Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BRONCHOPNEUMONIA_02

BRONCHOPNEUMONIA_02

Ratings: (0)|Views: 10 |Likes:
Published by Debby Hatmalyakin

More info:

Published by: Debby Hatmalyakin on May 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan jaman dan berkembangnya berbagaimacam penyakit dapat menyerang manusia.Dalam kehidupan sehari-hari manusia dan lingkungan saling berinteraksi, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk terkena penyakitakibat pengaruh lingkungan. Bronchopneumonia adalah satu penyakit saluran pernafasan yang biasanya diderita oleh balita, anak juga tetapi juga seringdiderita oleh orang dewasa. Penyakit ini timbul karena kurangnya kebersihanlingkungan, kepadatan penduduk, polusi udara dan juga karena infeksi virusdan bakteri.Insiden biasanya ditemukan pada laki-laki lebih banyak daripadawanita. Gejala yang tidak spesifik dan tidak mendadak sehingga tidak dirasakan oleh klien.Penyakit ini memerlukan perawatan dan penanganannya yang baik agar komplikasi yang mungkin terjadi dapat dicegah. Penyakit ini dapat terjadi bilastamina/daya kekebalan tubuh sedang menurun.
B.TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah:1.Untuk mengetahui pengertian, tanda dan gejala, patofisiologi dari penyakitBronchopneumonia.2.Memberi informasi/gambaran tentang pelaksanaan asuhan keperawatan pada pasien dengan Bronchopneumonia.3.Agar dapat membandingkan antara teori tentang Bronchopneumoniadengan kasus nyata pada pasien.
 
C.METODE PENULISAN
Dalam penulisan makalah ini data dan informasi diperoleh melalui:1.Pengamatan kasusDengan mengadakan pengkajian, pelaksanaan asuhan keperawatan pada pasien dengan Bronchopneumonia di unit Elisabet.2.Studi kepustakaanMempelajari beberapa buku literatur yang berhubungan denganBronchopneumonia.
D.SISTEMATIKA PENULISAN
Penyusunan makalah ini dimulai dengan Bab I. Pendahuluan, yangterdiri dari latar belakang, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan. Pada Bab II diuraikan tentang tinjauan teoritis yang mencakupdefinisi, anatomi fisiologi, etiologi, patofisiologi, tanda dan gejala,komplikasi, konsep asuhan keperawatan, discharge planning dan patoflowdiagram. Bab III selanjutnya tentang pengamatan kasus pasien denganBronchopneumonia, Bab IV menguraikan tentang pembahasan kasus. Bab Vmerupakan kesimpulan dan terakhir daftar pustaka.
 
BAB IITINJAUAN TEORITIS
A.KONSEP MEDI1.Definisi
Pneumonia adalah proses peradangan pada parenchyme (jaringan paru)dimana umumnya disebabkan oleh agen infeksius (Brunner and Suddarth,2002).Bentuk dan macam pneumonia:a.Lobar pneumoniaProses peradangan yang terjadi pada sebagian lobus atau beberapalobus. Eksudat yang terjadi dapat menyumbat alveoli. b.Disseminated lobular pneumoniaProses peradangan yang terjadi baik di kedua lapang paru hingga pada bronchus dan daerah sekitar bronchus.c.Interstitial pneumoniaProses peradangan terjadi pada dinding alveolus dan jaringan peribronkial serta jaringan interlobular.Bronchopneumonia adalah proses peradangan yang mempunyai pola penyebaran bercak teratur dalam satu atau lebih area terlokalisasi di dalam bronki dan meluas ke parenkim paru yang berdekatan di sekitarnya.(Brunner and Suddarth, 2001).
2.Anatomi Fisiologi
Pernafasan (respirasi) adalah peristiwa menghirup udara dari luar yang mengandung O
2
ke dalam tubuh dan menghembuskan udara yangmengandung CO
2
sebagai sisa dari oksidasi keluar dari tubuh. Organ-organ pernafasan terdiri dari: hidung, faring, laring, trakea, bronchus, bronchiolus dan paru-paru.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->