Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaman Listrik

Pengaman Listrik

Ratings: (0)|Views: 554|Likes:
Published by Reza_Karnas

More info:

Published by: Reza_Karnas on May 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/04/2013

pdf

text

original

 
1
MCB (Miniatur Circuit Breaker)
Merupakan suatu alat yang digunakan untuk  pengaman dari arus hubung singkat dan dan jugasebagai pembatas arus. Untuk pengamanan darihubung singkat MCB di desain dengan komponenrelay elektromagnetik sedangkan untuk mengamankan dari beban lebih MCB dilengkapidengan komponen Thermis (Bimetal), atau bisa juga berfungsi sebagai pembatas arus.
MCCB (Moulded Case Circuit Breaker)
Fungsi MCCB adalah sebagai pemutus sirkit pada tegangan menengah.
NFB (No Fuse Breaker)
Berfungsi untuk menghubungkan danmemutus tegangan/arus utama dengan sirkuit atau beban, selain itu berfungsi juga untuk memutuskan/melindungi beban dari arus yang berlebihan ataupun jika terjadi hubung singkat. Carakerja NFB, ketika arus yang mengalir melaluinyamelebihi dari nilai yang tertera pada NFB makasecara otomatis NFB akan memutuskan arusnya.Gambar disamping adalah NFB 3 Phase umumnyadigunakan pada sirkuit induktion motor atau control panel.
 
2
Lightning Arrester
Penggunaan lighting arrester pada sistemdistribusi adalah untuk melindung peralatanterhadap gangguan akibat sambaran petir. Arrester  juga digunakan untuk melindungi saluran distribusidari flashover. Arrester dipasang dekat atau pada peralatan yang dihubungkan dari fasa konduktor ketanah.Pada saat sistem bekerja normal, arrester memiliki sifat sebagai isolator. Apabila terjadisambaran petir, arrester akan berubah menjadikonduktor dan membuat jalur ke tanah (bypass)yang mudah dilalui oleh arus petir, sehingga tidak menimbulkan tegangan lebih yang tinggi pada trafo.
FCO (Fuse Cut Out)
Fuse cut out atau biasa disingkat FCOadalah peralatan proteksi yang bekerja apabilaterjadi gangguan arus lebih. Alat ini akanmemutuskan rangkaian listrik yang satu denganyang lain apabila dilewati arus yang melewatikapasitas kerjanya.Prinsip kerjanya adalah ketika terjadigangguan arus maka fuse pada cut out akan putus,seperti yang ada pada SPLN 64 tabung ini akanlepas dari pegangan atas, dan menggantung diudara, sehingga tidak ada arus yang mengalir kesistem.Adapun cara perlindungannya adalah dengan melelehkan fuse link, sehinggadapat memisahkan antara bagian yang sehat dan yang terganggu. Sedangkan fuse link itusendiri adalah elemen inti dari FCO yang terletak di dalam fuse holder dan mempunyaititik lebur tertentu. Jika beban jaringan sesudah FCO menyentuh titik lebur tersebut, makafuse link akan meleleh dan akan memisahkan jaringan sebelum FCO dengan jaringansesudah FCO.Cut out biasanya digunakan pada jaringan distribusi 20 kV untuk proteksi trafodistribusi dari arus lebih akibat hubung singkat,dan juga diletakkan pada percabanganuntuk proteksi jaringan. Namun ada kelemahan dari pengaman jenis ini, yaitu penggunaannya terbatas pada penyaluran daya yang kecil, serta tidak dilengkapi dengan alat peredam busur apiyang timbul pada saat terjadi gangguan hubung singkat.
 
3
Fuse / Sekring
Fuse terpasang dalam rangkaiaan listrik tersusun secara seri, sehingga jika terlewati arusyang melebihi kapasitas kerja dari fuse tersebut,maka fuse akan terbakar dan memutus arus yang adadalam rangkaian tersebut. Element penghantar yangterdapat dalam fuse tersebut akan meleleh, danmemutus rangkaian listrik tersebut sebagai pengaman terhadap komponen-komponen lain dalamrangkaian listrik tersebut dari bahaya arus besar.Jika kita dapati fuse yang telah terbakar atau putus elementnya kita harus menggantinyadengan yang baru, tetapi yang perlu diingat adalah penggantian dengan kapasitas arus yang sama. Jika menggantinya dengan kapasitas arusyang lebih besar maka akan berakibat kerusakan pada rangkaian listrik tersebut, karena jika ada arus lebih dalam rangkaian tersebut, fuse tidak akan putus atau terbakar.
NH Fuse
Sebagai pengaman trafo terhadap aruslebih yang terpasang di sisi tegangan rendah(220 Volt), untuk melindungi trafo terhadapgangguan arus lebih yang disebabkan karenahubung singkat dijaringan tegangan rendahmaupun karena beban lebih.
ELCB (
Earth Leakaque Circuit Breaker)
 
Earth Leakaque Circuit Breaker atau alat pengaman arus bocor tanah atau juga disebut saklar  pengaman arus sisa (SPAS) bekerja dengan sistimdifferential, saklar ini memiliki sebuah transformator arus dengan inti berbentuk gelang, inti ini melingkarisemua hantaran suplay ke mesin atau peralatan yangdiamankan, termasuk hantaran netral, ini berlakuuntuk semua sambungan satu-phasa, sambungan tiga- phasa tanpa netral maupun sambungan tiga-phasadengan netral.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->