Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
54Activity
×
P. 1
Theses 1 : NIDA ISTIQLALIYAH

Theses 1 : NIDA ISTIQLALIYAH

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 24,791|Likes:
Published by MAT JIBRUD
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Pengambilan Keputusan Menyewa Alat Berat Pada Perusahaan Konstruksi Di Surabaya oleh Nida Istiqlaliyah.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dalam Pengambilan Keputusan Menyewa Alat Berat Pada Perusahaan Konstruksi Di Surabaya oleh Nida Istiqlaliyah.

More info:

Published by: MAT JIBRUD on Apr 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/27/2013

pdf

text

original

 
 
 
 
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DALAMPENGAMBILAN KEPUTUSAN MENYEWA ALAT BERATPADA PERUSAHAAN KONSTRUKSI DI SURABAYA
Nama Mahasiswa : Nida IstiqlaliyahNRP : 3104.203.004Pembimbing : Supani, ST., MT.Ir. Sri Pingit Wulandari, MSi.
ABSTRAK
Keberhasilan dalam sebuah proyek juga ditentukan oleh sumber dayaperalatan. Keberadaan alat sebagai sarana utama untuk mendukung pelaksanaanproyek juga memegang peranan penting dalam penanganan proyek. Semakinbervariasinya jenis proyek yang dikerjakan, perusahaan dituntut untuk memperhatikan terhadap peningkatan dan pengelolaan sumber daya peralatanyang efisien dan produktif. Pengadaan alat berat pada suatu perusahaan konstruksidapat diperoleh melalui pembelian maupun dengan sewa. Alternatif sewa dapatmemberikan keuntungan bagi perusahaan, diantaranya perusahaan tidak perlumengeluarkan sejumlah modal besar pada tahun pertama, fleksibilitas darimekanisme sewa dan sebagainya. Alternatif menyewa atau membeli alat beartsangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mungkin berbeda.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yangmepengaruhi dalam pengambilan keputusan untuk menyewa alat berat padaperusahaan konstruksi di Surabaya dan juga untuk mengetahui variabel apa sajayang membedakan perusahaan golongan besar dan golongan menengah dalampengambilan keputusan. Variabel penelitian diperoleh dari studi pustaka dansurvei pendahuluan yang selanjutnya divalidasi oleh responden yaitu pihak yangterlibat dalam pengambilan keputusan menyewa alat melalui wawancara dankuisioner. Data hasil kuisioner dianalisa dengan menggunakan teknik analisafaktor untuk menginterpretasikan seluruh informasi dengan mereduksi menjadibeberapa faktor dan analisa diskriminan untuk mengerahui variabel yangmembedakan perusahaan golongan besar dan golongan menengah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling mempengaruhiperusahaan konstruksi untuk menyewa alat berat adalah faktor operasional(30.251 %) yaitu ketersediaan spare part, Kontinuitas masa sewa, ketersediaanSDM untuk operator dan maintenance, optimalisasi jam kerja alat danFleksibilitas dari masa sewa. Faktor kedua adalah faktor kelayakan investasi(10.941 %), faktor ketiga adalah faktor modal (7.720 %). Sedangkan variabelyang membedakan dari perusahaan golongan besar dan golongan menengahdalam pengambilankeputusan menyewa alat berat adalah NPV, Pajak dan UkuranProyek. Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi perusahaan konstruksi untuk kebijaksanaan dalam pengambilan keputusan untuk pengelolaan sumber daya alatkonstruksi, serta bagi pemilik alat dapat meningkatkan pelayanan dalammenyewakan peralatan sebagai penunjang peningkatan usaha.
Kata kunci
: pengambilan keputusan, sewa, alat berat, analisa faktor, kontraktor

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->