.
 
Pengungsi adalah orang atau kelompok orang yangterpaksa keluar dan/atau dipaksa keluar oleh pihaktertentu, melarikan diri, atau meninggalkan tempattinggal dan harta benda mereka dalam jangka waktu yang belum pasti sebagai akibat dari adanyaintimidasi terhadap keselamatan jiwa dan hartabenda, keamanan bekerja, dan kegiatan kehidupanlainnya.7.
 
Status Keadaan Konflik adalah suatu status yangditetapkan oleh pejabat yang berwenang tentangKonflik yang terjadi di daerah kabupaten/kota,provinsi, atau nasional yang tidak dapat diselesaikandengan cara biasa.8.
 
Satuan Tugas Penyelesaian Konflik Sosial adalahlembaga bersifat
ad hoc 
yang dibentuk untukmenyelesaikan Konflik di luar pengadilan melaluimusyawarah untuk mufakat.9.
 
Pemerintah adalah Presiden Republik Indonesia yangmemegang kekuasaan Pemerintahan Negara RepublikIndonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945.10.
 
Dewan Perwakilan Rakyat, yang selanjutnya disingkatDPR, adalah Dewan Perwakilan Rakyat sebagaimanadimaksud dalam Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945.11.
 
Pemerintah Daerah adalah gubernur, bupati, atauwali kota, dan perangkat daerah sebagai unsurpenyelenggara pemerintahan daerah.12.
 
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, yang selanjutnyadisingkat DPRD, adalah lembaga perwakilan rakyatdaerah sebagai unsur penyelenggara pemerintahandaerah.13. Tentara . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->