Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Pengujian Relai Be1 87g

Pengujian Relai Be1 87g

Ratings: (0)|Views: 1,605 |Likes:
Published by andtoad

More info:

Published by: andtoad on Apr 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
I.1. LATAR BELAKANG
Salah satu hal yang terpenting dalam suatu sistem tenaga listrik adalah pengamananterhadap peralatan listrik yang digunakan dari segala macam bentuk gangguan.Bagaimanapun baiknya suatu sistem, gangguan tidak bisa sama sekali dihindarkan olehkarena itu pengamanan sangatlah diperlukan. Gangguan kebanyakan merupakan hubungsingkat antar fasa atau fasa dengan tanah dan keduanya. Gangguan hubung singkatsemacam ini dapat menimbulkan arus yang besar dan dapat merusak peralatan, sehinggadiperlukan sistem proteksi untuk dapat melindungi peralatan dari gangguan-gangguanatau keadaan abnormal lainnya yang mungkin terjadi dan untuk memperkecil akibat jikaterjadi gangguan.Sistem proteksi selain harus mengamankan peralatan instalasi terhadap gangguan, juga berfungsi melokalisir gangguan. Ini berarti apabila terjadi gangguan di suatu bagianinstalasi, sistem proteksi hanya akan men
-trip
PMT yang berdekatan dengan gangguansehingga interupsi pasokan daya hanya disekitar tempat terjadinya gangguan saja (tidak meluas).Peralatan yang umumnya digunakan untuk mengamankan suatu peralatan adalah relai.Pengamanan yang dapat dilakukan oleh sebuah relai tidak hanya terhadap satu peralatansaja tetapi juga bisa terhadap beberapa peralatan contohnya pengamanan terhadapgenerator, transformator, motor listrik, saluran transmisi dan peralatan-peralatan lainnya.
 Laporan Kerja Praktek 
1
 
Gambar dibawah ini menunjukkan contoh penggunaan relai untuk mengamankan suatutransformator.
Gambar 1.1 Relai Untuk Pengaman Transformator 
Pada gambar diatas terdapat sebuah trafo yang menurunkan tegangan dari 150 kVmenjadi 20 kV. Untuk menjaga keandalan dari suatu sistem diatas maka dipasang relai-relai yang terdiri dari :Kode RelaiJenis RelaiBRelai BucholzTRelai Temperature51/51 NRelai Arus Lebih87Relai DifferensialUntuk lebih memahami peralatan proteksi khususnya relai arus lebih maka kami telahmelaksanakan kerja praktek di PT. Kaliandra Setyatama. Kerja praktek ini dilaksanakansebagai persyaratan akademik untuk Program Strata Satu (S-1) STT-PLN Jurusan Teknik Elektro. 
I.2. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan dari dilaksanakannya kerja praktek ini antara lain :
 Laporan Kerja Praktek 
2
 
1.Meningkatkan, mengembangkan dan memantapkan keterampilan yang membentuk kemampuan mahasiswa sebagai bekal memasuki dunia kerja.2.Menumbuhkan dan melatih sikap intelektual mahasiswa, dan memperluas wawasanmahasiswa dalam pengorganisasian dan pengelolaan perusahaan serta penerapan dan perkembangan teknologi yang terjadi.3.Memahami karakteristik dan cara kerja dari relai arus lebih.
I.3. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK 
Kerja Praktek ini dilaksanakan di PT. Kaliandra Setyatama yang bergerak di bidang penjualan peralatan listrik dalam sistem tenaga listrik. Kerja praktek ini dilaksanakan daritanggal 17 Maret – 17 Mei 2008.
I.4. BATASAN PENULISAN
Laporan kerja praktek ini hanya dibatasi pada sistem proteksi dengan jenis relai generator  protection yang meliputi cara kerja fungsi dan karakteristiknya.
I.5. METODA PENULISAN
Laporan ini ditulis dengan metoda Deskriptif, yaitu menggambarkan dan menguraikanhasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis, studi literatur dari berbagai buku yang berhubungan dengan relai, serta percobaan laboratorium dan diskusi dengan pembimbingkerja praktek.
 Laporan Kerja Praktek 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->