Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
-MAKALAH-SARAF

-MAKALAH-SARAF

Ratings: (0)|Views: 10 |Likes:
..
..

More info:

Published by: Herlina Anggraini Jalalludin on May 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/17/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1Latar Belakang
Sakit Kepala merupakan masalah kesehatan yang paling sering terjadi. Beberapaorang sering mengalami sakit kepala, sedangkan yang lainnya hampir tidak pernah merasakansakit kepala.Sakit kepala menahun dan sakit kepala kambuhan bisa terasa sangat sakit danmengganggu, tetapi jarang mencerminkan keadaan kesehatan yang serius. Suatu perubahandalam pola atau sumber sakit kepala (misalnya dari jarang menjadi sering, sebelumnya ringansekarang menjadi berat) bisa merupakan pertanda yang serius dan memerlukan tindakanmedis segera.Sakit kepala didefinisikan sebagai sakit di leher kepala atau bagian. Sakit kepala banyak yang berhubungan dengan kelainan di mata, hidung, tenggorokan, gigi dan telinga.Terjadinya suatu sakit kepala dapat timbul sebagai hasil perangsangan terhadap bangunan- bangunan diwilayah kepala dan leher yang peka terhadap sakit.Sakit kepala dapat dibagi menjadi 2 yaitu sakit kepala dengan patogenesis yang belum jelas (sindrom sakit kepala 'primer') yang meliputi migrain, cluster, dan tensiondan sakit kepala dengan dasar patofisiologis yang jelas (sakit kepala sekunder) yang meliputitrauma kepala dan leher, masalah pembuluh darah di kepala dan leher, non-masalah pembuluh darah otak, obat-obatan, dan sakit kepala pada spondilo-artosis deformans(spondilosis) servikalis. Untuk mengetahui adanya sakit kepala dapat dengan tes yangmungkin berguna dalam membuat diagnosis penyakit yang mendasari yang menyebabkansakit kepala.
1.2Batasan Masalah
Pembahasan tulisan ini dibatasi pada defenisi, patogenesis, klasifikasi,diagnosis dan penatalaksanaan Sakit Kepala Primer (Kronik).
1
 
1.3Tujuan Penulisan
Tulisan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan pembaca umumnya dan penulis khususnya mengenai Sakit Kepala Primer (Kronik).
1.4.Metode Penulisan
Tulisan ini merupakan tinjauan kepustakaan yang merujuk kepada berbagailiteratur.
2
 
BAB IIPEMBAHASAN
2.1Definisi
Sakit kepala didefinisikan sebagai sakit di leher kepala atau bagian atas. Ini adalahsalah satu lokasi yang paling umum dari sakit dalam tubuh dan memiliki banyak penyebab.Sebagian besar sakit kepala merupakan ketegangan otot,
migren
atau sakit kepala tanpa penyebab yang jelas. Sakit kepala banyak yang berhubungan dengan kelainan di mata,hidung, tenggorokan, gigi dan telinga. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan perasaan berdenyut di kepala, tetapi tekanan darah tinggi jarang menyebabkan sakit kepala menahun.
(1)(2)
 Dalam penyebab sakit kepala dari riwayat kesehatan penderita dan hasil pemeriksaanfisik. Kadang dilakukan pemeriksaan darah untuk menentukan penyebabnya.
 Pungsi
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->