Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
128Activity
×
P. 1
BAB II Skripsi (Sistem Informasi Administrasi Komputerisasi Keuangan MA Mazro'atul Huda Karanganyar Berbasis OpenSource)

BAB II Skripsi (Sistem Informasi Administrasi Komputerisasi Keuangan MA Mazro'atul Huda Karanganyar Berbasis OpenSource)

Ratings:

4.63

(16)
|Views: 45,734|Likes:
Published by farazinux

More info:

Published by: farazinux on Apr 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as ODT or read online from Scribd
See More
See less

06/22/2013

original

 
BAB IILANDASAN TEORI
Pada bab kedua ini, memberikan pembahasan tentang teori-teori yang berhubungan dengan perancangan sistem informasi komputerisasi administrasikeuangan MA Mazro'atul Huda Karanganyar Demak. Hal-hal yang dijelaskanyaitu :
2.1.Konsep Dasar Sistem
Pengertian dan definisi sistem pada berbagai bidang berbeda-beda,tetapimeskipun istilah sistem yang digunakan bervariasi, semua sistem pada bidang-bidang tersebut mempunyai beberapa persyaratan umum, yaitusistem harus mempunyai elemen, lingkungan, interaksi antar elemen,interaksi antara elemen dengan lingkungannya, dan yang terpenting adalahsistem harus mempunyai tujuan yang akan dicapai.Berdasarkan persyaratan ini, sistem dapat didefinisikan sebagaiseperangkat elemen yang digabungkan satu dengan lainnya untuk suatutujuan bersama.Kumpulan elemen terdiri dari manusia, mesin, prosedur,dokumen, data atau elemen lain yang terorganisir dari elemen-elementersebut. Elemen sistem disamping berhubungan satu sama lain, juga berhubungan dengan lingkungannya untuk mencapai tujuan yang telahditentukan sebelumnya.Terdapat beberapa definisi sistem yaitu :“Sebuah sistem terdiri dari bagian-bagian saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud”.(Gordon B. Davis : 1984)“Sistem adalah himpunan dari unsur-unsur yang saling berkaitansehingga membentuk suatu kesatuan yang utuh dan terpadu”. (RamondMcleod (2001).
 
2.1.1.Karakteristik Sistem1.Komponen Sistem
Komponen sistem atau elemen sistem dapat berupa :a.Elemen-elemen yang lebih kecil yang disebut
 sub sistem
,misalkan sistem komputer terdiri dari sub sistem perangkatkeras, perangkat lunak dan manusia b.Elemen-elemen yang lebih besar yang disebut
 supra sistem
.Misalkan bila perangkat keras adalah sistem yang memilikisub sistem CPU, perangkat I/O dan memori, maka suprasistem perangkat keras adalah sistem komputer.
1.Batas sistem
Batas sistem merupakan daerah yang membatasi antarasuatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkunganluarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandangsebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruanglingkup dari sistem tersebut.
2.Lingkungan luar sistem
Lingkungan dari sistem adalah apapun di luar batas darisistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luasistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifatmerugikan sistem tersebut. lingkungan luar yang mengutungkanmerupakan energi dari sistem dan dengan demikian harus tetapdijaga dan dipelihara. Sedang lingkungan luar yang merugikanharus ditahan dan dikendalikan, kalau tidak akan mengganggukelangsungan hidup dari sistem.
3.Penghubung
Penghubung merupakan media perantara antar subsistem.Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber dayamengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya. Output darisatu subsistem akan menjadi input untuk subsistem yang lainnyadengan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem
 
dapat berinteraksi dengan subsistem yang lainnya membentuk satukesatuan.
4.Masukkan
Masukan adalah energi yang dimasukkan ke dalam sistem.Masukan dapat berupa
maintenance inpu
dan
 sinyal inpu
.
Maintenance input 
adalah energi yang dimasukkan supaya sistemtersebut dapat beroperasi.
Sinyal input 
adalah energi yang diprosesuntuk didapatkan keluaran.
5.Keluaran
Keluaran adalah hasil dari energi yang diolah dandiklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukan untusubsistem yang lain atau kepada supra sistem.
6.Pengolah
Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah atausistem itu sendiri sebagai pengolahnya. Pengolah yang akanmerubah masukan menjadi keluaran. Suatu sistem produksi akanmengolah masukan berupa bahan baku dan bahan-bahan yang lainmenjadi keluaran berupa barang jadi.
7.Sasaran atau tujuan
Suatu sistem pasti mempunyai tujuan atau sasaran. Kalausuatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangat menentukan sekalimasukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akandihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenaisasaran atau tujuannya.
2.1.1.Klasifikasi Sistem
1.Sistem abstrak dan sistem fisik. Sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik.Misalnya sistem teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran- pemikiran hubungan antara manusia dengan tuhan. Sistem fisik 

Activity (128)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Deva Evanns liked this
Yesti Nickname liked this
YOugie EOi EZt liked this
Catur Chiki liked this
Kamelia San liked this
fani_setiawan_1 liked this
Iam Juangkrik liked this
Horee Smangat liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->