Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Kalkulus Aplikasi Turunan

Makalah Kalkulus Aplikasi Turunan

Ratings: (0)|Views: 1,555 |Likes:
Published by Jafar Muhammad
Kalkulus Aplikasi Turunan
Kalkulus Aplikasi Turunan

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Jafar Muhammad on May 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2014

pdf

text

original

 
KATA PENGANTAR 
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikanmakalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Allah SWT mungkin penyusuntidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik.Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui proses pemecahan dan pengayakan yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah inidi susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusunmaupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongandari Tuhan akhirnya Makalah ini dapat terselesaikan.Makalah ini memuat tentang “ Penggunaan Aplikasi Turunan ” dan sengaja dipilihkarena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia Kesehatan Penyusun juga mengucapkan terima kasihkepada guru/dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun agar dapatmenyelesaikan Makalah ini.Semoga Makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.Walaupun Makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk sarandan kritiknya. Wassalam Penulis
 
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Kalkulus (Bahasa Latin:
calculus
, artinya "batu kecil", untuk menghitung) adalahcabang ilmumatematikayang mencakuplimit,turunan,integral, danderet takterhingga. Kalkulus adalah ilmu mengenai perubahan, sebagaimanageometriadalah ilmu mengenai bentuk danaljabar adalah ilmu mengenai pengerjaan untuk memecahkan persamaan sertaaplikasinya. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidangsains, ekonomi,  danteknik; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkandenganaljabar elementer .Kalkulus memiliki dua cabang utama,kalkulus diferensialdankalkulus integralyang saling berhubungan melaluiteorema dasar kalkulus. Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbangmenuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi, yang khususmempelajarifungsidanlimit, yang secara umum dinamakananalisis matematika. Turunan merupakan salah satu bagian dari kalkulus yang mempunyai peranan yangsangat besar baik dalam bidang–bidang lain maupun dalam matematika itu sendiri. Denganmempelajari turunan, maka dapat mempermudah kita dalam menyelesaikan masalah–masalahyang berkaitan dengan fungsi, integral dan bidang kalkulus lainnya. Turunan juga dapatdigunakan untuk dapat menggambarkan grafik suatu fungsi aljabar yaitu denganmenggunakan penerapannya. Untuk menentukan turunan suatu fungsi biasanya digunakankonsep limit.
 
BAB 2PEMBAHASANAPLIKASI TURUNANI.1 Maksimum dan MinimumDefinisi:
 Andaikan S, daerah asal dari f, mengandung titik c. Kita katakan bahwa:
 f(c) adalah nilai maksimum f pada S jika f(c) ≥ f(x) untuk semua x di S;
 f(c) adalah nilai minimum f pada S jika f(c) ≤ f(x) untuk semua x di S;
 f(c) adalah nilai ekstrim f pada S jika ia adalah nilai maksimum atau minimum.
 Fungsi yang ingin kita maksimumkan atau minimumkan adalah fungsi objektif.
Teorema ATeorema keberadaan maksimum-minimum jika f pada selang tutup [a,b], maka mencapai nilai maksimum dan minimum disana.Dimana terjadinya nilai ekstrim?
 Nilai-nilai ekstrim dari fungsi yang didedinisikan pada selang tertutup seringkaliterjadi pada titik-titik ujung.Jika c sebuah titik tempat f’(c) = 0 kita sebut c titik stasioner. Pada titik stasioner grafik f mendatar, karena garis singgung mendatar.Jika c adalah titik didalam I tempat f aksen tidak ada, kita sebut c titik singular yang berupa titik tempat grafik f berpojok tajam, garis singgung tegak, atau berupa loncatan ataudidekatnya grafik bergoyang sanagt buruk. Sembarang titik dalam daerah asal fungsi f yangtermasuk salah satu dari tipe ini disebut titik kritis f.Teorema BTeorema titik kritis:Andaikan f terdefinisikan pada selang I yang memuat titik c. Jika (c) adalah nilai ekstrim,maka c haruslah berupa suatu titik kritis; yakni c berupa salah satu:
Titik ujung dari I;
Titik stasioner dari f(f’(c)=0); atau
Titik singular dari f(f’(c) tidak ada)
Bukti:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->