Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Isi

Makalah Isi

Ratings: (0)|Views: 288|Likes:

More info:

Published by: Laila Nahdliyatul Husna on May 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2014

pdf

text

original

 
BAB IIISIA. GAMBARAN UMUM PERPUSTAKAAN
Perpustakaan Pondok Pesantren An-Nur di Ngrukem Pendowo Harjo SewonBantul Yogyakarta. Perpustakaan Pondok Pesantren An-Nur ini tidak jauh dari jalan besar, yaitu kurang lebih 1 km dari Jalan Parangtritis.Adapun batas-batas lingkungan sekitar perpustakaan An-Nur, sebelah baratyaitu pondok pesantren putri An-Nur dan Mushola An-Nur, batas utara yaitu jalan, batas timur mini market An-Nur, kemudian batas selatan yaitu dalem pengasuh pondok pesantren An-Nur dan pondok pesantren putra An-Nur.Meskipun luas perpustakaan pondok pesantren An-Nur hanya berukuran 6x7m, tetapi letaknya cukup strategis. Sehingga para santri yang ingin berkunjung ke perpustakaan cukup mudah. Dan juga letak perpustakaan yang dekat dengan minimarket dan mushola menjadi suatu kenyamanan bagi pengunjungnya.
B. VISI DAN MISI
Visi Perpustakaan Pondok Pesantren AN-Nur:
Menjadi Perpustakaan Pesantren yang berkualitasMisi Perpustakaan Pondok Pesantren An-Nur:
Menjadikan perpustakaan sebagai jantung pendidikan pesantren
Memberikan pelayanan yang ramah, tertib, dan tangkas
Membuat program perpustakaan yang menumbuh suburkan generasi membacadan budaya belajar 
C. ASOSIASI KELEMBAGAAN
Perpustakaan An-Nur adalah perpustakaan milik perseorangan yang didirikanoleh K.H Abdul Azis. Pondok pesantren An-Nur mulai dirintis tahun 1966-1978,
1
 
 begitu juga dengan perpustakaannya. Perpustakaan An-Nur ini dibawah kepemilikan pondok An-Nur, maka segala kegiatan dan program-program yang akan dijalankandengan seizin pondok.
D. PENGADAAN
Koleksi perpustakaan Pondok Pesantren An-Nur kurang lebih 2000 koleksi.Koleksi-koleksi tersebut berasal dari pembelian, proposal yang diajukan keDepartemen Agama, Kerjasama dengan Perpustakaan Bantul, wakaf dari santri-santriyang telah lulus, dan pinjaman dari santri-santri yang memiliki koleksi buku banyak.Setiap tiga bulan sekali pengurus perpustakaan mengajukan proposal keDepartemen Agama, dan dari pondok ada dana Rp 500.000,00 untuk pembelian buku- buku rutin setiap tiga bulan sekali. Jadi setiap satu tahun melakukan pembelian buku- buku sebanyak empat kali. Ada juga pemberian ataupun pinjaman dari santri-santriyang memang memiliki banyak koleksi buku agar dapat dimanfaatkan di perpustakaan. Biasanya antara pihak perpustakaan dan pihak yang memiliki bukumelakukan perjanjian seberapa lama buku tersebut dipinjamkan di perpustakaan.Selain itu perpustakaan juga melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Bantul dalamhal pengadaan koleksi. Perpustakaan Bantul meminjamkan 50 buku pada perpustakaan An-Nur.
Daftar Koleksi
kitab kuning (bulughul maromi, fathul qorib, imriti, fathul mu’in, mabadi’ulfiqhiyah, rikhyatus sholihin, tajwid, akhlak, tibyan, amtsilatuttasrifiyah, nahwushorof, dll). Kitab kuning disusun dalam satu rak yang terdiri dari empat selfing.
novel (islami dan umum), novel-novel berada pada rak bawah, kurang lebih ada duaselfing.
 buku-buku pendidikan (hadist, akhlak, filsafat, fiqih, aqidah, dll). Buku-buku pendidikan ini disusun bersebelahan dengan kitab kuning. Kurang lebih ada empatselfing.
2
 
Majalah (majalah-majalah di perpustakaan ini adalah sumbangan dari departemen pendidikan nasional, dan buletin senja karya santri-santri An-Nur), kurang lebih adadua selfing.
album foto (album foto dari santri-santri yang melaksanakan kegiatan-kegiatan di pondok maupun luar pondok). Kurang lebih ada satu selfing.
kliping koran (kumpulan dari artikel-artikel yang terdapat pada Koran KedaulatanRakyat), karena setiap minggunya perpustakaan An-Nur mendapatkan sumbangankoran dari Kedaulatan Rakyat. Kurang lebih ada satu selfing.
Skripsi (skripsi dari mahasiswa STIQ (Sekolah Tinggi Ilmu Quran) adalah sekolahtinggi yang didirikan di bawah kepemimpinan pondok An-Nur, dari mahasiswa-mahasiswa yang melakukan penelitian di perpustakaan An-Nur, seperti UIN danUGM). Kurang lebih ada dua selfing.
referensi (kamus bahasa arab, bahasa inggris, bahasa Indonesia, dll). Kurang lebihada satu selfing.
Komik (komik dengan bermacam-macam judul), kurang lebih ada dua selfing.Buku-buku yang paling banyak diminati yaitu novel dan komik. Tetapi noveldan komik tidak untuk dipinjamkan, hanya boleh dibaca di perpustakaan saja. Karenaapabila santri membawa novel dan komik bahkan membaca dalam waktu-waktumengaji ditakutkan akan mengganggu konsentrasi santri dalam mengaji. Maka dari pihak pondok dan perpustakaan telah memutuskan agar buku khusus novel dan komik tidak untuk dipinjamkan, hanya boleh dibaca di perpustakaan saja.
E. PENGOLAHAN
Pengolahan koleksi di perpustakaan An-Nur ini masih menggunakan sistemmanual. Koleksi-koleksi dari Perpustakaan Bantul setelah buku datang, maka langkah pertama yang dilakukan yaitu mengecek dan mencocokkan apakah buku-buku yangdatang sudah sama dengan daftar atau catatan (nomor klasifikasi, nama buku, dan jumlah buku) yang dilampirkan dari perpustakaan bantul. Bila ternyata ada kesalahanatau kekurangan maka dari pihak perpustakaan An-Nur melakukan konfirmasi kepada
3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->