Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Perekonomian

Sistem Perekonomian

Ratings: (0)|Views: 21 |Likes:
Published by ardyraaawk

More info:

Published by: ardyraaawk on May 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2013

pdf

text

original

 
SISTEM PEREKONOMIAN DI DUNIA
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikansumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaanmendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itumengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktorproduksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakansistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksidan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintahuntuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar(market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melaluipenawaran dan permintaan.
Perekonomian terencana
Ada dua bentuk utama perekonomian terencana, yaitu komunisme dan sosialisme. Sebagai wujudpemikiran Karl Marx, komunisme adalah sistem yang mengharuskan pemerintah memiliki danmenggunakan seluruh faktor produksi. Namun, lanjutnya, kepemilikan pemerintah atas faktor-faktorproduksi tersebut hanyalah sementara; Ketika perekonomian masyarakat dianggap telah matang,pemerintah harus memberikan hak atas faktor-faktor produksi itu kepada para buruh. Uni Soviet danbanyak negara Eropa Timur lainnya menggunakan sistem ekonomi ini hingga akhir abad ke-20. Namunsaat ini, hanya Kuba, Korea Utara, Vietnam, dan RRC yang menggunakan sistem ini. Negara-negara itupun tidak sepenuhnya mengatur faktor produksi. China, misalnya, mulai melonggarkan peraturan danmemperbolehkan perusahaan swasta mengontrol faktor produksinya sendiri.
Sistem ekonomi tradisional
Pada kehidupan masyarakat tradisional berkembang suatu sistem ekonomi tradisional. Dengantujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan bergantung pada sumber daya alam. masyarakat juga memproduksi barang pemenuh kebutuhan yang di produksi hanya untuk kebutuhan tiap-tiap rumahtangga. dengan demikian rumah tangga dapat bertindak sebagai konsumen, produsen, dan keduannya.
Perekonomian pasar
Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuahlingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan(dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlakuditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
Perekonomian pasar campuran
Perekonomian pasar campuran atau mixed market economies adalah gabungan antara sistemperekonomian pasar dan terencana. Menurut Griffin, tidak ada satu negara pun di dunia ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar atau pun terencana, bahkan negara seperti Amerika Serikat.Meskipun dikenal sangat bebas, pemerintah Amerika Serikat tetap mengeluarkan beberapa peraturanyang membatasi kegiatan ekonomi. Misalnya larangan untuk menjual barang-barang tertentu untuk anak 
 
di bawah umur, pengontrolan iklan (advertising), dan lain-lain. Begitu pula dengan negara-negaraperekonomian terencana. Saat ini, banyak negara-negara Blok Timur yang telah melakukan privatisasi—pengubahan status perusahaaan pemerintah menjadi perusahaan swasta.
SISTEM EKONOMI INDONESIA1.Sistem
Sistem adalah suatu organisasi besar yang menjalin berbagai subyek dan obyek serta perangkatkelembagaan dalam suatu tatanan tertentu.Subyek dan obyek:Sistem kemayaraatan: orang atau masyarakatSistem kehidupan/lingkungan: makluk hidup dan benda alamSistem peralatan: barang/alatSistem informasi: data, catatan, dan faktaPerangkat kelembagaan: lembaga/wadah subyek melakukan hubungan, cara dan mekanisme yangmenjalin hubunganTatanan/kaidah: norma/peraturan yang mengatur hubungan subyek/obyek agar berjalan serasi.
2.Sistem ekonomi dan politik
Dumairy (1996), sistem ekonomi adalah sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antarmanusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan.Sistem ekonomi:Subyek/obyek: manusia (subyke) dan barang ekonomi (obyek)Perangkat kelembagaan: lembaga ekonomi formal dan non formal dan cara serta mekanismehubunganTatanan: hukum dan peraturan perekonomianSheridan (1998), economic system refers to the way people perform economic activities in their searchfor personal happiness.Sanusi (2000) sistem ekonomi merupakan suatu organisasi yang terdiri dari sejumlah lembaga/pranata(ekonomi, sosial dan ide) yang saling mempengaruhi yang ditujukan ke arah pemecahan masalah pokok setiap perekonomian... produksi, distribusi, konsumsi.
3.Kapitalisme dan Sosialisme
Sistem Ekonomi yang esktrim:(a) Sistem ekonomi kapitalisPengakuan terhadap kepemilikan individu terhadap sumber ekonomiKompetisi antar individu dalam memenihi kebutuhan hidup dan persaingan antar badan usahauntuk mengejar keuntunganTidak batasan bagi individu dalam menerima imbalan atas prestasi kerjanyaCampur tangan pemerintah sangat minimMekanisme pasar akan menyelesaikan persoalan ekonomiUSA
 
(b) Sistem ekonomi sosialisKepemilikan oleh negara terhadap sumber ekonomiPenekanan terhadap kebersamaan dalam menjalankan dan memajukan perekonomianImbalan yang diterima oleh individu berdasarkan kebutuhan, bukan prestasi kerjaCampur tangan pemerintah sangat tinggiPersoalan ekonomi harus dikendalikan oleh pemerintah pusatUSSR(c) Sistem ekonomi campuranKepemilikan oleh individu terhadap sumber ekonomi diakui negaraKompetisi antar individu dalam memenihi kebutuhan hidup dan persaingan antar badan usahauntuk mengejar keuntunganImbalan yang diterima oleh individu berdasarkan kebutuhan, bukan prestasi kerjaCampur tangan pemerintah hanya untuk bidang tertentu seperti bidang yang diperlukan olehseluruh masyarakat (listrik dan air)Mekanisme pasar akan menyelesaikan persoalan ekonomi dengan beberapa hal perlu adanyacampur tangan pemerintah
4.Persaingan terkendali
Untuk mengetahui sistem ekonomi yang dianut oleh suatu negara, maka perlu dianalisis kandunganfaktor-faktor tersebut diatas.Sistem ekonomi Indonesia (sistem persaingan terkendali);Bukan kapitalis dan bukan sosialis. Indoensia mengakui kepemilikan individu terhadap sumberekonomi, kecuali sumber ekonomi yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai olehnegara sesuai dengan UUD 45.Pengakuan terhadap kompetisi antar individu dalam meningkatkan taraf hidup dan antar badanusaha untuk mencari keuntungan, tapi pemerintah juga mengatur bidang pendidikan,ketenagakerjaan, persaingan, dan membuka prioritas usaha.Pengakuan terhadap penerimaan imbalan oleh individu atas prestasi kerja dan badan usaha dalammencari keuntungan. Pemerintah mengatur upah kerja minimum dan hukum perburuhan.Pengelolaan ekonomi tidak sepenuhnya percaya kepada pasar. Pemerintah juga bermain dalamperekonomian melalui BUMN dan BUMD serta departemen teknis untuk membantumeningkatkan kemampuan wirausahawan (UKM) dan membantu permodalan.
5.Kadar Kapitalisme dan Sosialisme
Unsur kapitalisme dan sosialisme yang ada dalam sistem ekonomi Indonesia dapat dilihat dari sudutberikut ini:
(a) Pendekatan faktual struktural yakni menelaah peranan pemerintah dalam perekonomian
Pendekatan untuk mengukur kadar campur tangan pemerintah menggunakan kesamaan AgregatKeynesian.Y = C + I + G + (X-M)Y adalah pendatan nasional.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->