Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Tentang Paduan Suara Dan Vocal Grup

Makalah Tentang Paduan Suara Dan Vocal Grup

Ratings: (0)|Views: 6,848|Likes:
Published by Lia Novhyta

More info:

Published by: Lia Novhyta on May 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/01/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1Latar BelakangMusik
adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama,lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapatmenghasilkan bunyi-bunyian. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi,untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentukseni. Mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuahfenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.Vokal berasal dari kata bahasa latin vocalis yang berarti berbica atau bersuara.Dalam fonetik, vokal merupakan suara yang di dalam bahasa lisan dan dapat di cirikhaskan dengan pita suara yang terbuka, sehingga tidak ada tekanan udara yangterkumpul diatas glotis, sedangkan vokal kontras dengan konsonan yang dicirikhaskan dengan penutupan satu atau lebih titik artikulasi di sepanjang ronggasuara. Sebuah vokal dapat di pandang sebagai silabik,apabila suara yang terbukamirip dengan vokal, namun tidak silabik atau bisa juga disebut dengan semivokal.
Paduan suara
atau
kor 
(dari bahasa Belanda,
koor 
) merupakan istilah yangmerujuk kepada ensembel musik yang terdiri atas penyanyi-penyanyi maupunmusik yang dibawakan oleh ensembel tersebut. Umumnya suatu kelompok paduansuara membawakan musik paduan suara yang terdiri atas beberapa bagian suara(bahasa Inggris:
 part 
, bahasa Jerman:
Stimme
). Dalam perkembangannya, padatahun 800-an suatu jenis musik baru yang disebut musik polyphonic berkembang diEropa. Dalam musik polyphonic ini beberapa melodi dimainkan atau dinyanyikandalam waktu yang bersamaan. Pada akhir tahun-tahun 1100-an, karya-karya musikyang ditulis oleh beberapa komponis, seperti komponis Perancis Perotinmenggabungkan semua unsur musik, seperti melodi, irama, harmoni danpolypohonic dan karya-karya tersebut ditampilkan oleh paduan suara, penyanyisolo dengan iringan berbagai instrumen musik. Sebuah karya musik paduan suarayang terkenal pada tahun 1300-an adalah Misa Notre Dame, yang digubah olehkomponis dan penyair Perancis Guillaume de Machaut pada tahun 1364.
Vokal Grup
adalah kumpulan beberapa penyanyi yang tergabung danmenyanyikan lagu dengan ketinggian suara yang berbeda, antara lain sopran, alto,bass, tenor. Sopran dan alto merupakan jenis suara untuk wanita. Sedangkan bassdan tenor merupakan jenis suara pada laki-laki.
1.2Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas penelii merumuskanmasalah penelitian yang didefinisikan melalui bentuk pertanyaan yang berfokus padamasalah-masalah sebagai berikut :1.Bagaimana Sejarah Paduan Suara ?2.Apa pengertian Paduan Suara ?3.Bagaimana Stuktur dari Paduan Suara ?4.Apa saja jenis Paduan Suara ?
 
5.Apa saja ha-hal yang harus diperhatikan dalam Paduan Suara ?6.Apa pengertian Vokal Grup ?7.Apa saja macam-macam pembagian suara dalam vocal grup ?8.Bagaimana demam vocal grup di Indonesia ?9.Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam vocal grup ?10.Apa perbedaan antara Paduan suara dan Vokal Grup ?1.3Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah mengetahui, memberigambaran dan menjawab pertanyaan yang mengungkapkan tentang:1.Sejarah paduan suara2.Pengertian paduan suara3.Struktur paduan suara4.Jenis-jenis paduan suara5.Hal-hal yang harus diperhatikan dalam paduan suara6.Pengertian vocal group7.Macam-macam pembagian suara dalam paduan suara8.Demam vocal group9.Hal-hal yang harus diperhatikan dalam vocal group10.Perbedaan paduan suara dan vocal group1.4Manfaat PenelitianSetelah penelitian ini selesai dilakukan diharapkan dapat bermanfaat danmenjadi bahan masukan bagi:1.PenelitiMenambah wawasan dan memberikan pengalaman yang sangat berharga sertamemahami perbedaan paduan suara dan vocal grup.2.SekolahDapat dijadikan sumber masukan dalam rangka pengembangan programpendidikan seni, khususnya program pengembangan vocal grup dan paduansuara.
 
