Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
303Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Hierarki Kebutuhan Maslow

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 33,806 |Likes:
Published by azay

More info:

Published by: azay on Apr 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2013

pdf

text

original

 
Teori Hierarki Kebutuhan Maslow / Abraham Maslow -Ilmu Ekonomi
Tue, 23/05/2006 - 10:56pm — godam64Menurut Abraham Maslow manusia mempunyai lima kebutuhan yang membentuk tingkatan-tingkatan atau disebut juga hirarki dari yang paling penting hingga yang tidak penting dan dariyang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat. Motivasi manusia sangat dipengaruhioleh kebutuhan mendasar yang perlu dipenuhi.Kebutuhan maslow harus memenuhi kebutuhan yang paling penting dahulu kemudian meningkatke yang tidak terlalu penting. Untuk dapat merasakan nikmat suatu tingkat kebutuhan perludipuaskan dahulu kebutuhan yang berada pada tingkat di bawahnya.Lima (5) kebutuhan dasar Maslow - disusun berdasarkan kebutuhan yang paling penting hinggayang tidak terlalu krusial :1. Kebutuhan FisiologisContohnya adalah : Sandang / pakaian, pangan / makanan, papan / rumah, dan kebutuhan biologis seperti buang air besar, buang air kecil, bernafas, dan lain sebagainya.2. Kebutuhan Keamanan dan KeselamatanContoh seperti : Bebas dari penjajahan, bebas dari ancaman, bebas dari rasa sakit, bebas dariteror, dan lain sebagainya.3. Kebutuhan SosialMisalnya adalah : memiliki teman, memiliki keluarga, kebutuhan cinta dari lawan jenis, dan lain-lain.4. Kebutuhan PenghargaanContoh : pujian, piagam, tanda jasa, hadiah, dan banyak lagi lainnya.5. Kebutuhan Aktualisasi DiriAdalah kebutuhan dan keinginan untuk bertindak sesuka hati sesuai dengan bakat dan minatnya.
Tue, 23/05/2006 - 10:56pm — godam64
 
Menurut Abraham Maslow manusia mempunyai lima kebutuhan yang membentuk tingkatan-tingkatan atau disebut juga hirarki dari yang paling penting hingga yang tidak penting dan dariyang mudah hingga yang sulit untuk dicapai atau didapat. Motivasi manusia sangat dipengaruhioleh kebutuhan mendasar yang perlu dipenuhi.Menurut McGregor organisasi tradicional dengan ciri-cirinya yang sentralisasi dalam pengambilan keputusan, terumuskan dalam dua model yang dia namakan Theori X dan Theori Y.Teori X menyatakan bahwa sebagian besar orang-orang ini lebih suka diperintah, dantidak tertarik akan rasa tanggung jawab serta menginginkan keamanan atas segalanya. Lebihlanjut menurut asumís teori X dari McGregor ini bahwa orang-orang ini pada hakekatnya hádala:1.
 
Tidak menyukai bekerja2.
 
Tidak menyukai kemauan dan ambisi untuk bertanggung jawab, dan lebih menyukaidiarahkan atau diperintah3.
 
Mempunyai kemampuan yang kecil untuk berkreasi mengatasi masalah-masalahorganisasi.4.
 
Hanya membutuhkan motivasi fisiologis dan keamanan saja.5.
 
Harus diawasi secara ketat dan sering dipaksa untuk mncapai tujuan organisasi..Untuk menyadari kelemahan dari asuteori X itu maka McGregor memberikanalternatif teori lain yang dinamakan teori Y. asumís teori Y ini menyatakan bahwa orang-orang pada hakekatnya tidak malas dan dapat dipercaya, tidak seperti yang diduga oleh teori X. Secarakeseluruhan asumís teori Y mengenai manusia hádala sebagai berikut:1.
 
Pekerjaan itu pada hakekatnya seperti bermain dapat memberikan kepuasan lepadaorang. Keduanya bekerja dan bermain merupakan aktiva-aktiva fisik dan mental.Sehingga di antara keduanya tidak ada perbedaan, jira keadaan sama-samamenyenangka.2.
 
Manusia dapat mengawasi diri sendiri, dan hal itu tidak bisa dihindari dalam rangkamencapai tujuan-tujuan organisasi.3.
 
Kemampuan untuk berkreativitas di dalam memecahkan persoalan-persoalanorganisasi secara luas didistribusikan kepada seluruh karyawan.4.
 
Motivasi tidak saja berlaku pada kebutuhan-kebutuhan social, penghargaan danaktualisasi diri tetapi juga pada tingkat kebutuhan-kebutuhan fisiologi dankeamanan.5.
 
Orang-orang dapat mengendalikan diri dan kreatif dalam bekerja jira dimotivasisecara tepat.
 
Dengan memahami asumís dasar teori Y ini, McGregor menyatakan selanjutnya bahwamerupakan tugas yang penting bagi menajemen untuk melepaskan tali pengendalidengan memberikan desempatan mengembangkan potensi yang ada pada masing-masing individu. Motivasi yang sesuai bagi orang-orang untuk mencapai tujuannyasendiri sebaik mungkin, dengan memberikan pengarahan usaha-usaha mereka untuk mencapai tujuan organisasi.
Definisi/Pengertian Teori Perilaku Teori X dan Teori Y (X YBehavior Theory) Douglas McGregor
Wed, 16/07/2008 - 1:02am — godam64Teori prilaku adalah teori yang menjelaskan bahwa suatu perilaku tertentu dapat membedakan pemimpin dan bukan pemimpin pada orang-orang. Konsep teori X dan Y dikemukakan olehDouglas McGregor dalam buku The Human Side Enterprise di mana para manajer / pemimpinorganisasi perusahaan memiliki dua jenis pandangan terhadap para pegawai / karyawan yaituteori x atau teori y.A. Teori XTeori ini menyatakan bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk pemalas yang tidak suka bekerja serta senang menghindar dari pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.Pekerja memiliki ambisi yang kecil untuk mencapai tujuan perusahaan namun menginginkan balas jasa serta jaminan hidup yang tinggi. Dalam bekerja para pekerja harus terus diawasi,diancam serta diarahkan agar dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.B. Teori YTeori ini memiliki anggapan bahwa kerja adalah kodrat manusia seperti halnya kegiatan sehari-hari lainnya. Pekerja tidak perlu terlalu diawasi dan diancam secara ketat karena merekamemiliki pengendalian serta pengerahan diri untuk bekerja sesuai tujuan perusahaan. Pekerjamemiliki kemampuan kreativitas, imajinasi, kepandaian serta memahami tanggung jawab dan prestasi atas pencapaian tujuan kerja. Pekerja juga tidak harus mengerahkan segala potensi diriyang dimiliki dalam bekerja.Penelitian teori x dan y menghasilkan teori gaya kepemimpinan ohio state yang membagikepemimpinan berdasarkan skala pertimbangan dan penciptaan struktur. Teori Z dapat anda bacadi artikel lain di situs organisasi.org ini. Gunakan fasilitas pencarian yang ada untuk menemukanapa yang anda butuhkan.
Frederick Herzberg
menyatakan bahwa faktor motivasi dan situasi yang memberikan pengaruh positif pada perilaku dan kinerja, berhubungan dengan tugas individu, ukuransukses dari pekerjaan yang dilakukannya, dan kemauan untuk berkembang dan maju. Ia juga menemukan faktor yang menyebabkan ketidakpuasan. Faktor-faktor tersebut

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->