Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB III

BAB III

Ratings: (0)|Views: 2|Likes:
Published by FOSHU KAEROKA

More info:

Published by: FOSHU KAEROKA on May 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
1.1
 
Latar BelakangPencemaran udara
adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi diatmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan mahkluk hidup, menggangguestetika dan kenyamanan, atau merusak properti. Pencemaran udara adalah masuknya, atautercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinyakerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkankualitas lingkungan.
 1.2 Proses terjadinya Polusi Udara
 Kelembaban udara bergantung pada konsentrasi uap air, dan H
2
O yang berbeda-bedakonsentrasinya di setiap daerah. Kondisi udara di dalam atmosfer tidak pernah ditemukan dalamkeadaan bersih, melainkan sudah tercampur dengan gas-gas lain dan partikulat-partikulat yangtidak kita perlukan. Gas-gas dan partikulat-partikulat yang berasal dari aktivitas alam dan jugayang dihasilkan dari aktivitas manusia ini terus-menerus masuk ke dalam udara danmengotori/mencemari udara di lapisan atmosfer khususnya lapisan troposfer. Apabila bahan pencemaran tersebut dari hasil pengukuran dengan parameter yang telah ditentukan oleh WHOkonsentrasi bahan pencemarnya melewati ambang batas (konsentrasi yang masih bisa diatasi),maka udara dinyatakan dalam keadaan tercemar.Pencemaran udara terjadi apabila mengandung satu macam atau lebih bahan pencemar diperoleh dari hasil proses kimiawi seperti gas-gas CO, CO
2
, SO
2
, SO
3
, gas dengan konsentrasitinggi atau kondisi fisik seperti suhu yang sangat tinggi bagi ukuran manusia, hewan dantumbuh-tumbuhan. Adanya gas-gas tersebut dan partikulat-partikulat dengan konsentrasimelewati ambang batas, maka udara di daerah tersebut dinyatakan sudah tercemar. Denganmenggunakan parameter konsentrasi zat pencemar dan waktu lamanya kontak antara bahan pencemar atau polutan dengan lingkungan (udara).
 
 
2
1.3
 
Dampak dari Polusi Udara
 Pencemaran udara dapat memberikan dampak negatif bagi makhluk hidup, manusia, hewandan tumbuh-tumbuhan. Kebakaran hutan dan gunung api yang meletus menyebabkan banyak hewan yang kehilangan tempat berlindung, banyak hewan dan tumbuhan mati bahkan punah.Gas-gas oksida belerang (SO2 dan SO3) bereaksi dengan uap air, dan air hujan dapatmenyebabkan terjadinya hujan asam yang dapat merusak gedung-gedung, jembatan, patung- patung sehingga mengakibatkan tumbuhan mati atau tidak bisa tumbuh. Gas karbon monoksida bila terhisap masuk ke dalam paru-paru bereaksi dengan haemoglobin menyebabkan terjadinyakeracunan darah dan masih banyak lagi dampak negatif yang disebabkan oleh pencemaran udara.Pencemaran udara selain memberikan dampak negatif, juga dapat memberikan dampak  positif antara lain, lahar dan partikulat-partikulat yang disemburkan gunung berapi yang meletus, bila sudah dingin menyebabkan tanah menjadi subur, pasir dan batuan yang dikeluarkan gunung berapi yang meletus dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Gas karbon monoksida bila bereaksi dengan oksigendi udara menghasilkan gas karbon dioksida bisa dimanfaatkan bagitumbuh-tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis untuk menghasilkan karbohidrat yangsangat berguna bagi makhluk hidup.
1.4
 
Tujuan Praktikum
 
Mengetahui dampak atau pengaruh pencemaran industri pabrik terhadap udara.
 
Menerapkan teori biomonitoring pada lingkungan.
 
Menjadikan mahasiswa terampil dalam penerapan biomonitoring.
 
Mengetahui kondisi udara di daerah sekitar pabrik.
 
Mengetahui dampak-dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan sekitar.
 
3
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
2.1 Biomonitoring
Biomonitoring merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang dipakai sebagai alatuntuk memonitor kualitas lingkungan yang telah terpolusi.melalui penentuan organisme yangdikatagorikan sebagai bioindikator. Dengan menentukan bioindiaktor dari berbagai ekosistemdapat ditentukan tingkat kualitas lingkungannya.Pelestarian sumberdaya alam adalah tindakan memelihara dan memanfaatkan potensisumberdaya, termasuk dari pencemaran. Sebenarnya lingkungan pada umumnya mempunyaikemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Akan tetapi jika terlalu banyak polutan yangdibuang, misalnya ke dalam aliran air, maka dapat melebihi kemampuan aliran air untuk membersihkan dirinya sendiri. Dalam hal demikianpun alam juga masih menyediakan indikator yang dapat menyajikan informasi tentang kesehatan dari badan air yang disebut bioindikator yang dapat dimanfaatkan dalam biomonitoring dan dapat pula dilengkapi dengan parameter kimia, sehingga dampak perubahan kualitas lingkungan dapat dilihat langsung pada biota yanghidup di dalam lingkungan itu.Di dalam konsep biomonitoring dan ekotoksikologik ini masyarakat, dapat dimulai darilembaga pendidikan umum, dipandang berpotensi dalam memantau kualitas lingkungan dansumberdaya alam di sekitarnya dengan menggunakan bioindikator yang ada dan hidup dilingkungannya dan jika perlu melakukan percobaan-percobaan toksisitas terhadap limbahdisekitarnya di dalam suatu wadah Lembaga Riset milik masyarakat sehingga sedikit demisedikit dikembangkan pemahaman bahwa pelestarian sumberdaya alam, dalam hal ini pemantauan kualitas lingkungan, adalah menjadi tanggungjawab masyarakat dan sesuatu yangmemang dibutuhkan dan bukan dianggap beban tugas institusi pemerintah apalagi swasta saja.Pelestarian sumberdaya alam adalah tindakan memelihara dan memanfaatkan potensisumberdaya alam sebesar-besarnya dan semaksimal mungkin tetapi harus tetap seoptimalmungkin agar memberikan manfaat dan kesejahteraan yang sebesar-besarnya bagi masyarakatgenerasi sekarang tetapi dengan tanpa melupakan potensi dan peluang manusia generasi yangakan datang dalam memanfaatkan sumberdaya alam tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->