BAB IIPEMBAHASAN
2.1. Sejarah paduan suara
Musik paduan suara adalah musik yang dilantunkan oleh suatu paduan suaraatau koor. Koor adalah bahasa Belanda, yang berasal dari bahasa Yunani choros (didalam bahasa Inggeris disebut pula sebagai choir), yang berarti gabungan sejumlahpenyanyi di mana mereka mengkombinasikan berbagai suara mereka ke dalam suatuharmoni. Hampir semua paduan suara kini menyajikan lagu-lagu mereka di dalam suatuharmoni yang terdiri dari empat bagian, yaitu sopran (suara tinggi wanita), alto (suararendah wanita), tenor (suara tinggi pria) dan bas (suara rendah pria). Namun demikian,karya-karya musik paduan suara dapat pula ditulis atau diaransir di dalam lebih dariempat bagian tadi. Musik paduan suara dapat digubah dengan iringan instrumenmaupun tanpa iringan instrumen atau biasa disebut sebagai a cappella. Tetapi sebagianbesar karya-karya musisi terkemuka ditulis untuk paduan suara dengan iringaninstrumen. Sebenarnya paduan suara sudah mempunyai suatu sejarah yang cukuppanjang, karena paduan suara ini sudah dikenal dan membawakan lagu-lagu pujian dikenisah-kenisah Sumeria pada kira-kira 3000 tahun sebelum Masehi. Di Yunani kuno,paduan suara bahkan diajarkan di sekolah-sekolah, di mana pada masa itu juga seringberlangsung berbagai macam lomba paduan suara, seperti yang ada di negeri kita.Paduan suara juga dikenal di sinagoga Yahudi, di mana di sinagoga ini paduan suaradibagi ke dalam beberapa kelompok dan mereka bernyanyi bersautan dengan parapenyanyi solo atau cantor. Hampir sebagian besar dari nyanyian dan pujian disinagoga-sinagoga ini diambil dari Alkitab, terutama sekali dari Kitab Mazmur.Pada tahun 1600-an merupakan sesuatu hal yang biasa untuk memasukkanbeberapa instrumen musik dalam komposisi paduan suara. Dan pada waktu yanghampir bersamaan, ditemukan pula bentuk-bentuk baru karya musik paduan suara,seperti cantata gerejawi dan oratorio. Oratorio adalah karya-karya musik dengan setingatau berlatar belakang Injil. Karya-karya ini digubah baik untuk paduan suara, penyanyisolo maupun untuk instrumen pengiringnya. Dua komponis dunia terkemuka yangmenggubah musik paduan suara adalah Johann Sebastian Bach dan George FrederickHandel dari Jerman. Karya Bach St. Matthew Passion (1729) dan oratorio karya Handelberjudul Messiah (1742) merupakan karya-karya yang banyak digelar di berbagainegara. Di dalam hampir semua musik paduan suara karya Bach dan Handel, orkestramaupun iringan instrumen solo memainkan bagian yang sangat penting di setiappagelaran. Karya-karya lain yang terkenal pada masa itu antara lain adalah TheCreation (1798), gubahan Franz Joseph Haydn dari Austria dan Requiem (1791) karyaWolfgang Amadeus Mozart, juga dari Austria.Kini, di zaman modern sekarang ini, banyak komponis terkemuka dunia yangtelah menulis berbagai karya musik paduan suara yang indah. Di antara mereka ituantara lain terdapat Igor Stravinsky dari Rusia, yang menggubah antara lain Symphonyof Psalms pada tahun 1930 dan Arnold Schoenberg dari Austria. Banyak pula karya-

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rudi Marsyadi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->