Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penyusunan APBD 2014 Lampiran Permendagri No. 27 Tahun 2013

Penyusunan APBD 2014 Lampiran Permendagri No. 27 Tahun 2013

Ratings: (0)|Views: 6,906 |Likes:
Published by Yonni Herunanto
Penyusunan APBD 2014 - lampirannya
Penyusunan APBD 2014 - lampirannya

More info:

Published by: Yonni Herunanto on May 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2014

pdf

text

original

 
1
LAMPIRANPERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIANOMOR 27 TAHUN 2013 TENTANGPEDOMAN PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN DANBELANJA DAERAH TAHUN ANGGARAN 2014URAIAN PEDOMAN PENYUSUNAN APBD TAHUN ANGGARAN 2014I.
 
Sinkronisasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dengan Kebijakan Pemerintah
 
Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2014 menetapkan bahwa tema
Pembangunan Nasional adalah “
Memantapkan Perekonomian Nasionaluntuk Peningkatan Kesejahteraan Rakyat yang Berkeadilan
”, dengan sasaran
utama yang harus dicapai pada akhir tahun 2014 antara lain yaitu:1.
 
Pencapaian target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8 sampai dengan 7,2persen;2.
 
Penurunan angka pengangguran menjadi 5,0 sampai dengan 6,0 persen;3.
 
Penurunan angka kemiskinan menjadi 8,0 sampai dengan 10,0 persen;dan4.
 
Laju Inflasi 4,5 persen dan bertambah atau berkurang 1,0 persen.Memperhatikan sasaran utama tersebut, ditetapkan 11 (sebelas)Prioritas Nasional dan 3 (tiga) Prioritas Lainnya yang harus disinergikandengan prioritas pembangunan daerah, yaitu:1.
 
Reformasi birokrasi dan tata kelola;2.
 
Pendidikan;3.
 
Kesehatan;4.
 
Penanggulangan kemiskinan;5.
 
Ketahanan pangan;6.
 
Infrastruktur;7.
 
Iklim investasi dan iklim usaha;8.
 
Energi;9.
 
Lingkungan hidup dan pengelolaan bencana;10.
 
Daerah tertinggal, terdepan, terluar, dan pasca konflik;11.
 
Kebudayaan, ekonomi kreatif, dan inovasi teknologi; dan12.
 
3 (tiga) prioritas lainnya yaitu (1) bidang politik, hukum, dan keamanan;(2) bidang perekonomian; dan (3) bidang kesejahteraan rakyat.Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota harusmendukung tercapainya sasaran utama dan prioritas pembangunannasional tersebut sesuai dengan potensi dan kondisi masing-masing daerah,mengingat keberhasilan pencapaian sasaran utama dan prioritaspembangunan nasional dimaksud sangat tergantung pada sinkronisasikebijakan antara pemerintah provinsi dengan pemerintah dan antarapemerintah kabupaten/kota dengan pemerintah dan pemerintah provinsi yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).
 
-2-
Untuk itu, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalammenyusun RKPD Tahun 2014 mempedomani Peraturan Menteri DalamNegeri Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyusunan, Pengendaliandan Evaluasi RKPD Tahun 2014.Sinkronisasi kebijakan pemerintah daerah dan pemerintah antara laindiwujudkan dalam penyusunan rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA)dan rancangan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yangdisepakati bersama antara pemerintah daerah dan DPRD sebagai dasardalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD TahunAnggaran 2014. KUA dan PPAS pemerintah provinsi Tahun 2014berpedoman pada RKPD provinsi Tahun 2014 yang telah disinkronisasikandengan RKP Tahun 2014, sedangkan KUA dan PPAS pemerintahkabupaten/kota berpedoman pada RKPD kabupaten/kota Tahun 2014 yangtelah disinkronisasikan dengan RKP Tahun 2014 dan RKPD provinsi Tahun2014.Hasil sinkronisasi kebijakan tersebut dicantumkan pada PPAS yangdiatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006,sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan MenteriDalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011, dalam bentuk Tabel 1 dan Tabel 2sebagai berikut: Tabel 1Sinkronisasi Kebijakan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dalamRancangan Peraturan Daerah tentang APBD dan Rancangan PeraturanKepala Daerah tentang Penjabaran APBD dengan Prioritas Nasional
No Prioritas NasionalAnggaran Belanja DalamRancangan APBD JumlahBelanjaLangsungBelanja TidakLangsung1 2 3 4 5=3+4123456789101112
Reformasi Birokrasi dan TataKelola;Pendidikan;Kesehatan;Penanggulangan Kemiskinan;Ketahanan Pangan;Infrastruktur;Iklim Investasi dan Iklim Usaha;Energi;Lingkungan Hidup danPengelolaan Bencana;Daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar, dan Pasca Konflik;Kebudayaan, Ekonomi Kreatif,dan Inovasi Teknologi;Prioritas Lainnya:a.
 
