Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peran Manusia Sebagai Khalifah Fil Ardh

Peran Manusia Sebagai Khalifah Fil Ardh

Ratings: (0)|Views: 694 |Likes:
Published by Agung Arifaini

More info:

Published by: Agung Arifaini on May 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/27/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1. 1Latar Belakang Masalah
Manusia dan teknologi adalah dua kata yang tak bisa dipisahkan padaera modern pada saat ini. Kita tahu bahwa perkembangan teknologi yangsangat pesat saat ini, seakan-akan memudahkan dan memanjakan manusiadalam menjalankan aktivitas kehidupannya. Hubungan manusia dan teknologiini bisa temui disetiap aktivitas yang kita lakukan, Manusia tak akan pernahlepas dari sebuah Teknologi. Sehingga Teknologi saat ini, merupakan bagiandari kebutuhan pokok yang harus wajib dirasakan dan dinikmati manfaatnya,selain kebutuhan pokok seperti pangan, sandang, dan papan.Teknologi sangatmenarik dan tidak pernah membosankan untuk dibahas, hal itu dikarenakandari tahun ke tahun teknologi selalu terupdate. Perkembangannya juga begitupesat disemua bidang, dimana perkembangan tersebut ikut mempengaruhicara berpikir manusia yang semakin menginginkan alat-alat cangggih terbarutentunya yang lebih praktis untuk membantu mempermudah pekerjaannya.Dengan berkembangnya teknologi, setiap manusia dituntut untuk dapatmengikuti pekembangan teknologi itu sendiri.Sains, memberi penekanan kepada sumbangan pemikiran manusiadalam menguasai ilmu pengetahuan itu, dan ini terdapat dalam seluruh alamsemesta. Proses mencari kebenaran serta mencari jawaban kepada persoalan-persoalan secara sistematik yang dinamakan pendekatan saintifif dan iamenjadi landasan perkembangan teknologi yang menjadi salah satu unsureterpenting peradaban manusia. Teknologi merupakan aplikasi dari sain sebagairespons atas tuntutan manusia akan kehidupan yang lebih baik. Teknologiadalah suatu cara untuk teknik memproduksi atau memproses membuatsesuatu yang lebih mengembangkan keterampilan manusia.Sains dan Teknologi bisa dipahami sebagai sesuatu yang baik ataupunburuk tergantung dari mana orang itu memandangnya. Teknologi itu bisatermasuk golongan yang baik apabila mendatangkan kemanfaatan bagi
1
 
seseorang. Teknologi yang buruk apabila teknologi tersebut bisamendatangkan kemudharatan bagi manusia. Belakangan ini sering kali orangsering kali salah dalam memanfaatkan teknologi. Seperti yang kita ketahuibaru-baru ini beredar berita bahwa situs resmi presiden Indonesia di bajak olehseorang Hacker yang ternyata hanya berprofesi sebagai penjaga warnet.Sungguh ironis ketika anak bangsa ini mempunyai ilmu yang bermanfaatternyata dimanfaatkan untuk tindakan kejahatan dan melanggar hukum. Dantentu merupakan salah satu kesalahan dalam memanfaatkan teknologi.Manusia pada hakikatnya diciptakan di dunia ini sebagai khalifah untukmemelihara bumi ini atau sering kita sebut sebagai khalifah fil ardh. Dan tentusaja sebagai khalifah fil ardh manusia tentu dituntut untuk bisa memajukan danmenjaga bumi ini, salah satunya adalah dengan penciptaan-penciptaanberbagai macam teknologi. Dalam makalah ini akan dibahas peran manusiadalam Ilmu dan teknologi dan hubungannya sebagai khalifah fil ardh.
1. 2Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah yang akan dibahasa pada makalah ini adalah sebagaiberikut :1.Bagaimana Sains dan Teknologi bisa berperan dalam kehidupan manusia.2.Bagaimana peran manusia sebagai khalifah fil ard dalam kemajuanteknologi.
1. 3Ruang Lingkup Pembahasan Dan Pembatasan
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan dalam makalah ini, makamasalah yang akan dibahas dalam makalah ini perlu ada batasan. Adapunbatasan-batasan permasalahannya adalah :1.Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi2.Pentingnya manusia dalam mengawal kemajuan teknologi.
2
 
1. 4Rumusan Masalah
 Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah :1.Bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi bisa berperan dalamkehidupan manusia.2.Bagaimana memaknai khalifah fil-ardh sebagai upaya mengawalkemajuan sains dan teknologi?3.Bagaimana upaya untuk memanifestasi khalifah fil ardh dalam perannyauntuk sains dan teknologi yang berguna bagi umat?
1. 5Tujuan Dan Manfaat Penulisan
Tujuan dan manfaat dari penulisan makalah ini adalah :1.Mengetahui pentingnya peran manusia sebagai khalifah fil ardh dalamkemajuan sains dan teknologi.2.Mengetahui fakta bahwa teknologi tidak hanya memberikan kemanfaatan.Tapi juga ada mudharatnya.3.Mengetahui bentuk teknologi yang bermanfaat bagi umat manusia.
3

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->