Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
0Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Budaya Kerja Keamanan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja3

Budaya Kerja Keamanan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja3

Ratings: (0)|Views: 74|Likes:
Published by mbah_gimo
khgc
khgc

More info:

Published by: mbah_gimo on May 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/18/2013

pdf

text

original

 
201
Bab VIIKeamanan, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja
Sinopsis:
Bab ini menyediakan pengetahuan tentang pengamatan, keselamatan, dankesehatan kerja, mencakupi kecelakaan kerja, kebersihan air minum danmakanan ransum yang disediakan oleh kantor; ventilasi dan pendinginan udarauntuk kerja.
Kompetensi
1.Mengikuti prosedur keamanan,dan pengetahuan tentang peng-amanan keselamatan, ke-selamatan kerja, dan kesehatankerja, peralatan ventilasi danpendinginan udara untuk ruangkerja.2.Menggunakan peralatan kantor.
Inti dari Bab II
Pengetahuan tentang pengamanandan kesehatan kerja; peralatanventilasi dan pendinginan udarauntuk ruang kerja.
Kompetensi dan isi bab
1.Pengetahuan tentang pengamanan dan kesehatan kerja membentukkompetensi bekerja dengan mengikuti prosedur keamanan, keselamatan,dan kesehatan kerja.2.Pengetahuan dan keterampilan tentang peralatan ventilasi danpendinginan udara untuk ruang kerja membentuk kompetensi meng-gunakan peralatan kantor secara benar dan tepat.
Kata-Kata Kunci
pengamanan, keamanan, keselamatan, kesehatan, kecelakaan, kebersihan,ventilasi, pendingin udara.
 
202
7.1.Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Keselamatan dan kesehatan kerja perlu diperhatikan dalam lingkungankerja, karena kesehatan merupakan keadaan atau situasi sehat seseorangbaik jasmani maupun rohani sedangkan keselamata kerja suatu keadaandimana para pekerja terjamin keselamatan pada saat bekerja baik itu dalammenggunakan mesin, pesawat, alat kerja, proses pengolahan juga tempatkerja dan lingkungannya juga terjamin.Apabila para pekerja dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani dandidukung oleh sarana dan prasarana yang terjamin keselamatannya makaproduktivitas kerja akan dapat ditingkatkan.
7.1.1.Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Keselamatan kerja adalah keselamatan yang bertalian denganmesin, pesawat, alat kerja, bahan dan proses pengolahannya, landasantempat kerja dan lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaan.Istilah kesehatan mencakup kedua istilah, yaitu resiko keselamatandan resiko kesehatan. Keselamatan kerja menunjukkan kondisi yangaman atau selamat dari resiko penderitaan, kerusakan atau kerugian ditempat kerja. Resiko keselamatan merupakan aspek-aspek darilingkungan kerja yang dapat menyebabkan kebakaran, ketakutan aliranlistrik, terpotong, luka memar, keseleo dan lain sebagainya. Semua itusering dihubungkan dengan perlengkapan perusahaan atau lingkunganfisik dan mencakup tugas-tugas kerja yang membutuhkan pemeliharaandan latihan. Sasaran utama keselamatan kerja adalah tempat kerja.Tujuan keselamatan kerja adalah:1.Melindungi tenaga kerja atas hak keselamatannya dalam melakukanpekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksiserta produktifitas nasional.2.Menjamin keselamatan setiap orang yang berada di tempat kerja.3.Sumber produksi dipelihara dan dipergunakan secara aman danefisien.
 
203
Syarat-syarat keselamatan kerja adalah:1.Mencegah dan mengurangi kecelakaan2.Mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran3.Mencegah dan mengurangi bahaya peledakan4.Memberi kesempatan atau jalan menyelamatkan diri dari waktukebakaran5.Memberikan pertolongan pada kecelakaan6.Memberi alat-alat perlindungan dari pada para pekerja.Kesehatan kerja adalah suatu keadaan para pekerja/masyarakatpekerja dimana kondisi jasmani dan rohani dalam keadaan bebas dariberbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh berbagai macam faktorpekerjaan dan lingkungan kerja.Masalah kesehatan adalah suatu masalah yang kompleks, yangsaling berkaitan dengan masalah-masalah lain di luar kesehatan itusendiri. Banyak factor yang mempengaruhi kesehatan, baik kesehatanindividu maupun kesehatan masyarakat, antara lain: keturunan,lingkungan, perilaku, dan pelayanan kesehatan. Keempat faktor tersebutsaling berpengaruh satu sama lainnya, bilamana keempat faktor tersebutsecara bersama-sama mempunyai kondisi yang optimal, maka statuskesehatan akan tercapai secara optimal.Dalam dunia industri, kesehatan juga sangat berpengaruh sekaliterhadap pencapaian tujuan/hasil. Karena hasil kerja seseorang akanditentukan oleh kondisi kesehatan tiap-tiap individu (masyarakat) itusendiri. Kesehatan kerja adalah merupakan aplikasi kesehatanmasyarakat di dalam suatu tempat kerja (perusahaan, pabrik, kantor dansebagainya) dan menjadi pasien dari kesehatan kerja ialah masyarakatpekerja dan masyarakat sekitar perusahaan tersebut. Ciri pokok dalamkesehatan kerja adalah upaya preventif dan promotif.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->