Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Prosedur Penilaian

Prosedur Penilaian

Ratings: (0)|Views: 171|Likes:

More info:

Published by: Ayu 'Pucca' Nurjanah on May 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/13/2014

pdf

text

original

 
PROSEDUR PENILAIAN
1.Kajian Materi Pembelajaran
Tahap pertama yang harus dilakukan Gadik sebagai penilai adalahmempelajari dan mengkaji materi pembelajaran dari satu atau lebih kompetensi dasar.Kajian materi ini dapat dilakukan melalui beberapa referensi untuk memperoleh bahansecara komprehensif dari beragam sumber dengan bertolak pada kompetensi yangdiharapkan.
2.Memilih Teknik Penilaian
Tahap kedua Gadik memilih atau menentukan teknik penilaian sesuai dengankebutuhan pengukuran. Secara garis besar, teknik penilaian dapat digolongkan menjadidua, yaitu penilaian melalui tes dan non tes. Pusdik dan sekolah biasanya para Gadik  banyak menggunakan teknik pertama, yaitu dengan tes. Dalam menentukan keakuratan perlu dipertimbangkan pemilihan teknik, yaitu tingkat ke-akurat-an dan kepraktisan penyusunan dalam setiap butir soal. Pemberian nilai dengan cara tes lebih mudahdibandingkan dengan non tes.
TEKNIK PENILAIANTes lisanTes tulisTes praktekIndividukelompokUraian Objektif Berstruktur BebasTerbatasBenar salahPilihan gandaIsian pendekIndividukelompok
 
3.Perumusan Kisi – Kisi
Tahap ketiga merumuskan dan membuat matrik kisi-kisi sesuai dengan teknik  penilaian yang telah ditentukan. Kisi-kisi merupakan deskripsi mengenai informasi danruang lingkup dari materi pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman untuk menulissoal atau matriks soal menjadi tes
.
Pembuatan kisi-kisi memiliki tujuan untuk menentukan ruang lingkup dalam menulis soal agar menghasilkan perangkat tes yangsesuai dengan indikator.Kisi kisi dibuat berdasarkan kompetensi dasar dan indikator yang ingin dicapaiserta bentuk tes yang akan diberikan kepada peserta didik. Tes dapat berbentuk tesobjektif benar-salah, pilihan ganda atau tes uraian serta non tes berupa penilaian afektif dan psikomotorik.Kisi-kisi berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan perakitan tes.Dengan adaya kisi-kisi penulisan soal menjadi terarah, komprehensif dan representatif.Dengan pedoman kepada kisi-kisi penyusunan soal menjadi lebih mudah dan dapatmenghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.1. Syarat penyusunan Kisi kisi adalah,a.Dapat mewakili isi silabus atau kurikulum. b. Komponen-komponennya rinci, jelas dan mudah dipahami.c. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuat soalnya sesuai bentuk soal yang ditetapkan.d. Sesuai dengan indikator.2. Komponen kisi kisi terdiri dari:
 
1)Komponen Identitas2)Jenis Pendidikan dan jenjang Pendidikan.3)Mata pembelajaran.4)Tahun ajaran.5)Jumlah soal.6)Bentuk soal.
 
7)Standar Kompetensi.8)Kompetensi Dasar.9)IndikatoDalam pembuatan kisi-kisi harus memenuhi kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik yang mengacu kepada teori Bloom sebagai berikut:
1. Cakupan yang diukur dalam ranah Kognitif 
adalah:a.
Ingatan (C1)
yaitu kemampuan seseorang untuk mengingat. Ditandai dengankemampuan menyebutkan simbol, istilah, definisi, fakta, aturan, urutan, metode. b.
Pemahaman (C2)
yaitu kemampuan seseorang untuk memahami tentangsesuatu hal. Ditandai dengan kemampuan menerjemahkan, menafsirkan,memperkirakan, menentukan, menginterprestasikan.c.
Penerapan (C3)
, yaitu kemampuan berpikir untuk menjaring & menerapkandengan tepat tentang teori, prinsip, simbol pada situasi baru/nyata. Ditandaidengan kemampuan menghubungkan, memilih, mengorganisasikan,memindahkan, menyusun, menggunakan, menerapkan, mengklasifikasikan,mengubah struktur.d.
Analisis (C4)
, Kemampuan berfikir secara logis dalam meninjau suatu fakta/objek menjadi lebih rinci. Ditandai dengan kemampuan membandingkan,menganalisis, menemukan, mengalokasikan, membedakan, mengkategorikan.e.
Sintesis (C5)
, Kemampuan berpikir untuk memadukan konsep-konsep secaralogis sehingga menjadi suatu pola yang baru. Ditandai dengan kemampuanmensintesiskan, menyimpulkan, menghasilkan, mengembangkan,menghubungkan, mengkhususkan.f.
Evaluasi (C6)
, Kemampuan berpikir untuk dapat memberikan pertimbanganterhadap sustu situasi, sistem nilai, metoda, persoalan dan pemecahannyadengan menggunakan tolak ukur tertentu sebagai patokan. Ditandai dengankemampuan menilai, menafsirkan, mempertimbangkan dan menentukan.
2. Aspek Afektif 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->