Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah siap

makalah siap

Ratings: (0)|Views: 27 |Likes:
Published by Gito Manaloe

More info:

Published by: Gito Manaloe on May 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/27/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar belakang
Kartu debit dan kartu ATM adalah kartu khusus yang diberikan oleh Bank kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis atas rekeningtersebut. Pada saat kartu digunakan bertransaksi, akan langsung mengurangi dana yangtersedia pada rekening. Apabila digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM, maka kartutersebut dikenal dengan kartu ATM. Namun apabila digunakan untuk transaksi pembayarandan pembelanjaan non-tunai dengan menggunakan mesin EDC ( Electronic Data Capture ),maka kartu tersebut dikenal sebagai kartu Debit.Setiap pemegang kartu diberikan nomor pribadi ( PIN ) yang bersifat rahasia untuk keamanan dan otorisasi transaksi.Untuk kartu debit, selai otorisasi dengan PIN, dimungkinkan pula otorisasi dengantanda tangan seperti halnya Kartu Kredit. Batas ( limit ) transaksi kartu Debit dan kartu ATMtergantung dari jenis kartu yang temen-temen miliki. Umumnya terdiri dari limit jumlah danfrekuensi transaksi, baik untuk penarikan tunai, belanja, maupun transfer.Kartu ATM maupun kartu Debit memberikan berbagai kemudahan bagi masyarakatdalam bertransaksi setiap saat, efisien dalam segi waktu,aman, dan lain lain. Namunkehadiran ATM juga bukan tidak ada resikonya, sudah banyak kasus mengenai pembobolanATM, pencurian kode pin ATM yang dikenal sebagai yang bisa juga lebih cepatmenghabiskan uang masyarakat.
1.2
 
Rumusan Masalah
Berbicara mengenai penggunaan ATM ini maka tidak terlepas dari dampak buruk dan juga baiknya.Yang menjadi masalahnya adalah:1.
 
Apakah pemakaian ATM memang lebih memposisikan kepada hal yang positifnya atau menjadi momok yang membahayakan pagi pemiliknya?
 
2
2.
 
Apakah tindakan pemerintah dalam menanggulangi masalah tersebut?3.
 
Adakah solusi yang diberikan pemerintah sebagai pihak yang berwenang dalammenanggulangi masalah tersebut?
 
3
BAB II
ISI2.1 Pengertian ATM
Dewasa ini, penggunaan waktu secara efektif dan efisien adalah salah satu hal yangmenentukan suatu program kerja maupun studi, karena keberadaan pasar globalmenghendaki suatu proses yang cepat dan tepat bukan lagi menganut biar lambat asalselamat merujuk pada penggunaan waktu dan kondisi.Oleh karena faktor tersebut makatimbul pola pikir yang berupa suatu inovasi dalam merealisasikan konsep efektif dan efisientersebut.Dalam masalah ini lebih mengarah kepada tindakan perbankan dalammenanggulangi atau memberikan pelayanan ekstra bagi pelanggan dalam kemudahantransaksi dan tidak memakan waktu yang relatif banyak.Dalam dunia perbankan, pelayanan merupakan faktor yang penting dalam menarik daya pikat nasabah. Nasabah pada umumnya akan memilih salah satu bank yang memilikitingkat pelayanan yang baik dan memuaskan. Pelayanan yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah tidak hanya dari sisi pelayanan teller dan customer service saja tetapi harusdilihat dari segi penganekaragaman produk bank dalam peningkatan pelayanan ATM.Pengertian ATM. ATM dalam bahasa inggris dikenal dengan Automatic teller machine, atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. ATMmerupakan alat elektronik yang diberikan oleh bank kepada pemilik rekening yang dapatdigunakan untuk bertransaksi secara elektronik seperti mengecek saldo, mentransfer uangdan juga mengambil uang dari mesin ATM, tanpa perlu dilayani seorang teller. Setiap pemegang kartu diberikan PIN (personal identification number), atau nomor pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM.ATM terdiri dari dua jenis yaitu,kartu kredit dan debit.Hal yang membedakankeduanya adalah kartu kredit digunakan untuk melakukan transaksi di mesin mesinATM,seperti mengecek saldo, transfer uang,penarikan uang dan lain lain. Sementara kartudebit digunakan untuk bertransaksi pembayaran dan pembelanjaan non-tunai dengan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->