Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Quo Vadis RUU Tentang Desa

Quo Vadis RUU Tentang Desa

Ratings: (0)|Views: 206|Likes:
Published by Rooy Salamony

More info:

Published by: Rooy Salamony on May 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2013

pdf

text

original

 
Perkembangan Pembahasan RUU Tentang Desa
Niatan mulia pemerintah dan DPR RI untuk menjadikan desa sebagai ruang hidupdan penghidupan masyarakat terlihat jelas dalam Rancangan Undang-UndangTentang Desa. Desa, yang dimaknai sebagai kesatuan masyarakat hukum yangmengatur dan mengurusi kepentingannya dalam kerangka Negara KesatuanRepublik Indonesia, dikonstruksikan mampu mendefinisikan dirinya, menemukanmasalahnya, dan mampu menyelesaikan masalahnya.Makna dimaksud hanya dapat dicapai apabila desa memiliki tiga prasyarat dasar.Pertama, diakui oleh negara sebagai entitas masyarakat asli yang memiliki otonomiasli (prinsip rekognisi). Kedua, diberikan sejumlah kewenangan untuk mengurusurusan yang berhubungan dengan pelayanan dasar masyarakat. Ketiga,diberdayakan pemerintah dan masyarakatnya.Ketiga prasyarat dimaksud tergambar jelas dalam naskah RUU tentang Desa yangdiserahkan pemerintah kepada DPR RI dengan Ampres (Amanat Presiden) No. R-02/Pres/01/2012 tanggal 4 Januari 2012. Kewenangan desa dikonstruksikan dalamBab III (Pasal 15-17) dalam dua bentuk, kewenangan asli dan sebagiankewenangan yang dilimpahkan. Pemberdayaan pemerintah dan masyarakatdikonstruksikan dalam Bab IV-IV (Pasal 18-83). Sementara rekognisi desatergambar dalam Bab I (Pasal 1-3).
Pembahasan Materi RUU tentang Desa
Pembahasan materi Rancangan Undang-Undang tentang Desa telah dilakukan ditingkat Panitia Kerja (PANJA) sebagai langkah lanjutan dari penyerahan jawabanPemerintah atas DIM (daftar infentarisasi masalah) DPR RI. Rapat Panja DPR RItelah digelar pada tanggal 25-27 Januari 2013. Rapat lanjutan dilaksanakan padatanggal 30 Januari dan 31 Januari 2013.Materi RUU dibagi dalam cluster-cluster guna memudahkan pendalaman substansi.Terdapat delapan cluster RUU Tentang Desa. Pertama, cluster judul, konsideran,dan ketentuan umum (Bab I). Kedua, cluster penataan desa, kewenangan desa, hakdan kewajiban masyarakat dan Desa (Bab II,III dan IV). Ketiga, clustePemerintahan Desa, Pemilihan Kepala Desa, dan Musyawarah Desa (Bab V,VI,VII,dan VIII). Keempat, cluster keuangan desa, Badan Usaha Milik Desa, PembangunanDesa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan, dan Kerjasama Desa (Bab IX,X,XIdan XII).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->