Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Laporan Korosi

Laporan Korosi

Ratings: (0)|Views: 185 |Likes:
Published by Indri Durika
Analisa sifat Korosi Baja Krbon Rendah dalam berbagai Larutan, Pengujian Retak Tegang (SCC), Simulasi Proteksi Katodik
Analisa sifat Korosi Baja Krbon Rendah dalam berbagai Larutan, Pengujian Retak Tegang (SCC), Simulasi Proteksi Katodik

More info:

Published by: Indri Durika on May 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2014

pdf

text

original

 
Praktikum Korosi dan Perlindungan Logam 
1BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Korosi adalah terjadinya proses reaksi kimia atau elektrokimia antaramaterial terutama logam dengan lingkungannya yang menyebabkan material kanmengalami degradasi dan turunnya sifat-sifat material. Dalam kehidupan sehari-hari korosi disebut juga perkaratan, contoh korosi yang paling lazim adalah perkaratan pada besi. Korosi dapat terjadi pada bangunan-bangunan maupun peralatan yang memakai komponen logam seperti seng, tembaga, besi-baja dansebagainya. Misalnya seng untuk atap dapat bocor karena termakan korosi, jembatan dari baja maupun badan mobil juga dapat menjadi rapuh karena korosi.Praktikum Korosi ini dimaksudkan untuk menunjang teori yang telahdidapatkan atau sedang diberikan oleh Dosen pada saat kuliah serta dimaksudkansebagai salah satu ilmu pendukung dalam mendalami ilmu Metalurgi lebih jauhsehingga mahasiswa mampu memberikan cara alternatif di samping cara yangsudah ada, utamanya dalam mengaplikasikan di lingkungan kampus khusunya danlingkungan masyarakat pada umumnya. Praktikum Korosi ini meliputi analisasifat baja karbon rendah dalam berbagai larutan, pengujian korosi retak tegang(SCC), simulasi proteksi katodik, korosi galvanic dan penggunaan indicator untuk studi korosi logam.Dengan adanya praktikum Korosi ini mahasiswa diharapkan mampu berfikir dan bertindak secara ilmiah sehingga dapat mengaplikasikan ilmu yangdidapatkan pada saat nanti di masyarakat baik dalam kehidupan sehari-harimaupun kebutuhan pada saat kerja kelak. Disamping itu Praktikum Korosi inidapat menemukan metode baru, mengembangkan alat baru ataupun penemuan baru dalam bidang Korosi.
 
Praktikum Korosi dan Perlindungan Logam 
21.2
 
Maksud dan Tujuan
Maksud dari Praktikum Korosi ini adalah menunjang teori yang telahdidapatkan atau sedang diberikan oleh Dosen pada saat kuliah.Adapun tujuan dari praktikum ini yaitu:1.
 
Mengetahui cara untuk mengidentifikasi sifat korosi karbon rendah dalam berbagai larutan.2.
 
Mengetahui cara pengujian korosi retak tegang (SCC).3.
 
Mengetahui cara simulasi proteksi katodik.4.
 
Mengetahui cara menentukan korosi galvanic.5.
 
Mengetahui cara penggunaan indicator untuk studi korosi logam.
1.3
 
Metode Penulisan
Metode penulisan yang digunakan dalam Laporan ini yaitu metode deskritif,yaitu dengan cara study pustaka dan praktikum. Penulis membaca buku danmencari materi-materi melalui website (internet) yang berhubungan dengan materidan praktikum, dimana informasi dalam buku dan website tersebut dapatmembantu pembahasan masalah dalam laporan ini.
1.4
 
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang digunakan dalam menyusun Laporan Korosi iniadalah sebagai berikut.1.
 
BAB I PENDAHULUANBab ini berisi latar belakang, maksud dan tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.2.
 
BAB II MODUL I ANALISA SIFAT KOROSI BAJA KARBONRENDAH DALAM BERBAGAI LARUTANBab ini berisi tujuan, teori dasar, metodelogi praktikum, data pembahasan dan kesimpulan.3.
 
BAB III MODUL II PENGUJIAN KOROSI RETAK TEGANG (SCC)Bab ini berisi tujuan, teori dasar, metodelogi praktikum, data pembahasan dan kesimpulan.
 
Praktikum Korosi dan Perlindungan Logam 
3
4.
 
BAB IV MODUL III SIMULASI PROTEKSI KATODIK Bab ini berisi tujuan, teori dasar, metodelogi praktikum, data pembahasan dan kesimpulan.5.
 
BAB V MODUL IV KOROSI GALVANIK Bab ini berisi tujuan, teori dasar, metodelogi praktikum, data pembahasan dan kesimpulan.6.
 
BAB VI MODUL V PENGGUNAAN INDIKATOR UNTUK STUDIKOROSI LOGAMBab ini berisi tujuan, teori dasar, metodelogi praktikum, data pembahasan dan kesimpulan.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->