Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manusia Dan Tanggung Jawab

Manusia Dan Tanggung Jawab

Ratings: (0)|Views: 424|Likes:
Published by Siti Cholisoh
Manusia Dan Tanggung Jawab
Manusia Dan Tanggung Jawab

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Siti Cholisoh on May 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/25/2013

pdf

text

original

 
ILMU BUDAYA DASAR
MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB
 
SITI CHOLISOH
 
Jurusan : Sistem InformasiNPM : 17112047Kelas : 1KA39
 
UNIVERSITAS GUNADARMAJl. KH Noer Ali, Kalimalang Bekasi (eks Duta Plaza)Telp (021) 88860117
 
Ilmu Budaya Dasar Page 2
1.
 
Kebutuhan manusia
Adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalamaktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. Pada dasarnya, manusiabekerja mempunyai tujuan tertentu, yaitu memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan, seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan.Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakintinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macamkebutuhan yang harus dipenuhi. Adapun macam – macam kebutuhan dubedaanmenjadi beberapa baguan diantaranya :a.
 
Kebutuhan menurut tingkatan atau intensitasnya1.
 
Kebutuhan primerAdalah kebutuhan utama yang sangat harus terpenuhi, artinya apabilakebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka manusia akan mengalami kesulitandalam hidupnya bahakan akan menyebabkan kematian. Contoh: sandang,pangan, papan, pekerjaan.2.
 
Kebutuhan sekunderAdalah kebutuhan yang pemenuhannya setelah kebutuhan primer terpenuhimaksudnya kebutuhan ini menjadi prioritas kedua setelah kebutuhan primer.Contoh: pendidikan , pariwisata, rekreasi.3.
 
Kebutuhan tersierAdalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunderterpenuhi sifatnya relative. Contoh: mobil, motor, komputer, handphone,tablet.b.
 
Kebutuhan menurut waktunya1.
 
Kebutuhan SekarangAdalah kebutuhan yang pemenuhannya tidak bisa ditunda-tundalagi/kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Contoh: paying dibutuhkan saathujan dan obat - obatan pada saat sakit.2.
 
Kebutuhan yang akan datang/masa depanAdalah kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda, tetapi harus dipikirkanmulai sekarang. Contoh: tabungan.
 
Ilmu Budaya Dasar Page 3
3.
 
Kebutuhan tidak terdugaKebutuhan ini disebabkan sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba / tidak disengaja yang sifatnya insidental. Contoh : konsultasi kesehatan.c.
 
Kebutuhan menurut sifatnya1.
 
Kebutuhan jasmaniAdalah kebutuhan yang diperlukan untuk pemenuhan fisik/jasmani yangsifatnya kebendaan. Contoh: makanan, pakaian, olahraga, dan istirahat.2.
 
Kebutuhan rohaniAdalah kebutuhan yang diperlukan untuk pemenuhan jiwa atau rohani.Kebutuhan ini sifatnya relatif karena tergantung pada pribadi seseorang yangmembutuhkan. Contoh: beribadah, rekreasi, kesenian, dan hiburan.d.
 
Kebutuhan menurut subjeknya1.
 
Kebutuhan individuAdalah kebutuhan yang hanya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan seorangsaja. Contoh: kebutuhan dosen saat mengajar berbeda dengan kebutuhanseorang dokter.2.
 
Kebutuhan sosial (kelompok)Adalah kebutuhan yang diperlukan untuk memenuhi kepentingan bersamakelompok. Contoh: siskamling, gedung sekolah, rumah sakit, dan jembatan.
2.
 
Unsur – unsur wajib dalam mencari arti hidup
 Menurut saya unsur – unsur wajib dalam mencari arti hidup yaitu :1.
 
Memahami jati diri sendiri.Seseorang harus dapat mengenali karakter, sifat – sifat serta segala apapun yangberhubungan denga jati dirinya agar dapat mengetahui porsinya dalam melakukanatau memilih sesuatu. Sebab apabila kita salah dalam melakukan atau memilihsesuatu (tidak sesuai porsinya) maka akan menimbulkan kerancuaan sehinggaakan mengalami kesulitan dalam menjalankan langkah kedepannya.2.
 
Manusia harus berani menghadapi tantangan hidup yang terjadi pada dirinya.Apabila kita dapat menghadapi segala rintangan yang terjadi dalam hidup inimaka berarti kita siap dalam dalam menjalani arti hidup yang dapat dikatakantidak mudah dan instant. Sebab memerlukan kebulatan niat, semangat dankesabaran dalam mencapainya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->