Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah traktus urogenital

Makalah traktus urogenital

Ratings: (0)|Views: 7 |Likes:
Published by Ida Bagus Indrayana
Makalah traktur urogenital
Makalah traktur urogenital

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Ida Bagus Indrayana on May 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2014

pdf

text

original

 
TRAKTUS UROGENITAL
Ida Bagus Indrayana M10.2009.119
Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida WacanaArjuna Utara No. 6 Jakarta 11510.(021) 5634-2061
 Appucrawler@yahoo.com
PENDAHULUAN
Pada wanita yang sehat dan tidak hamil setiap bulan secara teratur akan mengeluarkandarah (Menstruasi/Haid). Pada umumnya peristiwa haid akan mulai terjadi saat umur 11-16tahun. Pada awalnya mungkin tidak teratur. Dan akan menjadi reguler(normal) setelah 6bln-2tahun dengan siklus haid + 28 hari. Jaid biasa terjadi antara 2-8 hari dengan volume 50-100ml.Faktor-faktor pelepasan yang dihasilkan Hipothalamus bekerja pada kelenjar Hyporfise lobus anterior, yang selanjutnya mengeluarkan hormon Gonadotropin, yaitu FSH(Folicie Stimulating Hormon) dan LH (Lueteinising Hormon) yang merangsang danmengatur perubahan berkala ovarium.Pada permulaan setiap daur ovarium sejumlah Folicie Promodial, berkisar anara 5-12mulai tumbuh dibawah pengaruh FSH dan hanya 1 yang mencapai kematangan sempurna danhanya 1 oosit yang dikeluarkan. Selama pertumbuhan folikel, banyak sel foliker dan sel telur terbentuk. Sel ini menghasilkan estrogen, yang merangsang hyporfesis mengeluarkan LH.Hormon ini (LH) dibutuhkan untuk tahap-tahap terakhir pematangan folikel dan merangsang pelepasan oosit.
 
PEMBAHASANI.
 
Struktur Makroskopis
Ketika dilahirkan normalnya seorang anak wanita telah mempunyai organreproduksi yang lengkap, akan tetapi belum berfungsi sepenuhnya dengan sempurna. Organreproduksi akan berfungsi sepenuhnya saat seorang wanita telah memasuki masa pubertas,dimana ditandai dengan perubahan-perubahan pada organ seks, seperti pembesaran payudara, pinggul dan keluar darah haid (menstruasi).Anatomi organ reproduksi wanita terdiri atas vulva, vagina, serviks (cerviks), rahim (uterus),saluran telur (fallopian tube/tuba falopi) dan indung telur (ovary/ovarium).
A.
 
Vulva
Vulva merupakan suatu daerah yang menyelubungi vagina. Vulva terdiri atas mons pubis, labia (labia mayora dan labia minora), klitoris, daerah ujung luar vagina dan salurankemih.
 
Mons pubis : gundukan jaringan lemak yang terdapat dibagian bawah perut, Daerahini dapat dikenali dengan mudah karena tertutup oleh rambut pubis. Rambut ini akantumbuh saat seorang gadis beranjak dewasa.
 
 
Labia: Lipatan berbentuk seperti bibir yang terletak di dasar mons pubis.Terdiri daridua bibir, yaitu labium mayora (bibir luar) merupakan bibir yang tebal dan besar danlabium minora (bibir dalam), merupakan bibir yang tipis yang menjaga jalan masuk ke vagina.
 
Klitoris : merupakan organ kecil yang terletak pada pertemuan antara ke dua labiaminora dan dasar mons pubis. Ukurannya sebesar kacang polong, penuh dengan selsyaraf sensorik dan pembuluh darah. Organ mungil ini sangat sensitif dan berperan besar dalam fungsi seksual.
B.
 
Vagina
Vagina merupakan saluran yang elastis, panjangnya sekitar 8-10 cm, dan berakhir  pada rahim. Vagina dilalui oleh darah pada saat menstruasi dan merupakan jalan lahir.Karena terbentuk dari otot, vagina bisa melebar dan menyempit. Kemampuan ini sangathebat, terbukti pada saat melahirkan vagina bisa melebar seukuran bayi yang melewatinya.Pada bagian ujung yang terbuka, vagina ditutupi oleh sebuah selaput tipis yang dikenaldengan istilah selaput dara. Bentuknya bisa berbeda-beda antara tiap wanita. Selaput ini akanrobek pada saat bersanggama, kecelakaan, masturbasi/onani yang terlalu dalam, olah ragadsb.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->