Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SO Linux Dan Administrasi Jaringan Linux Dgn WEBMIN

SO Linux Dan Administrasi Jaringan Linux Dgn WEBMIN

Ratings: (0)|Views: 21 |Likes:
Published by kemalazis
konfigurasi webmin menggunakan SO linux centos
konfigurasi webmin menggunakan SO linux centos

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: kemalazis on May 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/18/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENGENALAN SISTEM OPERASI LINUX, OSS DAN FREE SOFTWARE
Pada bab ini akan mempelajari tentang :- Sistem Operasi Linux- Open Source Software- Free Software- Copy Left- Contoh Perangkat Lunak Bebas- Pengelompokan Free Software Foundation (FSF)
Linux
adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipeUnix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkatlunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dansumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapatdimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas olehsiapapun. Nama "Linux" berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yangdibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds.Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linuxdistribution) atau distro Linux. Distro Linux umumnya sudah termasukperangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasapemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) (sepertiGNOME dan KDE), dan paket aplikasi perkantoran (office suite) sepertiOpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.
Open Source Software
Perangkat lunak sumber terbuka (Inggris:
open source software
) adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari,diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, umumnyapengembangannya dilakukan oleh satu paguyuban terbuka yang bertujuanmengembangkan perangkat lunak bersangkutan. Anggota-anggotapaguyuban itu seringkali sukarela tapi bisa juga pegawai suatuperusahaan yang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat
 
2
lunak itu. Produk perangkat lunak yang dihasilkan ini biasanya bersifatbebas dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu.Semua perangkat lunak bebas adalah perangkat lunak sumber terbuka,tapi sebaliknya perangkat lunak sumber terbuka belum tentu perangkatlunak bebas, tergantung kaidah yang dipakai dalam melisensikanperangkat lunak sumber terbuka tersebut.
Perbedaan perangkat lunak sumber terbuka dengan perangkat lunakgratis.
Serupa dengan perangkat lunak gratis, perangkat lunak sumber terbukamerupakan perangkat lunak yang juga dapat diperoleh dan didistribusikansecara bebas. Berbeda halnya dengan perangkat lunak gratis yang belumtentu boleh dilihat kode aslinya, perangkat lunak sumber terbuka dapatdibaca kode-kode pemrograman sesuai aslinya. Kode pemrograman inidapat juga diubah, dimodifikasi dan dikembangkan sendiri oleh kitadengan tetap memperhatikan kaidah yang berlaku sesuai dengan lisensiperangkat lunak tersebut.Sebagai contoh untuk memahami perbedaan antara kedua jenisperangkat ini dapat diilustrasikan misalnya perusahaan Microsoft pada suatusaat menjadikan salah satu produknya menjadi perangkat lunak gratis. Halini berarti siapapun dapat mendapatkannya secara gratis. Akan tetapi andatidak diperkenankan untuk kemudian memodifikasi dan mengembangkan produkperangkat lunak tersebut.Dapat disimpulkan, perangkat lunak sumber terbuka sudah pastimerupakan perangkat lunak gratis, namun sebaliknya perangkat lunak gratisbelum tentu merupakan perangkat lunak sumber terbuka.
Tabel-1
: Skema Open Source Software
Jenis Pengguna OSS Lisensi yang dapat digunakan
 Tidak merubah source code Semua jenis lisensi OSS (GPL,BSD, MPL, LGPL, Lisensi MIT)
 
3
Merubah source code untukkebutuhan internalSemua jenis lisensi OSS (GPL,BSD, MPL, LGPL, Lisensi MIT)Merubah source code danmendistribusikan sebagai OSSSemua jenis lisensi OSS (GPL,BSD, MPL, LGPL, Lisensi MIT)Merubah source code danmendistribusikan sebagai proprietarysoftwareBSD, Lisensi MITMenggunakan OSS sebagai salahsatu komponen/library softwareyang didistribusikan sebagaiproprietary softwareBSD, MIT License, LGPL
Free Software
Perangkat lunak bebas (Inggris: free software) adalah istilah yangdiciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation yangmengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan,dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi, ataudengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang samatetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. Bebas di sini jugaberarti dalam menggunakan, mempelajari, mengubah, menyalin atau menjualsebuah perangkat lunak, seseorang tidak perlu meminta ijin dari siapa pun.Untuk menjadikan sebuah perangkat lunak sebagai perangkat lunakbebas, perangkat lunak tersebut harus memiliki sebuah lisensi, atau beradadalam domain publik dan menyediakan akses ke kode sumbernya bagisetiap orang. Gerakan perangkat lunak bebas (free software movement) yangmerintis perangkat lunak bebas berawal pada tahun 1983, bertujuan untukmemberikan kebebasan ini dapat dinikmati oleh setiap pengguna komputer.Dengan konsep kebebasan ini, setiap orang bebas untuk menjualperangkat lunak bebas, menggunakannya secara komersial danmengambil untung dari distribusi dan modifikasi kode sumbernya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->