Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Apakah Allah Telah Datang Sebagai Manusia Oleh Iskander Jadeed

Apakah Allah Telah Datang Sebagai Manusia Oleh Iskander Jadeed

Ratings: (0)|Views: 23 |Likes:
Published by swaranonmuslim
Apakah Allah Telah Datang Sebagai Manusia Oleh Iskander Jadeed
Apakah Allah Telah Datang Sebagai Manusia Oleh Iskander Jadeed

More info:

Published by: swaranonmuslim on May 17, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/26/2013

pdf

text

original

 
APAKAH ALLAHTELAH DATANGSEBAGAIMANUSIA ?
Iskander Jadeed
1
PERTANYAAN 1.............................2
2
Jawab 1:.............................................2
3
PERTANYAAN 2.............................8
4
Jawab 2..............................................8
5
PERTANYAAN 3...........................15
6
Jawab 3............................................16
7
BAHAN KAJIAN...........................21
All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 http://www.the-good-way.com 
 
1. PERTANYAAN 1
"Apa yang Anda maksudkan ketika Andamengatakan bahwa Yesus adalah Allah yangtelah datang sebagai manusia ? Jika ini yangAnda percayai, untuk apa Inkarasi ?”
F.K.Tripoli, Libanon
2. Jawab 1:
1.
Fakta yang pertama yang harus kitagumuli ialah bahwa jiwa manusia tidak mungkin, atas usahanya sen-diri,mencapai kesempurnaan yangdiingininya karena hukum dosamenjadi penghalang baginya.Rasul Paulus mengungkapkankebenaran ini kepada kita sebagaiberikut : " Sebab kehendak memangada di dalam aku, tetapi bukan halberbuat apa yang baik. Sebab bukanapa yang aku kehendaki, yaitu yangbaik, yang aku perbuat, melainkan apayang tidak aku kehen-daki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat. Jadi jikalakuberbuat apa yang tidak aku kehendaki,maka bukan lagi aku yangmemperbuatnya, tetapi dosa yang diamdi dalam aku. Demikianlah aku dapatihukum ini : Jika aku menghendakiberbuat apa yang baik, yang jahat ituada padaku. Sebab di dalam batinkuaku suka akan hukum Allah, tetapi didalam anggota-anggota tubuhku akumelihat hukum lain yang berjuangmelawan hukum akal budiku danmembuat aku menjadi tawanan hukumdosa yang ada di dalamanggota-anggota tubuhku" (Rom a7:18-23).
2.
Kata-kata Rasul Paulus di atasmelukiskan konflik di dalam jiwamanusia antara anugerah dan kutuk,an-tara hukum Tuhan yangmenyenangkan manusia dan yangingin diikutinya, dan hukum dosa yangmenarik manusia, menawan danmemaksa dia untuk melakukan apayang tidak dikehendakinya.Akan tetapi Rasul Paulus yang inginmembebaskan dirinya dari hukum dosadan maut, berseru ke sorga l:Ienganseruannya yang terkemd : "Akumanusia celaka ! Siapakah yang akanmelepaskan aku dari tubuh maut ini ?"(Roma 7:24). Ketika dia melihat sangPenyelamat, yaitu Firman yang telahmen-jadi manusia itu, ia bersukacitadan berkata: "Syukur kepada Allah!Oleh Yesus Kristus Tuhan kita" (Roma7:25). .Rahasia ini telah diungkapkan kepadamanusia Allah, yakni Ayub ketika diaterus-menerus dilanda malapetaka danpenderitaan. Didorong oleh perasaanyang mendalam bahwa betapaperlunya seorang peng antara antara
APAKAH ALLAH TELAH DATANG SEBAGAI MANUSIA ? 
2/22
All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 http://www.the-good-way.com 
 
dia dan Allah, ia merumuskankeluhannya demikian: "Tidak adawasit di antara kami, yang dapatmemegang kami berdua! Biarlah Iamenyingkirkan pen-tungnyadaripadaku, jangan aku ditimpakegentaran ter-hadap Dia, maka akuakan berbicara tanpa rasa takutterhadap Dia, karena aku tidak menyadari kesalahanku" (Ayub9:33-35).Oleh sebab itu, pribadi yang kedua dariAllah (atau pribadi di dalamke-Allahan, dalam bahasaArab:UQNUM) mengambil rupamanusia. Ia memenuhi keperluanmanusia yang sangat mendesak akanpenebusan untuk memulihkan manusiadan men-damaikannya kembali denganAllah.
3.
Setiap orang tahu dari pengalamannyasendiri di dalam dirinya berdiamniat-niat jahat yang tak dapat diatasi.Kita ingat perkataan Rasul Paulus:"Karena semua orang telah berbuatdosa dan telah kehilangan kemuliaanAllah" (Roma3:23), dan "Jika kitaberkata bahwa kita tidak berdosa,maka kita menipu diri kita sendiri, dankebenaran tidak ada di dalam kita" (IYohanes 1:8).Islam mengaku kebenaran ini, sepertidiungkapkan di dalam surat An-Nahlayat 61: "Jikalau Allah menghukummanusia karena kezalimannya, niscayatidak akan ada ditinggalkan-Nya dimuka bumi sesuatupun dari makhluk yang bernyawa ...". Oleh sebab itusudah jelas bagi kita, bukan saja secarahistoris tetapi juga secara intelek bahwa manusia alamiah tidak mungkinmen-capai puncak kerohanian iniscbelum dia disatukan dan dipimpinoleh sesuatu yang melebihi Dia, danlebih tinggi dari manusia sendiri.
4.
Dengan demikian kita telah membatasipenelitian kita pada penjelasan darikekurangan-kekurangan manusia dankegagalannya untuk mencapai statusyang dimiliki Adam sebelumkejatuhannya. Jika berhenti di situ saja,sama dengan mengaku kalah. Kitatidak dapat mcmbayangkan bahwaAllah yang mahakuasa itumenghendaki hal demikian, yakni kitamenjadi frustasi. Sebaliknya, TuhanAllah baik dan belaskasihan-Nya kekalselama-lamanya. Karenakebaikan-Nya, Allah tidak akanmcmbiarkan manusia yangdiciptakan-Nya menurut gambar-Nyamengalami kesulitan-kesulitan yangakan membawanya kepada kebinasaan.Karena manusia telah gagal memenuhitujuan Allah, tentu Allah telahmenyediakan sehelumnya seseoranguntuk memulihkan dia. Siapakah Dia ?Apakah dia seorang ciptaan yang telahmencapai kekudusan yang sempur-naAtau apakah dia Allah sendiri ?
5.
Mari kita berusaha untuk berpegangpada kepas-tian, dan tidak membiarkandiri kita disesatkan oleh teori-teori kitasendiri, sekalipun teori-teori tersebutberdasarkan prinsip-prinsip yangdianut oleh agama--agama tertentu.Karena jika kita menerimapandangan-pandangan seperti itu, kitapasti akan menyimpang darikebenaran. Mari kita .juga ingat satufakta, yakni hahwa tidak ada agamayang menyangkal hahwa manusiasecara naluri ingin bersekutu denganAllah. Kepada Allahlah orang berdoa,serta meminta per-tolongan dan
APAKAH ALLAH TELAH DATANG SEBAGAI MANUSIA ? 
3/22
All Rights Reserved - The Good Way Publishing - 2010 http://www.the-good-way.com 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->