Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
45Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PISCES!

PISCES!

Ratings:

5.0

(9)
|Views: 6,437 |Likes:
Published by Tri Yos
Hasil penelitian terhadap kelompok pisces
Hasil penelitian terhadap kelompok pisces

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Tri Yos on Apr 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2013

pdf

text

original

 
I. TOPIK :PISCES [KELAS DSEICHTYES]II.TUJUAN
: Untuk menyelidiki bentuk morfologi dan cinatomi hewan yangtermasuk (kelas dseteichtyes).
III.DASAR TEORI
Pisces adalah sebutan umum yang dipakai untuk ikan atau sebagai namasuperklas. Pada umumnya yang dimaksud ikan adalah ikan-ikan yang termasuk kelas dsteichtyes. Tubuhnya berskeleton tulang keras, terbungkus oleh kulit yang bersisik, berbentuk seperti torpedo, berenang dengan sirip, bernapas denganinsang. Bermacam-macam spesies hidup dalam air tawar atau bergaram (air laut).Ikan sebagai salah satu objek olahraga atau rekreasi yaitu memncing.
CIRI-CIRI KHUSUS
1.Kulit banyak mengandung kelejar mocusa, biasanya diliputi oleh sisik (sisik ganoid, cycloid, atau stenoid). Beberapa spesies tidak bersisik-bersirip padamedia baik bersal maupun ventral dan pada sebelah menyebelah tubuh itudengan beberapa perkecualian. Sirip biasanya disokong oleh jari duri tulangrawan atau keras, tidak berkaki.2.Mulut terletak diujung dan bergigi rahang tumbuh denagnbaik dan bersendi pada tulang tempurung kepala. Mempunyai dua sarci olfactorius yangumumnya berhubungan dengan rongga mulut bermata besar yang tidak mempunyai kelopak mata.3.Skeleton berupa tulang keras, kecuali beberapa jenis, yang sebagian bertulangrawan. Bentuk veterbrata bermacam-macam, pinnae caudalis biasanyahomocercal. Sisa-sisa notocord masing-masing tampak.4.Cor terdiri atas dua ruangan (auriciuim dan veutrikulum) dengan sinus venosusdan conus arteriosus yang berisi darah vena. Terdapat empat pasang archusaortichus. Sel darah merah berbentuk oval dan berinti.5.pernpasan dilakukan dengan beberapa pasang insang yang terletak pada archus branchius yang berada dalam ruangan celah insang pada kedua tepi samping dari pharyax. Tertutup oleh opecukulm. Biasanya memiliki versica pneumatica(gelembung udara) dan memiliki ductus pneumatiscus. Beberapa jenis ikanmempunyai bentuk seperti paru-paru. Misalnya diphnoi.6.Terdapat 10 pasang nervi cranialis.7.Suhu tubuh bergantung pada lingkungan sekitarnya.8.Memiliki sepasang gonad, umumnya ovipar (beberapa ada yang ovovivipar atauvivipar). Fertilisasi terjadi diluar tubuh. Telur kecil berukuran sampai 12 mm.Kandungan kuning telurnya bermacam-macam. Segmentasi biasanya secarameroblastik tidak mempunyai membran embrio. Hewan mudanya kadang-kadang tidak mirip dengan yang dewasa.
 
IV.ALAT dan BAHANV. PROSEDUR KERJA
I. Menuliskan sistematika biologi dari ikan mas (Cyprinus carpid).II.Inspectid1.Memperhatikan caput : rima oms, fovea nasalis, organon visus, serta apparatusdengan bagian-bagiannya.2.Pada truncusa.Melihat susunan Pinnae (sepasang dan tunggal) dan sifat radial yang bercabang dan tidak bercabang (kegunaan penyelidikan). b.Memperhatikan letak (mana bagaian cavdal dan cranial) bentuk (ada beberapa macam tipe), serta sifat-sifat lain dari squama (sisik).c.Memperhattiakan sampai mana perluasan linea lateralis.d.Memperhatikan epidermisnya.e.Memperhatikan anus dan papila vrogenitalis (adalah cloca disni).f.Memperhatikan cauda dan tipenya (heterocercal, homocercal ataudiphycercal).
III.Sectio
Ikan dipegang dengan tangan kiri pada punggungnya, lalu diseksi dengan arahlongitudinal dari sebelah kanial anus (agar tahu muara dari anus dan papilavrogenitalis) sampai di ventral apparatus opercularis. Seksi dilanjutkan kedorsalmulai dari ujung pangkal pemotongan longitudinal. kemudian difiksaksi dengandua jarum, satu dipinggang dansatu didinding sebelah badan sebelah ventral.Bagian dinding badan yang dibuka dipegang dengan pinset. Alat-alat vistceralyang masih melekat di dinding itu dilepaskan secara hati-hati dengan scalpel.Perhatikan peritorium pada waktu melepaskan pada bagian ini. Costae padadinding ini dapat dipotong hingga dinding dapat dibuka, bila perlu difiksasidengan satu jarum lagi. Perhatiakan macam costae-nya.
IV.Situs Visterum
Menggambar topografi dari semua alat-alat dalam sehingga tertulis tiap-tiapalat. Kalau ada yang saling menutupi, sisihkan bagian yang menutupi dengantidak merusakkan bagaian tersebut. Menggambarkan bagian tersebut secarasistematis. No.AlatJumlah1.2.3.4.Pisau KecilBak LilinGabus pinset, gunting1 buah1 buah1 buah1 buah No.BahanJumlah1.2.Ikan yang masihhidup.Formalin 70%1 ekor Secukupnya
 
VI.H ASIL P ENGAMATAN1.Inspectio2.Anatomi1.)Situs Viscerum2.)Cauda

Activity (45)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Zhia Hafdziah liked this
adambitor1713 liked this
Fitri Ajaah liked this
Fitri Ajaah liked this
Suma Budoeh liked this
Kiky Siregar liked this
Elsa Monica liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->