Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pkp ips

pkp ips

Ratings: (0)|Views: 130|Likes:
Published by ugi_zahari

More info:

Published by: ugi_zahari on May 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/10/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang Masalah
Mata pelajaran ilmu pengetahuan social (IPS) merupakan mata pelajaran yang tidak mudah untuk disampaikan kepada siswa. Cara pembelajarannya perlu mengunakan metode social juga, tanpa menggunakanmetode diskusi dan Tanya jawab maka hasil yang diharapkan hanya di bawahrata-rata dari standar ketuntasan belajar yang sudah diterapkan.Menurut Winataputra dkk. (20003 : 3.1), semua guru sangatmemerlukan kemampuan-kemampuan utuk menjelaskan kegiatan pendahuluan pembelajaran, menerapkan kegiatan inti dalam pembelajaran,menerapkan kegiatan akhir dan tindak lanjut pembelajaran.Menurut suryosubroto (2002 :179), metode diskusi adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada parasiswa. (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiahguna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulaan atau berbagaiarternatif pemecahan atas suatu masalah.Fenomena yang sering ditemui pada mata pelajaran Ilmu PengetahuanSosial (IPS) adalah:1.
 
 Nilai yang didapatkan oleh siswa masih kebanyakan dibawah standar ketuntasan belajar.2.
 
Siswa kurang mencerminkan interaksi social baik di lingkungan sekolahmaupun di luar sekolah3.
 
Sebagian besar siswa belum memiliki kecakapan untuk menyampaikankeinginan dalam kegiatan belajar.Dari fenomena di atas penulis melakukan penelitian untuk bagaimanamemperbaiki proses belajar mengajar khususnya mata pelajaran IlmuPengetahuan Sosial (IPS) dengan harapan nilai yang diperoleh siswa dapatmencapai di atas standar ketuntasan belajar yang sudah ditentukan. Untuk mencapai di atas hasil belajar yang memuaskan, penulis meneliti penerapanmetode diskusi dalam menyampaikan bahan ajar kepada perserta didik.
 
2
B.
 
Rumusan Masalah
Sangatlah dianjurkan agar pelaksanaan proses belajar mengajar menggunakan strategi, metode, atau alat peraga yang sesuaia dengan materi,lingkungan belajar, serta kondisi anak. Hal ini adalah demi tercapainyakeberhasilan pembelajaran IPS pada kelas IV SD Negeri 22 Kota Bengkulu.Masalahnya selama ini anak lamban mengerti dan kurang semangatsaat belajar pada mata pelajaran IPS. Salah satu cara yang sesuai dan pasuntuk digunakan adalah menggunakan metode diskusi pada saat belajar disekolah.Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah :1.
 
Apakah dengan penggunaan metode diskusi dan Tanya jawab dapatmeningkatkan hasil belajar siswa?2.
 
Apakah penerapan metode diskusi dan Tanya jawab dapat mengaktifkansiswa selama proses pembelajaran?
C.
 
Tujuan Penelitian
Diadakannya PKP ini dengan harapan dapat membantu pencapaiantujuan pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Secara jelas tujuan penelitian iniadalah :1.
 
Memperbaiki proses belajar mengajar dengan metode diskusi dan strategimengajar yang sesuai dengan situasi siswa yang dihadapinya.2.
 
Agar siswa dapat melakukan cara belajar yang lebih baik sesuai dengantingkat kesulitan melalui diskusi dan Tanya jawab.3.
 
Sebagai tolak ukur serta pedoman untuk melakukan perbaikan pembelajaran pada masa yang akan datang khususnya mata pelajaran IPS.
D.
 
Manfaat Penelitian
1.
 
Siswaa.
 
Dengan menggunakan metode diskusi dan tanya jawab siswa dapatmengetahui sejauh mana dirinya menerima dan menyerap materi pelajaran yang telah diajarkan. b.
 
Dengan memberikan penugasan, siswa dapat mengetahui sejauh manakemampuannya menguasai materi pelajaran.
 
3
2.
 
Gurua.
 
Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan PKP. b.
 
Meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai keterampilanmengajar.c.
 
Dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki siswa dalam menerimamateri pelajaran.d.
 
Peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan metode diskusi dantanya jawab.3.
 
Sekolaha.
 
Meningkatkan kualitas kemitraan antara kepala sekolah dan eksternssekolah. b.
 
Meningkatkan kualitas pembelajaran.4.
 
Penelitia.
 
Mengamati dan merasakan langsung proses belajar mengajar yangdilaksanakan. b.
 
Mengetahui permasalahan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar serta meningkatakan keterampilan mengajar dengan menggunakanmetode diskusi dan tanya jawab

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->