Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
548Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pencemaran air

Pencemaran air

Ratings:

4.57

(7)
|Views: 95,415 |Likes:
Published by Tri Yos
Tulisan tentang pencemran air
Tulisan tentang pencemran air

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Tri Yos on Apr 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2013

pdf

text

original

 
Pencemaran air
Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Walaupun fenomenaalam seperti gunung berapi, badai, gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran. Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi. Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak  parah terhadap seluruh ekosistem. Industri membuang berbagai macam polutan ke dalamair limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik,yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.
1.Pengertian Air bersih
Air bersih itu pengertiannya air yang memenuhi persyaratan untuk pengairan sawah,untuk treatment air minum dan untuk treatmen air sanitasi. Persyaratan disini ditinjau dari persyaratan kandungan kimia, fisika dan biologis.Pengertian Air Persih:1.
Secara Umum
: Air yang aman dan sehat yang bisa dikonsumsi manusia.2
. Secara Fisik 
: Tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa.3.
Secara Kimia
:a.PH netral (bukan asam/basa) b.Tidak mengandung racun dan logam berat berbahaya.c.Parameter-parameter seperti BOD, COD,DO, TS,TSS dan konductiviti memenuhiaturan pemerintah setempat.
 
2.Parameter Kualitas Air
Kesadahan (Hardness
)Kesadahan merupakan petunjuk kemampuan air untuk membentuk busa apabiladicampur dengan sabun. Pada air berkesadahan rendah, air akan dapat membentuk busaapabila dicampur dengan sabun, sedangkan pada air berkesadahan tinggi tidak akanterbentuk busa. Kesadahan sangat penting artinya bagi para akuaris karena kesadahanmerupakan salah satu petunjuk kualitas air yang diperlukan bagi ikan. Tidak semua ikandapat hidup pada nilai kesadahan yang sama. Dengan kata lain, setiap jenis ikanmemerlukan prasarat nilai kesadahan pada selang tertentu untuk hidupnya. Disampingitu, kesadahan juga merupakan petunjuk yang penting dalam hubungannya dengan usahauntuk memanipulasi nilai pH.Secara lebih rinci kesadahan dibagi dalam dua tipe, yaitu: (1) kesadahan umum (”generalhardness” atau GH) dan (2) kesadahan karbonat (”carbonate hardness” atau KH).Disamping dua tipe kesadahan tersebut, dikenal pula tipe kesadahan yang lain yaitu yangdisebut sebagai kesadahan total atau total hardness. Kesadahan total merupakan penjumlahan dari GH dan KH.Penggunaan paramater kesadahan total sering sekali membingungkan, oleh karena itu,sebaiknya penggunaan parameter ini dihindarkan.GHKesadahan umum atau “General Hardness” merupakan ukuran yang menunjukkan jumlah ion kalsium (Ca++) dan ion magnesium (Mg++) dalam air. Ion-ion lainsebenarnya ikut pula mempengaruhi nilai GH, akan tetapi pengaruhnya diketahui sangatkecil dan relatif sulit diukur sehingga diabaikan.GH pada umumnya dinyatakan dalam satuan ppm (part per million/ satu persejuta bagian) kalsium karbonat (CaCO3), tingkat kekerasan (dH), atau dengan menggunakankonsentrasi molar CaCO3. Satu satuan kesadahan Jerman atau dH sama dengan 10 mgCaO (kalsium oksida) per liter air. Di Amerika, kesadahan pada umumnya menggunakansatuan ppm CaCO3, dengan demikian satu satuan Jerman (dH) dapat diekspresikansebagai 17.8 ppm CacO3. Sedangkan satuan konsentrasi molar dari 1 mili ekuivalen =2.8 dH = 50 ppm. Perlu diperhatikan bahwa kebanyakan teskit pengukur kesadahanmenggunakan satuan CaCO3. Untuk lebih jelasnya bacalah petunjuk pembacaan padateskit yang anda miliki untuk mengetahui dengan pasti satuan pengukuran yangdigunakan, untuk menghindari terjadinya kesalahan pembacaan.Berikut adalah kriteria selang kesadahan yang biasa dipakai:0 - 4 dH, 0 - 70 ppm : sangat rendah (sangat lunak)4 - 8 dH, 70 - 140 ppm : rendah (lunak)8 - 12 dH, 140 - 210 ppm : sedang12 - 18 dH, 210 - 320 ppm : agak tinggi (agak keras)18 - 30 dH, 320 - 530 ppm : tinggi (keras)
 
