Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kepemimpinan Print

Kepemimpinan Print

Ratings: (0)|Views: 3|Likes:
Published by Leni Pertiwi Putri

More info:

Published by: Leni Pertiwi Putri on May 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Manajer adalah seorang yang mempunyai wewenang untuk memerintah oranglain. Seorang manajer dalam menjalankan pekerjaan dan tanggung jawabnyamenggunakan bantuan orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Dengan demikian, ia perlu memimpin pegawai, karyawan, pekerja, atau apapunsebutannya. Tidak setiap orang yang ditunjuk sebagai pemimpin bisamenjalankan pekerjaan dengan baik. Selain itu, tidak setiap pemimpin dapatmenjadi pemimpin yang baik.Mc. Gregor menyatakan bahwa setiap manusia merupakan kehidupanindividu secara keseluruhan yang selalu mengadakan interaksi dengan duniaindividu lainnya. Apa yang terjadi dengan orang tersebut merupakan akibat dari perilaku orang lain. Sikap dan emosi dari orang lain mempengaruhi orangtersebut. Bawahan sangat tergantung pada pimpinan dan berkeinginan untuk diperlakukan adil. Suatu hubungan akan berhasil apabila dikehendaki oleh kedua belah pihak.Bawahan memerlukan rasa aman dan akan memperjuangkan untuk melindungi diri dari ancaman yang bersifat semu atau yang benar - benar ancaman terhadap tidak terpenuhinya kebutuhan dalam situasi kerja.Atasan/pimpinan menciptakan kondisi untuk mewujudkan kepemimpinan yangefektif dengan membentuk suasana yang dapat diterima oleh bawahan, sehingga bawahan tidak merasa terancam dan ketakutan.Untuk dapat melakukan hal tersebut di atas, baik atasan maupun bawahan perlu memahami tentang pengelolaan kepemimpinan secara baik, yang padaakhirnya akan terbentuk motivasi dan sikap kepemimpinan yang profesional.
1.2
 
Tujuan
1.2.1
 
Tujuan UmumUntuk mengetahui kepemimpinan dalam keperawatan
 
21.2.2
 
Tujuan Khusus1.2.2.1
 
Mengetahui konsep kepemimpinan yang berisikan pengertian, kriteriaPemimpin, dan kepemimpinan keperawatan dalam menejemen keperawatan.1.2.2.2
 
Mengetahui teori
 – 
teori kepemimpinan dalam menejemen pelayanankesehatan.1.2.2.3
 
Mengetahui dan menjelaskan gaya kepemimpinan dalam manajemenkeperawatan.1.2.2.4
 
Mengetahui dan menjelaskan cirri dan ketrampilan yang harus dikuasai pemimpin yang efektif.1.2.2.5
 
Mengetahui peran dan fungsi dari kepala ruang sebagai seorang pemimpin.
 
3
BAB IITINJUAN PUSTAKA2.1
 
Konsep Kepemimpinan2.1.1
 
Definisi
Ada beberapa definisi tentang kepemimpinan, antara lain:a.
 
StogdillKepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas seseorangatau sekelompok orang untuk mau berbuat dan mencapai tujuan tertentu yangtelah ditetapkan. ( Russel C Swansburg, 2000) b.
 
Ordway TedKepemimpinan adalah perpaduan berbagai perilaku yang dimiliki seseorangsehingga orang tersebut mempunyai kemampuan untuk mendorong orang lain bersedia dan dapat menyelesaikan tugas - tugas tertentu yang dipercayakankepadanya.c.
 
Georgy R. TerryKepemimpinan adalah hubungan yang tercipta dari adanya pengaruh yangdimiliki seseorang terhadap orang lain sehingga orang lain tersebut secarasukarela mau dan bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yangdiinginkan.d.
 
Paul Hersay, Ken BlanchordKepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas seseorangatau sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkandalam suatu situasi tertentu. ( H. Zaidin Ali, 2000)Dapat dipahami dari empat batasan di atas bahwa kepemimpinan akanmuncul apabila ada seseorang yang karena sifat - sifat dan perilakunyamempunyai kemampuan untuk mendorong orang lain untuk berpikir, bersikap, dan ataupun berbuat sesuatu sesuai dengan apa yang diinginkannya.Kepemimpinan dalam konteks organisasi utamanya menekankan padafungsi pengarahan yang meliputi memberitahu, menunjukkan, dan memotivasi bawahan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->