Bidang Politik, Hukum, danKeamanan;b.
 
Bidang Perekonomian; danc.
 
Bidang KesejahteraanRakyat.
 
-3-
Keterangan:1.
 
Kolom 3 dan Kolom 4 untuk:a.
 
Prioritas 1 Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola diisi dengan jumlahanggaran belanja untuk urusan Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum,Administrasi Keuangan Daerah, Perangkat Daerah, Kepegawaian danPersandian;b.
 
Prioritas 2 Pendidikan diisi dengan jumlah anggaran belanja untukurusan Pendidikan, urusan Kepemudaan dan Olahraga serta urusanPerpustakaan;c.
 
Prioritas 3 Kesehatan diisi dengan jumlah anggaran belanja untukurusan Kesehatan;d.
 
Prioritas 4 Penanggulangan Kemiskinan diisi dengan jumlah anggaranbelanja untuk urusan Sosial, urusan Ketenagakerjaan, urusanPemberdayaan Masyarakat dan Desa, urusan Pemberdayaan Perempuandan Perlindungan Anak, urusan Keluarga Berencana dan KeluargaSejahtera, urusan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah;e.
 
Prioritas 5 Ketahanan Pangan diisi dengan jumlah anggaran belanjauntuk urusan Kelautan dan Perikanan, urusan Pertanian dan urusanKetahanan Pangan;f.
 
Prioritas 6 Infrastruktur diisi dengan jumlah anggaran belanja untukurusan Perumahan Rakyat, urusan Penataan Ruang, urusan PekerjaanUmum, urusan Perencanaan Pembangunan dan urusan Perhubungan;g.
 
Prioritas 7 Iklim Investasi dan Iklim Usaha diisi dengan jumlah anggaranbelanja untuk urusan Penanaman Modal dan urusan Komunikasi danInformatika;h.
 
Prioritas 8 Energi diisi dengan jumlah anggaran belanja untuk urusanEnergi dan Sumber Daya Mineral dan urusan Industri;i.
 
Prioritas 9 Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Bencana diisi dengan jumlah anggaran belanja untuk urusan Lingkungan Hidup; j.
 
Prioritas 10 Daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar, dan Pasca Konflikdiisi dengan jumlah anggaran belanja untuk urusan Kesatuan Bangsadan Politik Dalam Negeri;k.
 
Prioritas 11 Kebudayaan, Ekonomi Kreatif, dan Inovasi Teknologi diisidengan jumlah anggaran belanja untuk urusan Kebudayaan dan urusanPariwisata; danl.
 
Prioritas 12 tidak diisi.2.
 
Kolom 5 diisi dengan jumlah antara kolom 3 dan kolom 4. Tabel 2.Sinkronisasi Kebijakan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam RancanganPeraturan Daerah tentang APBD dan Rancangan Peraturan Kepala Daerahtentang Penjabaran APBD dengan Prioritas Provinsi
 
No.Prioritas ProvinsiAnggaran Belanja Dalam Rancangan APBD JumlahBelanja Langsung Belanja Tidak Langsung1 2 3 4 3+4=51.2.3.dst

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
ninaalfadila liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Herry Atawolo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->