Dalam kaitannya dengan proses biologi, GH lebih penting peranananya dibandingkandengan KH ataupun kesadahan total Apabila ikan atau tanaman dikatakan memerlukanair dengan kesadahan tinggi (keras) atau rendah (lunak), hal ini pada dasarnya mengacukepada GH. Ketidaksesuaian GH akan mempengaruhi transfer hara/gizi dan hasil sekresimelalui membran dan dapat mempengaruhi kesuburan, fungsi organ dalam (sepertiginjal), dan pertumbuhan. Setiap jenis ikan memerlukan kisaran kesadahan (GH)tertentu untuk hidupnya. Pada umumnya, hampir semua jenis ikan dan tanaman dapat beradaptasi dengan kondisi GH lokal, meskipun demikian, tidak demikian halnya dengan proses pemijahan. Pemijahan bisa gagal apabila dilakukan pada nilai GH yang tidak tepat.Apabila nilai GH terlalu rendah bagi suatu jenis ikan, ia dapat dinaikan denganmenambahkan kalsium sulfat, magnesium sulfat, atau kalsium karbonat. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa penambahan garam-garam tersebut membawa dampak lainyang perlu medapat perhatian. Pemberaian garam sulfat akan memberikan tambahansulfat kedalam air, sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati. Sedangkan penambahangaram karbonat akan menyumbangkan ion karbonat kedalam air sehingga akanmenaikkan KH. Untuk mendapat kondisi yang diinginkan perlu dilakukan manipulasidengan kombinasi pemberian yang sesuai.Penurunan nilai GH dapat dilakukan dengan perlakuan-perlakuan yang mampumenghilangkan kadar kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dari dalam air.KHKesadahan karbonat atau KH merupakan besaran yang menunjukkan kandungan ion bikarbonat (HCO
3-
) dan karbonat (CO
3 – 
) di dalam air. Dalam akuarium air tawar, padakisaran pH netral, ion bikarbonat lebih dominan, sedangkan pada akuarium laut, ionkarbonat lebih berperan.KH sering disebut sebagai alkalinitas yaitu suatu ekspresi dari kemampuan air untuk mengikat kemasaman (ion-ion yang mampu mengikat H+). Oleh karena itu, dalam sistemair tawar, istilah kesadahan karbonat, pengikat kemasaman, kapasitas pem-bufferan asam,dan alkalinitas sering digunakan untuk menunjukkan hal yang sama. Dalamhubungannya dengan kemampuan air mengikat kemasaman, KH berperan sebagai agen pem-buffer-an yang berfungsi untuk menjaga kestabilan pH.KH pada umumnya sering dinyatakan sebagai derajat kekerasan dan diekspresikan dalamCaCO
3
seperti halnya GH.Kesadahan karbonat dapat diturunkan dengan merebus air yang bersangkutan, ataudengan melalukan air melewati gambut. Perlakuan perebusan air tentu saja tidak praktis,kecuali untuk akuarium ukuran kecil.

Activity (548)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred thousand reads
Shelley Lau liked this
R'naff Purba added this note
mahal gitu.........................
h_051 liked this
Dien Nur Hasanah liked this
Darma Setia added this note
OK.. very good,. INDONESIA bebas dari pencemaran air................... good good goods.......................
Fadtiey Tiey liked this
anismi88 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->