Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013

Ratings: (0)|Views: 110 |Likes:
Published by Arinata Mmc
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013

Menimbang : a. bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu diselaraskan dengan dinamika perkembangan masyarakat, lokal, nasional, dan ...
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013

Menimbang : a. bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu diselaraskan dengan dinamika perkembangan masyarakat, lokal, nasional, dan ...

More info:

Published by: Arinata Mmc on May 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/16/2013

pdf

text

original

 
 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 32 TAHUN 2013 TENTANGPERUBAHAN ATAS PERATURAN PEMERINTAHNOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKANDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a. bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005tentang Standar Nasional Pendidikan perludiselaraskan dengan dinamika perkembanganmasyarakat, lokal, nasional, dan global gunamewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional;b.
 
bahwa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsadiperlukan komitmen nasional untuk meningkatkanmutu dan daya saing bangsa melalui pengaturankembali Standar Kompetensi Lulusan, standar isi,standar proses, dan standar penilaian, sertapengaturan kembali kurikulum;c.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a dan huruf b perlumenetapkan Peraturan Pemerintah tentang PerubahanAtas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005tentang Standar Nasional Pendidikan;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (LembaranNegara Tahun 2003 Nomor 78 Tambahan LembaranNegara Nomor 4301);MEMUTUSKAN . . .
SALINAN
 
 
- 2 -MEMUTUSKAN :Menetapkan : PERUBAHAN ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN.PASAL IBeberapa ketentuan dalam Peraturan PemerintahNomor 19 Tahun 2005 tentang Standar NasionalPendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4496), diubah sebagai berikut:1.
 
Ketentuan Pasal 1 diubah sehingga Pasal 1 berbunyisebagai berikut:Pasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksuddengan:1.
 
Standar Nasional Pendidikan adalah kriteriaminimal tentang sistem pendidikan di seluruhwilayah hukum Negara Kesatuan RepublikIndonesia.2.
 
Pendidikan Formal adalah jalur pendidikan yangterstruktur dan berjenjang yang terdiri ataspendidikan dasar, pendidikan menengah, danpendidikan tinggi.3.
 
Pendidikan Nonformal adalah jalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapat dilaksanakansecara terstruktur dan berjenjang.4. Kompetensi . . .
 
 
- 3 -4.
 
Kompetensi adalah seperangkat sikap,pengetahuan, dan keterampilan yang harusdimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh Peserta Didiksetelah mempelajari suatu muatan pembelajaran,menamatkan suatu program, atau menyelesaikansatuan pendidikan tertentu.5.
 
Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteriamengenai kualifikasi kemampuan lulusan yangmencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.6.
 
Standar Isi adalah kriteria mengenai ruanglingkup materi dan tingkat Kompetensi untukmencapai Kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.7.
 
Standar Proses adalah kriteria mengenaipelaksanaan pembelajaran pada satu satuanpendidikan untuk mencapai Standar KompetensiLulusan.8.
 
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikanadalah kriteria mengenai pendidikan prajabatandan kelayakan maupun mental, serta pendidikandalam jabatan.9.
 
Standar Sarana dan Prasarana adalah kriteriamengenai ruang belajar, tempat berolahraga,tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium,bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasidan berekreasi serta sumber belajar lain, yangdiperlukan untuk menunjang prosespembelajaran, termasuk penggunaan teknologiinformasi dan komunikasi.10. Standar . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->