Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gen

Gen

Ratings: (0)|Views: 125|Likes:

More info:

Published by: Amos Noventa Ginting on May 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/17/2014

pdf

text

original

 
 
GEN
 Gen adalah bagian kromosom atau salah satu kesatuan kimia (DNA) dalam kromosom,yaitu dalam lokus yang mengendalikan ciri genetis suatu makhluk hidup. Gen diwariskan olehsatu individu kepada keturunannya melalui suatu proses reproduksi. Dengan demikian, informasiyang menjaga keutuhan bentuk dan fungsi kehidupan suatu organisme dapat terjaga. Genterdapat berpasangan dalam satu lokus pada kromosom homolog. masing-masing gen dalam pasangan itu disebut alel. Kedua alel dapat membawa ciri sifat yang sama atau berbeda, misalnyasifat tangkai panjang dan tangkai pendek (Desrizal, 2012). Pengertian Gen (gene) itu sendiri adalah unit dasar dari hereditas, yangterletak pada kromosom (chromosome), yaitu suatu struktur yang bentuknya seperti tongkat danterletak ditengah-
tengah (nucleus) setiap sel tubuh. GEN merupakan “substansi hereditas” yang
terletak di dalam kromosom, yang memilik sifat-sifat: Sebagai materi tersendiri yang terdapatdalam kromosom, Mengandung informasi genetika dan Dapat menduplikasikan diri pada peristiwa pembelahan sel (Arti, 2011).
 
KROMOSOM
 Kromosom adalah suatu struktur makromolekul yang berisi DNA di mana informasigenetik dalam sel disimpan. Kata kromosom berasal dari kata khroma yang berarti warna dansoma yang berarti badan Kromosom terdiri atas dua bagian, yaitu sentromer / kinekthor yangmerupakan pusat kromosom berbentuk bulat dan lengan kromosom yang mengandungkromonema & gen berjumlah dua buah (sepasang)(Godam, 2008). Kromosom adalah pembawagen yang terdapat di dalam inti sel (nukleus). Kromosom terdiri dari DNA, RNA (asam ribonukleat) dan protein. Kromosom homolog (2n) adalah kromosom yang terdapat berpasangan danmemiliki struktur dan komposisi yang sama. sel yang memiliki 2n kromosom (kromosomhomolog) disebut sel diploid. Bila tidak berpasangan kromosom diberi simbol n kromosom. Seldengan n kromosom adalah sel haploid, misalnya sel kelamin jantan saja atau sel kelamin betinasaja (Desrizal, 2012).
 
DNA
 Asam deoksiribonukleat, lebih dikenal dengan DNA merupakan sejenis asam nukleatyang tergolong biomolekul utama penyusun berat kering setiap organisme. Di dalam sel, DNAumumnya terletak di dalam inti sel.DNA merupakan polimer yang terdiri dari tiga komponen utama1.
 
gugus fosfat2.
 
gula deoksiribosa3.
 
 basa nitrogen, yang terdiri dari:
o
 
Adenina (A)
o
 
Guanina (G)
o
 
Sitosina (C)
o
 
Timina (T)
 
Rangka utama untai DNA terdiri dari gugus fosfat dan gula yang berselang-seling. Gula padaDNA adalah gula pentosa (berkarbon lima), yaitu 2-deoksiribosa. Dua gugus gula terhubungdengan fosfat melalui ikatan fosfodiester antara atom karbon ketiga pada cincin satu gula danatom karbon kelima pada gula lainnya. Salah satu perbedaan utama DNA dan RNA adalah gula penyusunnya; gula RNA adalah ribosa (Desrizal, 2012).
 
HUBUNGAN GEN DENGAN DNA
 Menurut Bowo (2010), secara substansi sesungguhnya gen merupakan sepenggal DNA yangdiseliputi dan diikat oleh protein, serta berfungsi sebagai zarah penentu sifat organisme. Selainitu gen bersifat antara lain :1) Sebagai suatu materi tersendiri yang terdapat dalam kromosom.2) Mengandung informasi genetika./ sifat herediter.3) Mengatur perkembangan dan proses metabolism individu.4) Dapat menduplikasikan diri pada peristiwa pembelahan sel
 
HUBUNGAN GEN DENGAN KROMOSOM
Kromosom mengandung DNA. Total keseluruhan informasi genetik yang disimpandidalam kromosom disebut genom. Genom DNA tersusun atas gen-gen. satu gen mengandungsatu unit informasi mengenai suatu sifat yang dapat diamati. Gen juga dianggap sebagai fragmenDNA didalam kromosom (Bio, 2012).
 
HUBUNGAN GEN, KROMOSOM DAN DNA
 Bagian utama sebuah sel adalah nukleus, di dalam nukleus terdapat benang-benang halusyang disebut kromatin. Pada saat sel akan mulai membelah diri, benang-benang halus tersebutmenebal, memendek dan mudah menyerab warna membentuk kromosom. Kromosom adalahstruktur padat yang terdiri dari dua komponen molekul, yaitu DNA dan protein. Secara struktural perubahan DNA dan protein menjadi kromosom di awali pada saat profase. Molekul DNA akan berikatan dengan protein histon dan nonhiston membentuk sejumlah nukleosom. Unit-unitnukleosom bergabung memadat membentuk benang yang lebih padat dan terpilin menjadilipatan-lipatan solenoid. Lipatan solenoid tersusun padat menjadi benang-benang kromatin.Benang-benang kromatin akan tersusun memadat membentuk lengan kromatin. Selanjutnyakromatin akan mengganda membentuk kromosom.
 
Sintesis protein terdiri atas 2 tahap, yaitu :1. Transkripsi.2. Translasi.mari kita bahas satu persatu.
1. Transkripsi adalah proses menyalin data yang terdapat pada rantai sense (3′–>5″) DNA. Proses
ini terjadi di dalam inti sel dimulai dengan pembukaan rantai DNA oleh enzim ligase. Setelah itu penempelan enzim polimerase pada daerah promotor sekuen gen dan barulah enzim polimerasemulai aktif menyalin kode genetik pada rantai sense DNA hingga bagian triplet basa nitrogenyang mengandung informasi untuk mengehentikan proses menyalin.
 pemindahan kode dari 3′
-
5′
-DNA ke m RNAHasil dari proses transkripsi adalah mRNA dengan kode pasangan yang terdapat pada rantaisense DNA. Rantai RNA yang mengandung kode ini disebut pula dengan kodon. Jadi mRNAadalah kodon. Setelah proses transkripsi selesai maka m-RNA akan segera bergerak meningggalkan inti sel menuju sitoplasma untuk melakukan proses selanjutnya(translasi).2. Translasi adalah proses proses penerjemahan kodon menjadi asam amino danmenyambungkan setiap asam amino yang sesuai kodon dengan ikatan peptida menjadi protein.Organel yang aktif melakukan proses penerjemahan kodon adalah ribosom. Setelah ribosom

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->